Legenda Cerita Rakyat Ande-ande Lumut

Diposting pada

Pengertian dan Sejarah Ande-Ande Lumut

Ande Ande Lumut (variasi ejaan: Ande-ande Lumut) adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa. Cerita ini dikenal dalam berbagai versi. Versi yang banyak dikenal dan “tradisional” adalah yang mengaitkannya dengan bersatunya (kembali) Kerajaan Jenggala dan Kediri.

Cerita ini mengisahkan tentang Pangeran Kusumayuda (dianggap sebagai personifikasi Kamesywara, raja Kadiri) yang bertemu dengan Kleting Kuning (bahasa Jawa: Klething Kuning), si bungsu dari empat bersaudara anak seorang janda yang tinggal di salah satu desa bawahan ayah Pangeran Kusumayuda memerintah. Kleting Kuning sebenarnya adalah anak angkat, yaitu putri dari Kerajaan Jenggala, yang kelak dikenal sebagai Dewi Candrakirana. Diam-diam mereka saling mengingat. Dalam hati, Pangeran Kusumayuda tahu, gadis seharum bunga mawar itu adalah calon permaisuri Kerajaan Banyuarum yang paling sempurna. Sayang, mereka tak pernah bertemu lagi.

Beberapa tahun kemudian, seorang pemuda tampan bernama Ande Ande Lumut mengumumkan bahwa dia sedang mencari istri. Tak seperti gadis-gadis desa lain, termasuk juga saudara-saudara Kleting Kuning, Kleting Kuning enggan pergi sebab dia masih mengingat Pangeran Kusumayuda. Namun berkat nasihat dari bangau ajaib penolongnya, maka akhirnya Kleting Kuning pun turut serta.

Dalam perjalanannya, ternyata mereka harus menyeberangi sungai yang lebar. Pada saat itu, muncullah penjaga sungai berwujud yuyu raksasa bernama Yuyu Kangkang. Yuyu Kangkang menawarkan jasa untuk menyeberangkan mereka dengan catatan diberi imbalan bersedia dicium olehnya setelah diseberangkan. Karena terburu-terburu, semua gadis-gadis desa yang lain segera saja menyetujuinya, dengan pemikiran bahwa sang pangeran tidak akan mengetahuinya.

Hanya si bungsu Kleting Kuning yang menolak untuk dicium Yuyu Kangkang. Ketika Yuyu Kangkang bermaksud memangsanya, Kleting Kuning melawannya dengan senjata yang dititipkan oleh ibunya. Karena hanya si bungsu yang tidak dicium Yuyu Kangkang, jadilah Ande Ande Lumut memilih si bungsu sebagai pendampingnya. Barulah saat itu Kleting Kuning menyadari bahwa pemuda Ande Ande Lumut adalah Pangeran Kusumayuda, pemuda idamannya.

Kisah Ande Ande Lumut banyak didokumentasikan, meskipun kisah ini sebelumnya diwariskan secara lisan. Diduga kisah ini berasal dari era Majapahit. Berbagai buku cerita untuk anak memuat banyak versi kisah ini. Demikian pula di majalah-majalah kisah ini ditulis ulang. Rekaman dalam bentuk kaset juga pernah dibuat (oleh Sanggar Prativi).


Sinopsis Ande-Ande Lumut

Cerita Ande Ande Lumut ini suadah banyak dikenal dikalangan masyarakat “JAWA” cerita ini dikenal dengan banyak versi diantaranya adalah versi “TRADISIONAL” Cerita ini mengisahkan tentang tentangpangeran kusumayuda yang bertemu dengan kelenting kuning anak dari seorang janda yang tinggal di des bawahan ayah pangeran Kusuma yuda memerintah. Kelenting Kuning adalah anak angkat,dia adalah putri dari kerajaan Janggala,yang dikenal sebagai Dewi Sekartaji. Diam diam pertemuan itu saling mereka ingat dalam hati mereka. Pangeran kusumayuda tahu bahwa gadis bunga mawar itu adalah calon permasuri kerajaan. Sayang mereka tak pernah bertemulagi. Beberapataun kemudian pemuda tampan bernama Ande Ande Lumut mengumumkan bahwa dia sedang mencari istri. tidak seperti kaka kakanya, kelenting Kuning tidak inin pergi karena masih meningat pangeran kusumayuda, namun karena bujukan dari “IBU PERI PENOLONGNYA” kelenting Kuning ahirnya mengikuti saimbara tersebut.

