Apa itu Kloroplas

Diposting pada
Apa Itu Kloroplas

Pengertian Kloroplas

Kloroplas merupakan sebuah plastida yang mengandung klorofil, dan dipakai sebagai tempat berlansungnya fotosintesis. Kloroplas adalah organel sel yang mempunyai membran yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan.

Kloroplas juga merupakan plastida yang berwarna hijau yang mengandung pigmen yang disebut klorofil. Kloroplas Berbentuk lensa atau butir dan pipih yang bisa dilihat dengan mikroskop dengan cahaya perbesaran yang paling kuat. Pada tumbuhan tingkat tinggi kloroplas berbentuk lonjong, sementara pada tingkat rendah berbentuk cenderung kebulatan.


Fungsi Kloroplas

Fungsi utama kloroplas ialah sebagai tempat fotosintesis. Fotosintesis merupakan reaksi oembentukan ATP dan melibatkan transpor hidrogen serta elektron dalam senyawa-senyawa seperti NADH dan sitokrom.

Fotosintesi tersebut akan mengubah karbon dioksida menjadi gula, yaitu sumber energi kimia dan makanan untuk tumbuhan. Fotosintesi memakai cahaya sebagai sumber energi, CO2 ,air yang akan menghasilkan oksigen serta karbohidrat.


Struktur Kloroplas


  • Membran

Membran kloroplas adalah sebuah struktur membran ganda yang ada di dalam membran luar dan juga membran dalam. Masing-masing membran ini adalah bilayer fosfolipid, dan juga tebalnya sekitar 6 sampai 8 nm. Suatu ruang tebal hadir sekitar 10 sampai 20 nm antara 2 membran yang sering dikenal sebagai ruang antar membran.


  • Stroma

Stroma adalah suatu cairan yang berada dalam membran membran ganda yang sering disebut stroma. Komponen internal dan beberapa zat terlarut yang tersebar pada stroma. Stroma kaya protein, dan juga banyak yang mengandung beberapa enzim yang akan diperlukan guna proses penting seluler. DNA kloroplas pun ada dalam stroma bersama dengan ribosom dan juga molekul lain yang akan diperlukan untuk sintesis protein. Pati disintesis lewat fotosintesis akan disimpan dalam stroma dalam bentuk sebuah butiran.

Baca Juga :  Fakor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

  • Tilakoid

Selain itu ada2 membran yang membentuk membran, kloroplas tersebut akan mengandung sistem membran internal yang ke 3 yang biasa disebut membran tilakoid. Tilakoid internal dalam membrane terikat kompartemen yang akan dibentuk oleh membran tilakoid itu sendiro. Bagian internal tilakoid disebut lumen tilakoid, serta berisi plastocyanin atau molekul lain yang diperlukan guna pengangkutan suatu elektron.


  • Grana

Beberapa tilakoid itu diatur dalam bentuk sebuah cakram yang akan ditumpuk antara yang 1 dengan yang lainnya. Tumpukan tersebut biasanya disebut grana, grana akan terhubung dengan satu sama lain lewat tilakoid intergrana sampai tilakoid stroma.


  • Fotosistem

Ada dalam membran tilakoid, Fotosistem merupakan suatu unit struktural dan juga fungsional dapat memanfaatkan energi matahari. Sebuah fotosistem terdiri dari pusat reaksi yang akan dikelilingi dengan penangkap sebuah cahaya matahari ataupun antena kompleks yang akan mengeluarkan klorofil, karotenoid, pigmen fotosintetik lain, serta protein.


  • Peripheral Retikulum

Kloroplas tanaman yang tertentu mengandung suatu paket tambahan membran tubulus yang sering disebut retikulum perifer yang berasal dari membran yang ada di dalam bentuk membran. Vesikel tunas kecil yang terlepas dari membran dalam kloroplas, akan berkumpul untuk membentuk suatu tubulus dari retikulum perifer.

Membran Kloroplas

Sistem membran pada kloroplas juga dikenal dengan sistem tiga membran, karena terdiri dari membran luar, membran dalam, dan membran tilakoid. Seperti membran luar pada mitokondria, membran luar kloroplas juga mengandung porin yang menyebabkan membran ini permeable terhadap molekul dengan ukuran 10.000 dalton. Sebaliknya membran dalam relatif lebih selektif permeabel sehingga memiliki protein transport untuk mengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam kloroplas (Taiz dan Zeiger, 2002).

Protein transport yang terdapat pada membran kloroplas adalah komplek yang disebut TOC dan TIC. Kompleks TIC dan TOC adalah suatu translocons yang terletak di kloroplas sel eukariotik, yaitu kompleks protein yang memfasilitasi transfer protein masuk dan keluar melalui membran kloroplas. Kompleks TIC (translocon on the inner chloroplast membrane) terletak di dalam amplop bagian dalam kloroplas. Kompleks TOC (translocon on the outer chloroplast membrane) terletak di membran luar kloroplas. Kompleks ini mengangkut protein yang disintesis di sitoplasma melintasi membran kloroplas (Alberts dkk, 2008).

Baca Juga :  Konsideran Adalah

Genom Kloroplas

Kloroplas memiliki genom sendiri yaitu DNA yang disebut juga dengan ctDNA. ctDNA merupakan suatu molekul berbentuk sirkuler dengan banyak kopian tiap seldengan ukuran bervariasi antara 120-160 kbp. Gen yang terdapat sekitar 150 dimana diantaranya mengkode  beberapa kategori, yaitu:

(1) yang terlibat dalam ekspresi gen (seperti RNA polimerase, rRNA, tRNA)

(2) yang terlibat dalam fotosintesis (seperti fotsistem I, fotosistem II, dan transpor elektron).


Adaptasi Kloroplas

Kloroplas bukanlah organel yang bersifat statis, melainkan dinamis dapat berpindah sesuai kebutuhan dan keadaan lingkungan. Perpindahan letak kloroplas dapat mengurangi paparan cahaya langsung dan melindungi dari kerusakan photooxidative. Hal ini dilakukan karena, ketika cahaya yang mengenai kloroplas melebihi dari yang dibutuhkan dapat menyebabkan kerusakan pada fotosistem II karena rusaknya protein DI dan menghentikan fotosintesis.

Kerusakan ini dapat dipicu dengan terbentuknya berbagai macam oksigen reaktif atau ROS seperti superoksida, hidrogen peroksida dan sebagainya yang akan membahayakan tumbuhan itu sendiri (Taiz dan Zeiger, 2002).


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id tentang Apa itu Kloroplas : Pengertian, Fungsi, Struktur, Adaptasi, Membran, Genom, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya.