Benua

Diposting pada
Benua

Pengertian Benua

Benua merupakan daratan yang sangat luas yang ada di permukaan bumi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Benua diartikan sebagai tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Penentuan benua diidentifikasikan dari kesepakatan dibanding kriteria-kriteria baku. Sekarang ini ada 7 Benua yang diakui yakni Benua Asia, Afrika, Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa dan terakhir Australia.

Berdasarkan kesepakatan (konvensi) internasional, benua dipahami sebagai kumpulan daratan berbeda yang terhubungan menjadi besar, maksudnya terpisah oleh bidang air. Perbedaan benua dengan pulau ada pada kata “besar” itu sendiri, pulau terbesar ialah greenland dengan luas wilayah 2.166.086 km persegi, sementara benua terkecil adalah Benua Australia dengan luas 9.008.500 km persegi.


Proses Terbentuknya Benua

Berdasarkan bukti sains dan penelitian, awalnya bumi terbentuk dengan hanya satu yang sangat luas. Namun karena hal pergerakan bumi serta berbagai fenomena geografi yang terjadi terus-menerus, benua tersebut terpisah menjadi beberapa daratan.

Teori paling terkenal mengenai pembentukan benua ialah Teori Apung Bumi (Teori Pergeseran Benua)/Conginental Drift. Teori tersebut dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener pada tahun 1912. Dia mengatakan bahwa benua-benua kita dulu adalah satu superbenua yang disebut Pangaea, lalu benua ini terpecah (sekitar 200 juta tahun yang lalu). Pecahan tersebut bergerak serta berpindah karena pengaruh berbagai fenomena selama jutaan tahun. Ada bukti yang menunjukkan bahwa dulunya benua kita pernah menjadi satu antara lain ialah kecocokan garis pantai antar benua yang berjauhan, fosil makhluk hidup sejenis di beberapa benua, serta barisan batuan sejenis pada beberapa pantai di benua yang berbeda.


Macam Macam Benua di Dunia


Benua Asia

Benua Asia merupakan benua terbesar dengan luas sekitar 43.820.000 km persegi (29,5%). Secara geografis benua asia terbagi atas 5 kawasan yakni, Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan serta Asia Tenggara. Populasi penduduk pada benua ini adalah sekitar 4.164.252.000 Jiwa (60%) dengan kepadatan penduduk 95/km persegi. Ada 44 Negara yang termasuk bagian dari Benua Asia.


  • Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia

 Secara astronomis, Benua Asia terletak antara 1116’-7741’LU dan antara 2604’ BT-16940’BB. Benua Asia terletak diantara Benua Eropa dan Australia, serta diantara Samudra Hindia, samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Luas seluruh wilayah Benua Asia adalah 43.998.920 km2. Adapun batas wilayah Benua Asia adalah sebai berikut :

  • Sebelah barat berbatasan dengan pegununga Ural, sungai Urai, pantai barat laut kaspia, Iran, Turki, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Luat Tengah, terusan Suez, dan Laut Merah.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik
  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik dan selat Bering.
  • Sebalah se;atan berbatasan dengan Samudra Hindia.

  • Bentang Alam Benua Asia

Bentang alam Benua Asia terdiri atas relief sebagai berikut

  • Pegunungan yang intinya dikenal dengan nama pegunungan Himalaya, dengan puncak tertinggi Gunung Everest (8.848 m).
  • Pegunungan (darataran tinggi), yang terdapat di Semenanjung Arab, sepanjang Laut Merah dan Teluk Aden, di India Dataran Tinggi Dekan, dan Sri lanka (pegunungan tujuh Dara dan gunung Pidurutalaga, 538 m)
  • Dataran rendah yang terhampar di kawasan aliran Sungai Ob, Sungai Yenesei (Uni Soviet), sungai Huang (atau Sungai Kuning), Sungai Yangtse (Cina), sepanjang aliran sungai Idrus dan Sungai Gangga (Pakistan dan India), semenanjung Malaya dan Indonesia.
  • Daerah-daerah depresi, berupa Laut Kaspia, Danau Aral, Danau Baikal, dan Danau Balkash
  • Sungai-sungai besar, Sungai Ob, Sungai Yangtse, Sungai Huang, Sungai Amur, Sungai Lena, Sungai Mekong, Sungai Yenisei, Sungai Indus, dan Sungai Gangga.
Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi

  • Iklim Benua Asia

  • Asia Utara

Wilayah Asia Utara, khususnya Siberia beriklim kontinental-kutub dengan ciri-ciri sebagai berikut