Dalam perjalanan ternyata mereka harus meyebrangi sungai Berantas, dan pada saat itu munculah penjaga sungai yang bernama “YUYU KANGKANG’. Yuyukangkang menawarkan jasa kepada mereka untuk meyebrangi sungai tapi dengn sarat imbalan dicium oleh nya. Karena terburu buru Kelenting Biru dan Kelenting Merah menyetujui sarat Yuyu Kangkang dengan pemikiran bahwa pangeran tidak mengetahuinya. tapi hanya kelenting kuning yang menolak untuk dicium Yuyu Kangkang dengan cara melawan dengan tongkat yang diberikan oleh ibu peri. Daji Pangeran Ande Ande Lumut memilih Kelenting Kuning sebaga Istrinya. Kelenting kuning pada saat itu baru sadar bahwa pangeran Andew Ande Lumut adalah Pangeran Kusumayuda yang idam idamanya.

Baca Juga :  Batuan Beku

Unsur Intrinsik Ande-Ande Lumut

Tema : Mencari pasangan hidup yang jujur,sabar, baik hati, suci, setia dan tabah dalam menghadapi cobaan.


Pertokohan dan Karakter

  • Ande Lumut (Pangeran Kusumayuda): Baik, setia ,bijaksana, suka menolong dan berwibawa
  • Klenting Kuning (Dewi Sekartaji) : Sabar, baik, tabah dalam menghadapi cobaan
  • Mami :Jahat, pilih kasih sayang, dan egois.
  • Klenting Merah :Pemalas, pemarah, menangya sendiri dan tidak sabar.
  • Klenting Biru :Pemalas, pemarah, menangya sendiri dan egois.
  • Paman Goto :Penurut, suka membantu.
  • Peri :Penolong, lemah lembut.
  • Yuyu Kangkang :Penolong dan suka mengharap imbalan.

Alur Cerita Ande-Ande Lumut

  • Perkenalan :Pada suatu hari Ande Ande Lumut tidak sengaja bertemu dengan gadis cantik yang bernama Klenting Kuning.
  • Konflik :Klenting Kuning ingin mengikuti sayembara
  • Penyelesaian:Akhirnya Klenting Kuning bertemu jodohnya yang bernama Pangeran Ande-Ande Lumut D.Setting atau Latar :
  • Latar Tempat: Di Desa Manguntur, Desa Dadapan, Rumah gubug, Istana, sungai Brantas
  • Waktu :Pagi hari
  • Suasana :Menegangkan
  • Sudut Pandang:Orang ketiga

Properti Ande-Ande Lumut

  1. Tongkat
  2. Sapu
  3. Keranjang
  4. kursi
  5. Bedak
  6. Capit2an
  7. Sayuran
  8. Selendang

Cara Membuat Property

Bahan dan Alat:

a.Tongkat

  • siapkan 4 lidi
  • siapkan kertas emas berwarna merah
  • Pita
  • Benang wol
  • Kawat
  • Mutiara
  • Gunting
  • Tang

Caranya: potong 4 lidi dengan panjang 75 cm lalu ikat lidi dengan kawat. Lapisi lidi dengan kertas emas yang sudah diberi lem.tangkainya dilapisi pita dan ikat pita dengan benang wol atasnya ditaruh mutiara.

b.Capit-capitan

Bahan dan Alat:

  1. Kardus
  2. Lem
  3. Gunting
  4. Pensil
  5. Kertas emas

Caranya: gambar pola capitan lalu gunting pola,lapisi dengan kertas emas yang sudah di lem.


