Contoh Resume

Diposting pada

Pengertian Resume

Contoh Resume

Pasti dari kalian pernah membuat resuma atau essai. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mempu melakukannya dengan benar. Akan tetapi ada juga yang masih belum pahan tenang pengertian resume dan juga bagai mana cara membuat tesume yang baik dan benar, nah untk itu kami akan secara khusus mengulaskannya untuk sobat.


Pengertian Resume (ringkasan)

Resume merupakan suatu cara yang efektif guntuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat. Ringkasan mulanya berawal dari karangan sumber yang panjang. Yang kemmudian dipangkas dengan mengambil hal-hal atau bagian yang pokok dengan membuat perincian jua ilustrasi.

Ringkasan harus lah mempertahankan pikiranpengarang juga pendekatannya yang asli. Jadi bisa disimpilkan bahwa ringkasan ialah keterampilan memproduksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat.


Perbedaan Resume dan Ikhtisar

Simaklah perbedaan resum dan ringkasan juga ihktisar dibawah ini untuk lebih mudah memahaminya.


  • Resume (rangkuman)

Definisi rangkuman ialah kegiatan menyusun gagasan pokok atau intrisarri suatu karangan atau buku menjadi bentuk yang pendek suatu rangkuman tidak boleh mengubah ide pokok teks aslinya.


  • Ikhtisar

Ikhtisar merupakan pada dasarnya sama dengan ringkasan di lihat dari tujuannya, keduanya mengambil bentuk kecil dari karangan panjang. Pada ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar. Untuk emngambil ikhtisar bebas mengambil kata-kata asal teap menunjukan pada inti dari bacaan tersebut.


Langkah Menulis Resume

Untuk bisa meringkas resume yang benar maka anda harus pemperhatikan langkah-langkah dibawah ini


  • Membaac Teks Asli

Teks asli sangatlah penting untuk mengetahui isi dan juga memahami maksud dari penulis. Sobat bisa membacanya berulang-ulang supaya lebih paham tentang naskah tersebut. Anda juga mencatat istilah yang sulit dipahami dan juga mencari mekannya agar bisa mempermudah dalam melakukan penulisan resume. Hal tersebut juga akan membantu dalam mengetahui gambaran umum dari sudut pandang penulis

Baca Juga :  Annelida

  • Menentukan dan Mencatat Gagasan Utama

Tentukan lah gagasan utama dari naskan yang anda buat. Jangan lupa untuk mencatatna agar mempermudah adna pada tahap selanjutnya.


  • Mulai Menulis Resume

Pergunakanlah gambaran umum tentang keseluruhan isi jurnal yang telah terbayang diotak kita dan juga hasil pencatatan gagasan utama tadi untuk dibuat resume. Perlu diingat, urutan paragraf untuk pembuatan resume harus sesuai dengan naskah aslinya.

Apabila pada jurnal biasanya banyak sub babnya, kita tidak perlu ikutin jurnal untuk mempuat pon sub bab juga karena resume ialah ringkasan singkat jadi buatlah resume dalam bentuk paragraf demi paragraf saja.

Kemudian kalimat—kalimat dalam resume yang ita buat diganti dengan kaliat baru yang sekaligus menggambarkan kembali ini dari naskah aslinya.


  • Membaca Kembali Resume Yang Telah Dibuat

Setelah resume yang anda buat telah selesai, maka anda harus membacanya kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan baik dari penulisan maupun juga dari isi resume yang anda buat. Resume yang anda buat harus sesuai dengan bahasa indonesia yang benar.


Tips Cara Mudah Membuat Resume Buku (per Bab) yang Baik dan Benar

Harsindo.COM. Langkah-Langkah Membuat Ringkasan (Resume) & Contohnya. Resume atau Ringkasan adalah suatu cara yang ekfektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat. Sebuah ringkasan bermula dari karangan sumber yang panjang, yang kemudian dipangkas dengan mengambil hal-hal atau bagian yang pokok dengan membuang perincian serta ilustrasi.

Sebuah ringkasan tetap mempertahankan pikiran pengarang serta pendekatannya yang asli. Jadi ringkasan merupakan keterampilan memproduksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat. Berikut ini


Langkah-Langkah Membuat Ringkasan (Resume)

1. Menulis semua judul bab dan sub bab

Baca Juga :  9 Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Ini untuk memudahkan dalam memahami isi dari bab atau sub bab tersebut. Kita juga akan mempunyai gambaran, kira-kira pembahasannya akan seperti apa. Biasanya saya mulai dari yang isi penjelasannya singkat-singkat dan mudah dimengerti. Ini juga sangat membantu kalo udah deadline 😀

2. Baca kalimat pertama tiap paragraf, lalu baca cepat kalimat berikutnya

Perhatikan kalimat terakhir dari paragraf. Biasanya kalimat inti dari penulisan bahasa inggris berada di awal atau akhir paragraf.

