Aspirasi Adalah

Diposting pada

Pengertian Aspirasi

Aspirasi merupakan suatu topik pembahasan yang tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakat, sebab aspirasi berkaitan dengan pandangan, minat dan harapan/cita-cita masyarakat didalam kehidupannya. Masyarakat sebagai suatu kesatuan yang mampu mengorganisasikan dirinya dan berfikir tentang dirinya, tidak terlepas dari proses pendidikan didalam kehidupannya. Berbagai harapan dan cita-cita mengenai pendidikan menjadi suatu aspirasi tersendiri bagi masyarakat.

Aspirasi Adalah


Contoh Aspirasi

Adapun contoh aspirasi masyarakat kawasan industry bulu mata sebagai berikut:


  • Ketetapan hati

Dalam aspirasi masyarakat bahwa pentingnya  pendidikan  sebagai suatu proses untuk membuka wawasan masyarakat, pola pikir, dan upaya peningkatan intelektual masyarakat. Hal ini sesuai dengan pandangan Ki Hajar Dewantara dalam Dwi Siswoyo (2011:175) yang menyatakan bahwa pendidikan merupakan daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti, pikiran, dan jas anak-anak.


  • Minat.

Diminatinya pendidikan keterampilan oleh masyarakat kawasan industri bulu mat dikarenakan masyarakat menyadari bahwa untuk bekal masa depan tidak hanya intelektual saja yang dibutuhkan, melainkan juga keterampilan. Keterampilan sebagai bekal masa depan diharapkan mampu menjadi jembatan bagi masyarakat kawasan industri bulu mata untuk mengembangkan potensi dirinya.


  • Cita-cita.

Dipermudahnya akses masyarakat kelas bawah terhadap pendidikan dengan harapan bahwa hak asasi masyarakat dalam mengenyam pendidikan dapat benar-benar diperoleh. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 11, Ayat 1, yang menyatakan “Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi”.


  • Intelegensi.

Masyarakat berpendapat bahwa masyarakat harus dapat berpendidikan sampai pada tingkat Sekolah Menengah Atas, dengan pertimbangan zaman semakin maju, sehingga masyarakat harus mampu mengikuti perubahan zaman dan berlaku sesuai dengan aturan kelompoknya. Hal ini sesuai dengan pendapat Hurlock (1999:25) yang menyatakan bahwa tingkat pendidikan merupakan suatu  hal yang penting dalam suatu kelompok. Tingkat pendidikan menjadi suatu hal yang penting didalam sebuah kelompok, menjadi sebuah tuntutan bagi seorang individu yang merupakan pelaku sosial didalam masyarakat.

Baca Juga :  Staffing Adalah

  • Tujuan.

Masyarakat kawasan industri bulu mata berpendapat bahwa, tujuan dari seseorang berpendidikan ditujukan untuk meningkatkan kecerdasan guna mencapai masa depan yang lebih baik. Bagi masyarakat kawasan industry bulu mata, pendidikan merupakan jembatan untuk mencapai harapan dan cita-cita seseorang di masa depan. Selain itu tujuan seseorang berpendidikan juga agar masyarakat dapat lebih maju, berbudaya, bermartabat dan dapat mengikuti perkembangan zaman.


  • Tradisi Budaya.

Tradisi budaya masyarakat beranggapan bahwa setiap individu pasti mampu mencapai apa yang diinginkan. Untuk dapat mencapai 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender, yang menyatakan bahwa “Kesetaraan Gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut”.


  • Kondisi Lingkungan.

Bagi masyarakat kelas bawah yang belum memiliki kesadaran pendidikan, menganggap bahwa bekerja jauh lebih menguntungkan daripada bersekolah. Kondisi ini kemudian menurunkan partisipasi bersekolah masyarakat kawasan industri bulu mata. Dengan pandangan yang   demikian, maka masyarakat yang sebagian besar masih tergolong dalam masyarakat kelas bawah, menjadikan industri bulu mata menjadi jembatan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.


  • Keterkaitan Tingkat Pendidikan dengan Industri Bulu Mata.

Dalam pandangan masyarakat ada keterkaitan antara rendahnya tingkat pendidikan masyarakat dengantingginya keterlibatan masyarakat di industri bulu mata.103.920 masyarakat terlibat sebagai pelaku kerja di industri bulu mata. Hal ini tentu tidak terlepas dari kelonggaran kebijakan industri bulu mata yang menerima buruh dengan persyaratan tingkat pendidikan yang rendah. Selain itu bahwa tingginya keterlibatan masyarakat di industri bulu mata, dikarenakan lapangan pekerjaan yang memungkinkan bagi masyarakat yang berpendidikan rendah yaitu di industri bulu mata. Sehingga industri bulu mata menjadi jembatan bagi masyarakat yang berpendidikan rendah untuk menggantungkan hidupnya

Baca Juga :  Pengertian Ineraksi Sosial Disosiatif

 Fungsi Aspirasi

Fungsi aspirasi adalah  sebagai berikut :

  1. Untuk meraih pendidikan agar kita mendapatkan masa depan yang cemerlang dan dapat membantu masyarakat yang tidak bisa bersekolah lebih lanjut.
  2. Untuk mengasah kemampuan dalam bermasyarakat.
  3. Untuk membuka pemikiran anak-anak yang pengangguran.
  4. Untuk mempelajari rintangan-rintangan apapun yang berhubungan dengan masyarakat.

Solusi Melalui Aspirasi

Dalam memberi solusi melalui aspirasi, kita memerlukan upaya meningkatkan dalam Kebijakan Pendidikan. Pembuatan dan pelaksanaan kebijakasanaan haruslah senantiasa berusaha agar kebijaksanaan yang digulirkan melibatkan sebagai mungkin partisispasi masyarakat, terutama dala hal pelaksanaanya. Inilah perlunya upaya dalam solusi melalui aspirasi. Beberapa solusi yang dapat dilakukan dalam aspirasi :

  1. Menawarkan sanksi atas masyarakat yang tidak mau berpartisipasi. Sanksi demikian dapat berupa hukuman, denda, dan kerugian-kerugian yang harus diderita oleh si pelanggar.
  2. Menawarkan hadiah kepada mereka yang mau berpartisipasi. Hadiah yang demikian berdasarkan kuantitas dan tingkatan atau derajat partisipasinya.
  3. Melakukan persuasi kepada masyarakat dalam kebijakan yang dilaksanakan, justru akan menguntungkan masyarakat sendiri, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
  4. Menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi memalui serangkaian kegiatan.
  5. Menggunakan tokoh-tokoh kunci masyarakat yang mempunyai khalayak banyak untuk ikut serta dalam kebijaksanaan, agar masyarakat kebanyakan yang menjadi pengikutnya juga sekaligus ikut serta dalam kebijaksanaan yang diimplementasikan.

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Aspirasi Adalah : Pengertian, Contoh, Fungsi, Beserta Solusinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.