Apa Itu Bandwidth

Diposting pada

Mungkin beberapa dari kalian yang sering memakai jaringan komputer atau internet pasti sudah mengetahuinya, pembahasan kita kali ini dibuat untuk kalian yang belum tahu apa yang dimaksud dengan bandwidth, berikut di bawah ini penjelasannya.

Apa Itu Bandwidth


Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit atau detik yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server serta client dalam waktu tertentu. definisi bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi bisa disimpulkan bahwa bandwidth ialah kapasitas maksimum dari jalur komunikasi yang digunakan untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi dari bandwidth ialah untuk menghitung transaksi data.


Jenis jenis Bandwidth

Yang perlu kamu ketahui, bandwidth terbagi menjadi dua jenis, yakni bandwidth analog dan digital. Kedua jenis bandwidth itu mempunyai definisi yang berbeda. Berikut dibawah ini mengenai penjelasan dari kedua bandwidth.


  • Bandwidth Analog

Bandwidth analog menunjukan perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dalam rentang satuan frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz), yang bisa memastikan banyaknya informasi yang ditransmisikan dalam waktu tertentu. terkadang, bandwidth analog ini jarang digunakan dalam dunia jaringan.


  • Bandwidth Digital

Bandwidth digital adalah kapasitas yang menentukan jumlah data digital yang bisa ditransmisikan, baik melalui saluran yang menggunakan kabel atau nirkabel dalam waktu tertentu yang dihitung dalam bit. Bandwidth tipe ini sangat banyak dipakai oleh penyedia jasa internet atau ISP di Indonesia.

Baca Juga :  Sejarah Kerajaan Larantuka

Fungsi Bandwidth

Setelah mengamati pengertian dari bandwidth diatas, maka Anda sudah bisa mengetahui fungsi dasar dari bandwidth, yakni menghitung besarnya kemampuan dalam transmisi data yang dilakukan pengguna. Namun, selain fungsi utama masih ada juga fungsi bandwidth yang belum Anda ketahui. berikut penjelasannya dibawah ini.


  • Media Transfer Data

Fungsi bandwidth yang satu ini berfungsi sebagai media transfer data yang merupakan fungsi utama dan hampir berlaku di semua jaringan komputer. Misalkan saja dalam membangun jaringan LAN membutuhkan kabel fisik LAN yang menghubungkan antara koneksi LAN dengan perangkat komputer yang akan dipakai. Dalam kabel LAN terdapat jalur yang bisa untuk pengiriman (transfer) data dari satu komputer ke komputer lainnya.


  • Pembatas Kecepatan Transfer Data

Fungsi bandwidth selanjutnya ialah membatasi kecepatan transfer data. terkadang fungsi ini dipakai oleh administrator sebagai mengelola jaringan jika terdapat pengguna mengakses data tertentu yang membutuhkan banyak bandwidth. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat menghindari kecurangan dari penggunanya. Misal saja sedang melakukan streaming video dengan resolusi High Display (HD).


  • Pembatas Volume Data

Fungsi ini adalah fungsi yang paling sering digunakan, dimana bandwidth bisa membatasi jumlah data yang bisa ditransfer dalam waktu tertentu. Misalnya saja 2 GB perbulan. dalam jumlah 2 GB tidak akan berpengaruh pada berapa banyak perangkat yang dapat mengaksesnya ataupun kecepatan akses, melainkan jumlah maksimal data yang bisa diakses dan tidak bisa melebihi 2 GB.


Cara Kerja Bandwidth

Bandwidth adalah suatu komponen yang penting dalam sebuah jaringan, dimana berbagai aktivitas seperti pengiriman dan penerimaan data membutuhkan bandwidth didalamnya.

dalam cara kerja bandwidth tidak jauh dari dari tiga fungsi yang telah disebutkan diatas. Ketika pengguna sedang terhubung dengan jaringan, maka bandwidth akan bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa bandwidth bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari suatu jaringan.

Baca Juga :  Hak Perogratif Presiden

Apabila Anda terhubung ke suatu jaringan, biasanya terdapat batasan volume akses yang diberikan. Untuk itu, Anda perlu menghemat penggunaan bandwidth agar kapasitas data tidak bertambah banyak. karena, semakin besarnya bandwidth yang disediakan, maka semakin besar juga jumlah kapasitas data yang bisa ditransfer.


Macam-macam Bandwidth


  • Digital Bandwidth

Digital Bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi. Analog Bandwith


  • Analog Bandwidth

Sedangkan analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat.


  • Bandwidth Komputer

Bandwidth Komputer Di dalam jaringan Komputer, Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan Bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.


Konsep Bandwidth

Bandwidth diukur kotor, jumlah data yang ditransfer dalam periode waktu tertentu dinyatakan dalam tingkat, tanpa mempertimbangkan kualitas dari sinyal itu sendiri. bandwidth seperti diungkapkan di atas adalah kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik. Sedangkan kecepatan, adalah jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu, misalnya dalam satu detik.

Baca Juga :  Fungsi Jaringan Tulang

Misalnya server anda terhubung melalui kabel telepon anda menghubungkan terhubungdengan modem ke Internet Service Provider (ISP) dengan bandwidth 56kbps. Semakinlebar bandwidth yang ada tentu data yang dilewatkan akan semakin besar. Throughput Ternyata konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. Untuk itulah konsep Throughput muncul. Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.

Bagaimana cara mengukur bandwidth? Dan bagaimana hubungannya dengan throughput? Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik. Sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.


demikian penjelasan tentang Apa Itu Bandwidth : Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Kerja, Macam Beserta Jenisnya,  semoga yang membaca artikel ini akan bertam ilmu pengetahuannya.