  1. Musim dingin berlangsung lama
  2. Musim panas berlangsung singkat
  3. Curah hujan terbanyak jatuh didataran rendah seputar muara Sungai Amur (1.016 mm per tahun), jatuh pada musim panas, yang dibawa oleh angin pasat tenggara dari Laut Jepang.
  4. Asia Barat (Asia Timur Tengah

Wilayah Asia Barat didominasi iklim tropis atau subtropis gurun dengan ciri-ciri sebagai berikut

  1. Beriklim mediteran, terutama di Iran Utara, pesisir Laut Tengah Suriah, dan Israel. Curah hujan dikawasan ini berkisar antara 508 mm-1.016 mm per tahun, yang jatuh pada musim dingin.
  2. Irak,Iran Selatan,Afganistan,sepanjang pantai Yaman,Aden, dan Oman, memperoleh curah hujan 101 mm-508 mm pertahun, yang dibawa oleh angin muson dari Samudra Hindia pad musim panas.
  3. Gurun Arab menerima hujan 20 mm-101 mm per tahun.
  4. Asia Kecil (Asia Minor)

Beriklim subtropis mediteran, terutama didaerah semenanjung yang berbatasan dengan laut atau selat. Diwilayah ini hujan paling banyak jatuh pada bulan Juli (279 mm per tahun).

Beiklim semiarid (stepa), terutama diwilayah tengah semenanjung.

  • Asia Timur

Sebagian nesar wilayah Asia Timur beriklim subtropis, sengan ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Beriklim subtropis-basah didaerah pesisir, pulau,dan kepulauan.
  2. Banyak dipengerahui angin muson tenggara dari Samudra Pasifik.
  • Asia Tengah

Asia bagian tengah beriklim darat, terutama disekililing Gurun Gobi. Ciri iklim diwilayah ini adalah sebagi berikut.

  1. Hujan paling banyak jatuh pada musim pans (Juli) di Cina bagian selatan, Jepang Selatan, Pulau Taiwan, Pulai Hainan, dan Semenanjung Korea (lebih dari 2.032 mm per tahun).
  2. Curah hujan berkaisar antara 508 mm-1.016 mm per tahun dipesisir timur sekeliling Laut Kuning.
  3. Makin ke pedalaman, hujan makin sedikit (Gurun Gobi dan daerah sekitarnya hanya mendapat curah hujan 2 mm-102 mm per tahun).
  • Asia Selatan dan Asia Tenggara

Kedua kawasan ini memiliki ciri sebagai berikut

  1. Beriklim tropis basah, dengan curah hujan 2.032 mm per tahun.
  2. Hujan terbanyak dan berlangsung sepanjang tahun tercatat di daerah Cherrapunji (Provinsi Assam) di India, yaitu 11.000 mm per tahun. Curah hujan ini dibawa oleh angin muson barat daya dari Teluk Benggala.

  • Flora dan Fauna Benua Asia

Flora yang tumbuh di Benua Asia cukup bervariasi. Hutan paling luas di dunia, yang menjadi sumber kayu, terutama bagi Uni Soviet, terdapat dibagian selatan. Didataran Asia Tengah yang kering hidup jenis rumah yang banyak digunakan untuk makanan ternak. Di Asia Timur terdapat tanaman bernilai tinggi, seperti kayu (untuk bahan bangunan dan kertas) dan pohon buah-buahan. Selain itu, kawasan Asia Tenggara menghasilkan tanaman untuk konsumsi ekspor, antara lain karet, kelapa, pala, kayu jati, teh, dan bambu. Asia Selatan dan Asia Tenggara banyak memiliki satwa liar, diantaranya berbagai jenis kera dan burung tropis.


  • Penduduk Benua Asia

Asia merupakan benua yang paling tinggi jumlah penduduknya. Sekitar 63% penduduk dunia terdapat di Asia. Jumalh penduduk Asia pada tahun 1999 mencapai 3.637 miliar jiwa dengan rata-rata pertumbuhan 1.5%. PBB memperkirakan penduduk Asia pada tahun 2010 akan mencapai 4.206 miliar jiwa dan pada tahun2025 akan menjadi 4.923 miliar jiwa.


Benua Afrika

Benua Afrika merupakan benua kedua terbesar dengan luas sekitar 30.270.000 km persegi (20.4%). Populasi penduduk di benua Afrika sekitar 1.020.201.229 Jiwa (15%) dan kepadatan penduduk 33,7 per km persegi Jumlah negara yang termasuk anggota benua Afrika adalah 54 Negara.

