Pengertian Adaptasi

Diposting pada

Pengertian Adaptasi

Untuk bisa bertahan hidup, makhluk hidup harus bisa melakukan adaptasi terhadap setiap kondisi yang ada di habitatnya. Selain dengan melakukan adaptasi morfologi dan juga adaptasi fisiologi, makhluk hidup juga bisa melakukan adaptasi tingkah laku. Apa yang dimaksud dengan adaptasi tingkah laku? Adaptasi tingkah laku adalah adaptasi yang dilakukan dengan menyesuaikan tingkah laku mahluk hidup sesuai dengan kondisi habitat tempat tinggalnya. Pada artikel kali ini akan membahas beberapa contoh adaptasi tingkah laku dari beberapa makhluk hidup di sekitar kita.


Konsep Dasar Teori Adaptasi

 konsep adaptasi datang dari dunia biologi, dimana ada 2 poin penting yaitu

evolusi genetik, dimana berfokus pada umpan balik dari interaksi lingkungan, dan

adaptasi biologi yang berfokus pada perilaku dari organisme selama masa hidupnya, dimana organisme tersebut berusaha menguasai faktor lingkungan, tidak hanya faktor umpan balik lingkungan, tetapi juga proses kognitif dan level gerak yang terus-menerus.

Adaptasi juga merupakan suatu kunci konsep dalam 2 versi dari teori sistem, baik secara biological, perilaku, dan sosial yang dikemukakan oleh John Bennet (Bennet, 249-250). Asumsi dasar adaptasi berkembang dari pemahaman yang bersifat evolusionari yang senantiasa melihat manusia selalu berupaya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam sekitarnya, baik secara biologis/genetik maupun secara budaya. Proses adaptasi dalam evolusi melibatkan seleksi genetik dan varian budaya yang dianggap sebagai jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Adaptasi merupakan juga suatu proses yang dinamik karena baik organisme maupun lingkungan sendiri tidak ada yang bersifat konstan/tetap (Hardestry,45-46). Sedangkan Roy Ellen membagi tahapan adaptasi dalam 4 tipe. Antara lain adalah:

  1.  tahapan phylogenetic yang bekerja melalui adaptasi genetik individu lewat seleksi alam, (2) modifikasi fisik dari phenotype/ciri-ciri fisik,
  2.  proses belajar, dan
  3.  modifikasi kultural.
Baca Juga :  Akar Monokotil dan Dikotil

Macam Jenis Adaptasi

Menurut Soemarwoto (1983) , adaptasi makhluk hidup dapat terjadi dengan beberapa cara , yaitu :


  • Melalui Proses Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh supaya bisa bertahan hidup. Adaptasi ini berlangsung di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati


  • Melalui Proses Morfologi

Apa yang dimaksud dengan adaptasi morfologi ? Adaptasi morfologi adalah

penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya.


  • Adaptasi Bersifat Tingkah Laku / Kelakuan

Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya .


Tujuan Adaptasi

Tujuan Adaptasi Hewan dan Tumbuhan. Setiap makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkunganya. Adaptasi adalah cara makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dalam mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya akan dapat bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis.


Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Contoh adaptasi tingkah laku bisa kita lihat baik pada hewan maupun pada tumbuhan. Pada hewan, adaptasi tingkah laku dapat dilihat pada tingkah laku rayap, paus, dan bunglon, sedangkan contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan misalnya ialah terdapat pada pohon jati dan tumbuhan keladi.

Pengertian Adaptasi

Contoh Adaptasi Tingkah Laku


  1. Adaptasi Rayap

Rayap adalah salah satu contoh hewan yang melakukan adaptasi tingkah laku. Mereka biasanya akan memakan kembali kulit yang terkelupas dari tubuhnya. Bayi rayap juga telah melakukan adaptasi tingkah laku. Mereka akan memakan atau menjilati dubur rayap dewasa agar memperoleh flagellata. Kebiasaan tersebut dilakukan untuk bisa mendapatkan kembali flagellata. Flagellata merupakan semacam zat yang dapat membantu rayap untuk dapat mencerna kayu.

Baca Juga :  Pengertian Psikotest

  1. Adaptasi Paus

Paus merupakan mamalia laut yang bernafas menggunakan paru-paru. Mereka secara periodik akan akan muncul ke permukaan air untuk menarik nafas dan mengambil oksigen. Kebiasaan ini dilakukannya untuk bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, kebiasaan merupakan salah satu contoh adaptasi tingkah laku pada hewan.


  1. Mimikri

Beberapa hewan juga melakukan mimikri untuk bertahan dari serangan musuh atau predatornya. Mimikri merupakan suatu tingkah hewan yang dilakukan hewan untuk menghasilkan kemiripan (berkamuflase) dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa hewan yang melakukan mimikri misalnya ialah bunglon yang menyerupai dedaunan atau tanah, laba-laba yang menyerupai lebah, dan lalat yang menyerupai rumpun bunga.


  1. Menggugurkan Daun

Contoh adaptasi tingkah laku bukan hanya bisa ditemukan pada bangsa hewan. Beberapa tumbuhan juga melakukan adaptasi ini untuk bertahan hidup. Misalnya saja ialah pohon jati dan pohon kedondong. Keduanya akan menggugurkan daunnya saat musim kemarau tiba untuk meminimalkan laju transpirasi (penguapan).


  1. Mengeluarkan Air (Gutasi)

Gutasi merupakan contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan higrofit. Tumbuhan higrofit adalah tumbuhan yang hidup di daerah ekosistem yang lembab. Contoh tumbuhan higrofit misalnya ialah keladi. Keladi akan meneteskan atau pun mengeluarkan air dari daunnya untuk mengurangi kelebihan air di tubuhnya.


Maladaptasi

Lingkungan selalu berubah – ubah . Kadang perubahan terjadi dengan cepat , kadang pula lambat . Perubahan besar yang terjadi dengan cepat mudah terlihat dan orang selalu berusaha mengadaptasikan dirinya terhadap perubahan tersebut . Tetapi terkadang usaga tersebut tidak selaluberhasil . Perubahan yang terjadi sedikit – demi sedikit secara perlahan sukar untuk terlihat . Dan akibatnya adaptasi tidak terjadi . Dapat juga orang enggan untuk melakukan adaptasi . Adaptasi yang tidak berhasil , menghasilkan sifat yang tidak sesuai dengan lingkungan . Demikian pula tidak adanya adaptasi meninggalkan sifat yang tidak sesuai lagi . Sifat yang tidak sesuai itu disebut maladaptasi .


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pengertian Adaptasi : Pengertian, Macam, Jenis, Tujuan, Contoh, Maladaptasi, dan Konsep Dasar Teori,  semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.