Lagu Ande – ande Lumut

Ande – ande lmut
Putra ku si Ande ande ande lumut
Temuruna ana putri kang unggah unggahi
Putrine ngger sing ayu rupane

Klenting abang kang dadi asmane

Duh, ibu, kulo dereng purun
Duh, ibu kulo mbote mudhun
Nadyan ayu sisane yuyu kangkang

Putra ku si Ande ande ande lumut
Temuruna ana putri kang unggah unggahi
Putrine ngger sing ayu rupane

Klenting ijo kang dadi asmane

Duh ibu kulo dereng purun
Duh ibu kulo mboten mudhun
Nadyan ayu sisane si yuyu kangkang

Putra ku si ande ande ande lumut
Temuruno ana putri kang unggah unggahi
Putrine ngger sing ayu rupane

Klenting biru kang dadi asmane

Duh ibu kulo dereng purun
Duh ibu kulo mboten mudhun
Nadyan ayu sisane si yuyu kangkang

Putra ku si ande ande ande lumut
Temuruna ana kere kang unggah unggahi
Kerene ngger kang olo rupone

Klenting kuning iku kang dadi asmane

Duh ibu kulo sampun purun
Duh ibu kulo purun mudhun
Nadyan ala putri niki pilihan kulo


Amanat Cerita Ande-Ande Lumut

Dari cerita ini saya melihat bahwa betapa tingginya standar moral yang di tetapkan oleh orang-orang terdahulu.Kita dapat melihat dari cerita ande ande lumut yang menolak wanita cantik yang menarik untuk dijadikan pendamping hidupnya karena wanita wanita cantik tersbut telah di cium oleh yuyu kangkang.Aku sempat berfikir apa iya”hanya”di cium,apa mungkin itu sudah diperhalus?.tetapai aku lebih suka beranggapan’di cium’itu sudah merupakan cerita asli.Meski klenting kuning tidak secantik saudara saudaranya,yang ditolak pangean ande ande lumut,tapi kemauannya untuk tidak mau di cium oleh yuyu kangkang membuat ande ande lumut lebih memilihnya sebagai pendamping hidupnya.

Sekali lagi dari cerita ini,kita bisa melihat begitu tingginya setandar moral yang di tetapkan.Bagaimana para perempuan tidak dengan mudah memberikn diri mereka untuk meraih satu tujuan dan bagaimana kita tidak mengorbankan harga diri untuk meraih segala tujuan.Walaupun tujuan itu baik,tetapi harus diperhatikan.Kita sudah kehilngan jati diri kita.

Baca Juga :  Jenis Adaptasi

Unsur Exstrinsik Ande-Ande Lumut

  • Nilai Budaya
    Bahwa orang jawa disuatu perjodohan harus melihat babat , bibit , bobotnya
  • Nilai moral
    Kesungguhan hati dan kesetiaan akan membawa kebahagiaan
  • Nilai agama
    KIta harus sopan dan jujur , karena dengan itu akan mendapat pahala
  • Nilai Sosial
    Dengan saling tolong menolong kita akan mempererat tali persaudaraan dan kita tidak boleh
    mengharapkn imbalan
  • Nilai estekstika ( Keindhan )
    Dengan melihat Suasana Keindahan desa

Sekenario Ande-Ande Lumut

“Ande Ande Lumut”
Alkisah pada waktu kerajaan Janggala dimana terjadi peperangan yang mengakibatkan kekalahan dipihak janggala. Hingga akhirnya sang putri Dewi Sekartaji harus bersembuyi dan melarikan diri dari kejaran pihak musuh. Demi keselamatan jiwanya,Dewi Sekartaji menyamar dan ngenger atau ngikut pada nyai yang kaya disebuah desa yang sangat jauh dari wilayah janggala. Nyai tersebut mempunyai 3 orang putri yag sangat cantik cantik,centil,dan enerjik. Dari yang sulung hingga bungsu mereka adalah bernama : Kelenting abang,kelenting Ijo, Kelenting Biru.Dan nyai tersebut menamai Dewi Sekartaji sebagai Kelenting Kuning


Legenda Cerita Rakyat Ande-ande Lumut

Pada zaman dahulu, terdapat sebuah Kerajaan besar yang bernama Kerajaan Kahuripan. Tetapi, untuk mencegah perang persaudaraan Kerajaan Kahuripan di bagi menjadi dua Kerajaan, yakni Kerajaan Kediri serta Kerajaan Jenggala. Dan suatu hari sebelum Raja Erlangga meninggal, beliau berpesan untuk menyatukan kembali kedua Kerajaan itu.