Baca Juga :  Karakteristik Samudra Pasifik

  • Letak Astronomi dan Geografis Benua Afrika

Secara astronomi, Benua Afrika terletak antara 38LU-35LS dan antara 17BB-51BT. Secara geografi, Benua Afrika diapit oleh Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Adapun batas wilayah Benua Afrika adalah sebagai berikut.

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah.
  • Sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Bentang Alam Benua Afrika

Benua ini terentang sekitar 8.000 km dari Tanjung Bon di Tunisia sampai Tanjung Agulhas di Afrika Selatan dan sekitar 7.400 km dari Cape Verde di Afrika Barat sampai Tanjung Guardafui di Somalia. Dataran Afrika terdiri atas pegunungan tinggi, daerah gurun, lembah, dan daerah depresi. Di Afrika bagian utara terdapat gurun yang terluas didunia, yaitu Gurun Sahara. Sungai-sungai yang terdapat dibenua ini antara lai n Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang didunia.


  • Iklim Benua Afrika

Secara umum, iklim di Afrika dibedakan sebagai berikut.

  • Beriklim tropis, meliputi daerah Afrika Tengah sekitar khatulistiwa.
  • Beriklim subtropis, meliputi daerah paling selatan benua dan bagian utara benua (sekitar Pantai Laut Tengah).
  • Beriklim darat atau iklim gurun, meliputi daerah Afrika Utara bagian tengah yang merupakan daerah bayangan hujan.
  • Flora dan Fauna Afrika

Tumbuhan-tumbuhan di Afrika dapat dikelompokan atas:

  • Tumbuhan dataran tinggi
  • Hutan hujan tropis
  • Padang rumput (berupa stepa atau sabana).

Beberapa jenis tumbuhan khas Afrika antara lain papirus, akasia, kurma, keluarga uphorbiaceae, sidang hutan, dan sebagainya. Jenis fauna  Afrika antara lain gajah, kera ekor panjang, zebra, badak becula, hiene bergaris, jerapah addox, okapi, trenggiling, binatang bersisik, burung kasuari, dan sebagainya.


  • Penduduk Benua Afrika

Pada tahun 2000 jumlah penduduk Benua Afrika mencapai 800 juta jiwa atau sekitar11% dari seluruh penduduk dunia. Rata-rata pertumbuhan penduduk masih sangat tinggi, yaitu 2,9% per tahun. PBB memperkirakan tahun 2010, jumlah pendudukbakan meningkat menjadi 979 juta jiwa dan tahun 2025 menjadi 1.290 miliar jiwa.


Benua Amerika Utara

Benua Amerika utara mempunyai luas daratan sekitar 24.490.000 km persegi (16.5%). Populasi penduduknya 542.056.000 jiwa (8%) dengan kepadatan penduduk 22,1 per km persegi jumlah negara yang termasuk anggota dari benua Australia adalah 23.


  • Letak Astronomis dan Geografis Benua Amerika

Secara astranomis, Benua Amerika terletak antara 72LU-59LS  dan antara 163BB-36BB. Benua ini terletak antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, dan antara Laut Arktik dan Samudra Pasifik. Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia dengan luas 42.188.586,5 km2.


  • Bentang Alam

Benua Amerika terdiri atas dua bagian besar, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan Amerika Tengah sebagai penghubungnya. Puncak-puncak tertinggi dibenua ini antara lain Gunung Aconcagua diperbatasan Chili dan Argentina. Dataran rendah di Amerika Utara maupun di Amerika Selatan terdapat dibagian tengah. Dataran rendah di Amerika Selatan terletak dijalur-jalur airan Sungai Amazon dan Sungai Parana (Argentina).


  • Iklim

Iklim di Benua Amerika bervariasi, namun ada pula iklim-iklim yang dominan, seperti:

  • Iklim subarktik di Alaska dan Kanada Utara
  • Iklim darat disekitar danau-danau besar
  • Iklim tropis di Brazilia (Amerika Serikat)
  • Iklim subtropis disekitar Tanjung Kennedy, daratan rendah Mississippi, dan daerah rendah Sungai Parana
  • Iklim semi gurun dan iklim gurun di Nevada Basin Gurun Atacama (Chili Barat) dan Gurun Patagonia (Argentina Selatan)
  • Iklim laut disepanjang pesisir Samudra Pasifik, terutama dipantai Chili bagian barat, Alaska Selatan, dan Kanada Barat.
  • Iklim pegunungan di sepanjang Pegununggan Andes Tengah dan Sierra Madre Occidental.
  • Flora dan Fauna

Satwa liar asli di Amerika Utara banyak yang telah musnah. Semula, daerah ini dihuni bison dan kuda liar (mustang), tetapi sekarang telah musnah. Yang tersisa adalah kelinci liar dan beberapa spesies ular, diantaranya ular derik yang sangat berbisa. Karabia, mulai dari Meksiko Selatan sampai panama memiliki hutan hujan tropis denagn pepohonan yang hijau sepanjang tahun dan berdaun lebar.

