Danau Terbesar Di Benua Amerika

Diposting pada

Danau Superior

Danau Superior adalah danau jenis Glasial yang terletak di dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Bagian yang terletak di Kanada, terdapat di Ontario, sedangkan bagian yang ada di Amerika Serikat terdapat di wilayah Minnesota, Wisconsin dan Michigan.

Danau Superior merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam hal luas permukaannya, sedangkan danau Baikal di Siberia adalah danau air tawar terbesar di dunia, dalam hal volumenya. Sebenarnya danau terbesar di dunia dalam hal luas permukaan, dipegang oleh danau Kaspia atau yang lebih dikenal sebagai danau Laut Kaspia. Hanya saja Laut Kaspia berisi air asin.

danau superior

Danau Superior memiliki luas permukaan 82,414 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Danau Superior memiliki panjang maksimum 350 mil (560 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan ke dalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Ketinggian permukaan 600 kaki (180 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini sepanjang 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau). Pulau pulau yang terdapat di tengah-tengah danau ini adalah Royale Island, yang merupakan pulau terbesar di tengah danau ini, Apostle Islands, dan Slate Islands. Permukiman yang ada di sekitarnya antara lain Duluth, Minnesota, Superior, Wisconsin, Thunder Bay, Ontario, Marquette, Michigan, Sault St. Marie, Michigan


Danau Huron

Danau Huron terletak di perbatasan Amerika Serikat di Negara Bagian Michigan ke Kanada di provinsi Ontario. Ia adalah salah satu dari lima Great Lakes di Amerika Utara. Nama yang diberikan di bawah Danau Huron suku asli penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Ia adalah yang kedua terbesar dari lima danau Great Lakes dan danau air tawar terbesar ketiga di dunia. Area danau diukur oleh 59. 596 km ². Deepest di tempat mencapai 229 meter. Danau yang terletak di pulau air tawar terbesar di dunia, Manitoulin Island. Di bagian bawah danau lebih dari 1000 Shipwrecks.

Baca Juga :  Pengertian Refrigerasi

danau huron

Di danau adalah karper, salmon, sumci, tombak, dllDi kota Mei menunjuk sejumlah tempat-tempat wisata, seperti Manitoulin Island km tentang 62, Danau Nipissing km tentang 249, Tahquamenon air terjun km tentang 260, Bruce Semenanjung Taman Nasional km tentang 76, Taman Nasional Teluk Pulau Georgia km tentang 210, Inukshuk Schomberg km tentang 262, Wonderland km tentang 280, Danau SIMCOE km tentang 265

Danau Huron di Amerika Utara, memiliki pulau di tengahnya, yang bernama pulau Manitoulin, dengan luas 1.068 mil persegi. Pulau itu adalah pulau terbesar yang ada di tengah danau. Uniknya, ternyata di tengah pulau Manitoulin juga terdapat danau, yang diberi nama danau Manitou, dengan luas 41 mil persegi, dan di tengah danau Manitou itu masih terdapat beberapa buah pulau lagi yang berukuran lebih kecil.

Danau ini memiliki volume air terbesar ketiga dan area terbesar kedua (seluas 23.000 mil² atau 59.600 km²). Setelah Danau Victoria di Afrika, maka Danau Huron menduduki urutan ketiga terbesar di dunia.
Dikunjungi oleh Etienne Brule dan Samuel de Champlain sekitar tahun 1610, maka Danau Huron mungkin adalah Danau Besar pertama yang pernah disaksikan oleh para penjelajah dari Eropa. Danau ini memiliki panjang 515 km, lebar 190 km, dan pada titik terdalam mencapai kedalaman 750 kaki (230 m). Pelabuhan utamanya di danau ini adalah London, Ontario dan Bay City, Michigan


Danau Erie

Danau Erie ialah salah satu Danau-danau Besar di Amerika Utara. Merupakan danau kedua di atas dari muara. Seperti Danau Superior, Danau Huron, dan Danau Ontario, Danau Erie ialah bagian perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada.

Sebagian besar air yang mengalir ke Danau Erie mengalir melalui sebuah sungai besar, Sungai Detroit, yang mengalir ke bawah dari Danau Huron sebelum Detroit, Michigan. Air lain mengalir ke Danau Erie dari sungai lain, termasuk sungai Maumee dan Cuyahoga. Di muara sungai Maumee ada Toledo, Ohio. Di muara sungai Cuyahoga ada Cleveland, Ohio.

Baca Juga :  Apa itu Manajemen Organisasi

danau erie

Air yang mengalir keluar Danau Erie mengalir sebelum Buffalo, New York, dan ke Sungai Niagara. Saat berjalan ke Danau Ontario, Sungai Niagara melalui Air terjun Niagara, salah satu air terjun terbesar di Amerika Utara, dan kemudian ke danau terendah dari kelima Danau Besar, Danau Ontario.


Danau Michigan

Danau Michigan ialah salah satu dari 5 Danau-danau Besar di Amerika Utara. Memiliki wilayah permukaan 22.300 mil persegi (57750 km persegi). Panjangnya 307 mil dan luasnya 118 mil. Danau Michigan ialah danau terbesar ke-5 di dunia. Dibatasi oleh negara bagian Amerika Serikat: Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Kota terbesar di Danau Michigan ialah Chicago.

danau michigan


Danau St Lawrence

Lihatlah salah satu gambar yang diambil oleh Komandan Chris Hadfield, dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. dan dia diposting ke internet pada tanggal 20 April 2013. Keterangan pada gambar, cukup singkat, “Mulut sungai St Lawrence, di mana Great Lakes dituangkan ke laut.” Sungai St Lawrence mengalir ke timur laut dari Great Lakes, melalui Ontario dan Quebec sebelum tumpah ke Atlantik utara. Ini gambar yang cantik, tapi ada sesuatu yang menarik yang akan tertangkap langsung oleh mata anda begitu melihatnya gambar ini .

danau law


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Danau Terbesari di Benua Amerika : Superior, Huron, Erie, Michigan, Stasiun Lawrence, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.