Legenda Cerita Rakyat Ande-ande Lumut


Akhirnya, kedua Kerajaan itu pun bersepakat untuk menyatukan kedua Kerajaan, yakni dengan cara menikahkan Pangeran dari Kerajaan Jenggala, yakni Raden Panji Asmarabangun. Dengan Putri cantik yaitu Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri.

Tetapi, keputusan untuk menikahkan Pangeran Raden Panji Asmarabangun bersama Putri Sekartaji, di tentang oleh Ibu Tiri Putri Sekartaji. di karena Istri kedua dari kerajaan Kediri tersebut menginginkan Putri kandungnya sendiri yang menjadi Ratu Jenggala. Akhirnya, ia merencanakan untuk menculik serta menyembunyikan Putri Sekartaji dan juga ibu kandungnya.

Pada suatu hari, Raden Panji datang ke Kerajaan Kediri untuk menikah dengan Dewi Sekartaji. Tetapi, Putri Sekartaji sudah menghilang. Mengetahui hal tersebut Pangeran Panji sangat kecewa. Tetapi, Ibu tiri Putri Sekartaji membujuknya untuk tetap melangsungkan pernikahan itu. Putri Sekartaji di gantikan dengan Putri kandungnya yaitu Intan Sari. Tetapi, Pangeran langsung menolak usulan tersebut.

Karena dia sangat kecewa, Pangeran Panji memutuskan untuk mencari Putri Sekar serta Ibunya. Ia pun akhirnya mengganti namanya menjadi Ande-ande Lumut. Dan suatu hari, dia menolong seorang Nenek yang sedang kesusahan yang bernama Mbok Randa. Dan akhirnya, mbok Randa mengangkatnya sebagai anak angkat serta tinggal dirumah Mbok Randa.

di suatu hari, Ande-ande Lumut meminta tolong kepada ibu angkatnya untuk mengumumkan bahwa ia sedang mencari calon istri. Banyak gadis-gadis desa di sekitar desa Dadapan untuk bertemu serta melamar Ande-ande Lumut. Tetapi, tidak seorangpun yang ia terima untuk ai jadikan istrinya.

Sementara itu, Putri Sekar serta ibunya Candrawulan berhasil membebaskan diri dari sekapan ibu tirinya. Mereka pun mengirimkan pesan yang melalui Burung Merpati untuk di sampaikan kepada Raja dari Kerajaan Kediri. Mengetahui bahwa Putri Sekar serta Ibunya mengirimkan surat. Intan Sari serta Ibunya segera melarikan diri.

Putri Sekar sangat senang dan ia pun juga berniat untuk bertemu dengan Pangeran Panji. Tetapi, ia sangat kecewa di karenakan Pangeran Panji sudah pergi berkelana. Ia pun juga memutuskan untuk berkelana dan mencari Pangeran Panji.

Dan suatu hari, ketika Putri Sekar tiba di rumah seseorang janda yang memiliki tiga seorang anak gadis cantik. Nama ke tiga ank Janda tersebut ialah, Klenting Merah, Kelentin Biru serta Klenting Ijo. Akhirnya, Putri Sekar pun juga mengganti namanya menjadi Klenting Kuning.

Mendengar berita yang bersumber dari desa Dadapan kabar itu menyebutkan jika Mbok Randa mempunyai anak angkat, seorang pemuda yang sangat tampan wajahnya yaitu Ande-ande Lumut namanya. Ketampanan Ande-ande Lumut sangat lah terkenal menjadi buah bibir dimana-mana. Banyak sekali gadis yang datang ke desa Dadapan untuk melamar anak angkat Mbok Randa tersebut.

Baca Juga :  Cerita Legenda Tangkuban Perahu

Kabar tentang Ande-ande Lumut sedang mencari Istri tersebut terdengar oleh ke ke empat gadis cantik itu. Akhirnya, Janda itu menyuruh anak-anaknya untuk pergi menemui Ande-Ande Lumut.