Baca Juga :  Pasola Perang Berkuda Di Sumba

  • Penduduk

Berdasarkan data kependudukan tahun 2000, Benua Amerika memiliki penduduk sekitar 815 juta jiwa.


Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan memiliki daratan seluar 17.840.000 km persegi (12%). Populasi Penduduk sekitar 392.555.000 (6%) jiwa dan kepadatan penduduk 22 per km persegi jumlah negara yang menjadi bagian dari benua Amerika Selatan adalah 12 Negara.


  • Letak Astronomis dan Geografis Benua Antartik

Secara astronomis, Benua Antartika terletak antara 52LS-90LS. Benua Antartika merupakan benua yang terletak di sekitar Kutub Selatan. Bentuk wilayah Antartika berupa sebuah cembungan permukaan bumi, dengan luas sekitar 13.209.000 km2. Benua ini tidak  berpenghuni. Benua Antartika dibatasi oleh tiga samudra utama, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Hindia.


  • Bentang Alam

Benua ini hampir seluruhnya tertutup es dan salju yang mencapai ketebalan 2.440 m. Antartika terbagi menjadi dua bagian pegunungan Transantartika, yaitu Antartika timur dan Antartika barat. Antartika memiliki gunung dan deretan pegunungan, antara lain Gunung Vinson, Gunung Kirkpatrick, Gunung Markham, dan Gunung Jaskson.


  • Iklim

Iklim Antartika merupakan kombinasi dari tiupan angin kencang, udara yang amat dingin, dan badai salju. Bulan Juni merupakan puncak musim dingin dengan suhu dibawah 40c dan dipedalaman turun sampai -70c. Musim panas terjadi pad bulan Desember dan suhu rata-rata berada dibawah titik beku.


  • Benua Antartika

Benua Antartika mempunyai luas daratannya sekitar 13.720.000 km persegi (9,2%). Populasi penduduknya ada sekitar 4.490 Jiwa dengan kepadatan penduduk 0,0003 per km persegi. Tak ada negara resmi di benua Antartika ini.


Benua Eropa

Benua Eropa adalah benua dengan laus sekitar 10.180.000 km persegi (6,8%). Populasi penduduknya sekitar 738.199.000 jiwa (11%) dengan kepadatan penduduk 72,5 per km persegi Jumlah negara dari benua Eropa adalah sekitar 46 Negara.


  • Letak Astronomi dan Geografis Benua Eropa

Daratan Eropa bersatu dengan daratan Asia, yang dinamakan eurasia. Daratan Benua Eropa terletak dibelahan bumi utara mendekati kutub utara (arktik). Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 36LU-71LU dan antara 927’BB-6620’BT. Luas dataran Eropa adalah 27.273.727 km2, atau sekitar seperempat belas luas daratan dibumi,dan menduduki peringkat ke-2 setelah Benua Australia


  • Iklim Eropa

Sebagian besar Eropa memiliki iklim yang relatif sejuk. Kecuali di utara dan timur, musim dingin tidak keras, musim panas umumnya hangat, dan curah hujan yang melimpah serta merata.


  • Flora dan Fauna Eropa

Iris,asphodel,lili, dan tanaman berumbi lainnya tumbuh di daerah mediterania. Binatang –binatang seperti banteng,ibeks,bison,dan kijang merupakan salah satu fauna yang dilindungi.


  • Penduduk Benua Eropa

Sampai dengan tahun 2001, jumlah penduduk yang mendiami dataran Eropa mencapai 778juta jiwa. Jumlah ini lebih kurang 14% dari jumlah penduduk dunia. Tahun 2010 nanti diperkirakan Eropa akan berpenduduk 731 juta jiwa dan tahun 2025 menjadi 718 jiwa.


  • Benua Australia

Benua Australia adalah benua terkecil dengan luas 9.008.500 km persegi (5,9%). Populasi penduduknya sekitar 29.127.000 jiwa (0,4%) dengan kepadatan 3,2 per km persegi Ada 14 negara yang menjadi bagian dari benua Australia.


Gambar Benua

gambar benua


 

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id tentang Benua : Pengertian, Proses Terbentuknya, Macam, Asia, Afrika, Amerika Utara, Selatan, Eropa, Beserta Gambarnya, semoga bermanfaat