3. Lewati kalimat atau paragraf yang menjelaskan suatu contoh

Contoh diberikan untuk mempermudah pembaca akan sesuatu yang disampaikan gan harsindo.com. Jika kita belum paham apa yang dimaksud, membaca contoh yang diberikan akan sangat membantu. Contoh juga tidak perlu  kita tulis ulang di laporan kita.

4. Pahami yang kita baca, lalu tuliskan kembali dengan bahasa kita sendiri

5. Ketika tidak mengerti satu kata dalam kalimat, artikan secara konteks kalimat

Ini untuk menghemat waktu, kecuali jika kata tersebut adalah kata kerja utama (main verb) dalam suatu kalimat. Gunakan alat bantu penerjemah dan pilih arti yang kira-kira sesuai konteks kalimat.

6. Google Translate (GT)

Jika bahasa Inggris kita pas-pasan, sebaiknya hindari menggunakan GT untuk mengartikan satu kalimat atau lebih. Karena hasil terjemah GT sering kali tidak sesuai dengan seharusnya. Ini akan membuat semakin bingung. Namun, jika kita sudah bisa membedakan hasil terjemahannya benar atau salah, menggunakan GT cukup membantu. Walaupun susunannya kadang terbalik, namun secara keseluruhan bisa kita pahami maksud dari paragraf tersebut.


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Meringkas

Dalam meringkas kita harus memperhatikan hal- hal yang cukup penting yaitu sebagai berikut :

  1. Perhatikan judul teks atau buku, sebab menggambarkan isi.
  2. Bacalah secara seksamasebagian atau seluruh isi teks atau buku sesuai kebutuhan.
  3. Tandailah bagian-bagian yang merupakan inti persoalan dari setiap persoalan teks atau buku dengan menggunakan tinta penanda.
  4. Bacalah setiap paragraf pada bagian yang sudah ditandai dengan cermat dan tentukan ide pokok dari paragraf tersebut.
  5. Daftarlah ide-ide pokok tersebut menjadi rumusan pokok-pokok pikiran teks atau buku.
  6. Tulislah pokok-pokok pikiran teks atau buku dalam kalimat pendek menjadi paragraf-paragraf yang baik dan sistematis.
Baca Juga :  Apa Itu Jurnal Pembalik

Teknik Meresum Buku

Anda, saya dan kita semua telah dilatih oleh guru atau dosen kita tentang suatu teknik pembelajaran yang dikenal dengan istilah teknik “meringkas” atau “meresum”. Teknik meresume merupakan suatu teknik untuk mempelajari dan mengambil inti pengetahuan suatu penjabaran keilmuan yang panjang menjadi poin-poin yang ringkas sehingga mudah untuk dipelajari dan diingat.

Sebagian anda mungkin menganggap pekerjaan meresum merupakan suatu pekerjaan yang membosankan. Karena syarat utama meresum adalah “membaca”.Anda harus membaca seluruh isi buku terlebih dahulu.

Ada cara atau tips agar pekerjaan meresume anda tidak terkesan membosankan, yaitu membuat hasil resum anda kedalam suatu diagram.
Bagaimana caranya? Tentunya sebuah buku terbagi kedalam suatu beberapa bab, dan bab juga terbagi ke dalam beberapa sub bab.

Demikian pula didalam sub bab terdapat beberapa paragraf, dan paragraf itu tersusun dari pokok-pokok kalimat. Tugas anda mencari dan menyusun poin-poin tersebut kedalam suatu diagram. Diagramnya sangat bebas, tergantung kreativitas anda masing-masing. Untuk lebih menambah daya tarik dan imajinasi anda selipkanlah beberapa gambar kedalam diagram tersebut.cobalah meresum buku anda terlebih dahulu, sesuaikan dengan kemampuan anda dan teruslah mencoba sampai anda bisa. Segala sesuatu pasti bisa kita capai tergantung keinginan dan kemampuan kita untuk belajar dan berkembang.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Contoh Resume : Pengertian, Perbedaan, Tenik, Langkah Menulis, Tips Cara Mudah, dan Hal Yang Harus Diperhatikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membcanya.