Pada suatu hari, mereka segera berangkat. Tetapi, mereka hanya pergi bertiga di karenakan Klenting Kuning mempunyai pekerjaan rumah yang belum selesai. Mereka bertiga pun saling mendahului agar terpilih oleh Ande-ande Lumut. Tetapi, di tengah perjalanan mereka sangat kebingungan di karenakan harus menyebrangi sungai, Di saat tengah kebingungan tersebut tiba-tiba, muncullah. seorang Pemuda yang bernama Yuyu Kakang. dia menawarkan untuk mengantarkan mereka menyebrang. Tetapi, Yuyu Kakang mengajukan satu syarat. Jika aku sudah menyebrangkan kalian, maka perbolehkan aku untuk mencium kalian bertiga pada awalnya mereka bertiga menolak. Tetapi, karena itu jalan satu-satunya mereka pun terpaksa harus menyetujui persyaratan itu.

Sesampainya di rumah mbok Randa, mereka pun langsung memperkenalkan diri satu persatu. Melihat kedatangn ketiga gadis cantik itu, dia segera memanggil Ande-ande Lumut. Tetapi, dia langsung menolak ketiga gadis tersebut.

Sementara itu, setelah menyelesaikan pekerjaannya Kleting Kuning pun juga berniat untuk datang ke desa Dadapan tersebut. Untuk bertemu dengan Ande-ande Lumut. Keinginan itu juga disampaikannya kepada ibu angkatnya. Kleting Kuning pun akhirnya berangkat menyusul ketiga Kleting lainnya. Tibalah dia di tepi sungai tersebut. Ia pun merasa sangat kebingungan untuk menyebrang. Tetapi, lagi-lagi Yuyu Kangkang datang menawarkan bantuannya tersebut. Sama seperti ketiga Klenting itu setelah di sebrangkan Klenting Kuning harus bersedia untuk di cium. Klenring Kuning pun akhirnya naik ke punggung Yuyu Kangkang.

Setelah mereka tiba di seberangi, Kleting Kuning pun langsung membuka kotoran ayam yang sudah dibungkus daun pisang. Dia mengoleskannya pada kedua pipinya. Yuyu Kangkang pun akhirnya menagih janji. Kleting Kuning pun juga segera memasang pipinya yang telah diolesi kotoran ayam. Yuyu Kakang pun marah serta menyuruhnya segera pergi.

Ande-ande Lumut pun menolak ke tiga Klenting tersebut dikarenakan mereka telah di cium oleh Yuyu Kangkang. Tiba-tiba, Ande-ande Lumut sangat terkejut saat melihat kedatangan Klenting Kuning. Mbok Randa pun juga sangat heran saat melihat sikap anak angkatnya. Banyak gadis-gadis yang cantik untuk datang dan melamarnya. Tetapi, ia tolak dengan berbagai alasan. Namun, saat dia melihat Klenting Kuning yang berpakaian sangat kumal serta badannya yang sangat bau malah dia sambut dengan wajah bahagia serta berseri-seri.

Akhirnya, Mbok Randa pun terdiam juga. Dia mengikuti Ande-Ande Lumut menemui gadis itu. Sementar itu, Kleting Kuning sangat terkejut sekali melihat Ande-Ande Lumut ialah tunangannya, yaitu Raden Panji Asmarabangun.

Akhirnya, di depan semua orang, Klenting Kuning pun langsung mengubah diri menjadi Putri Sekartaji. Semua orang sangat terkejut saat melihat sosoknya yang sangat cantik. Ketiga kakak angkatnya pun sangat terkejut serta heran saat mengetahui jika sosok yang selama ini mereka perlakukan dengan tidak baik itu ternyata adalah Putri Sekartaji.

Tak lama kemudian, mereka juga di kejutkan oleh Ande-ande Lumut yang membuka dirinya. Ya tidak lain ialah Pangeran Raden Panji. Kedua sejoli itu sangat lah bahagia di karenakan dapat bertemu kembali. Dan akhirnya, Raden Panji langsung saja membawa Putri Sekar serta ibu angkatnya yakni Mbok Randa ke Kerajaan Jenggala. Mereka pun langsung segera melangsungkan pernikahannya.

Akhirnya Kerajaan Kediri serta Kerajaan Jenggala dapat disatukan kembali.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Legenda Cerita Rakyat Ande-ande Lumut : Pengertian, Sejarah, Sinopsis, Unsur Instrik, Exstrik, Penokohan, Karakter, Alur Cerita, Properti, Lagu, Amant Cerita, Skenario, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.