Daun Menyirip

Diposting pada

Daun Majemuk Menyirip (Pinnatus)

Sesuai dengan konsep ‘menyirip’, daun majemuk menyirip memiliki anak-anak daun yang tersusun di kiri dan kanan ibu tangkai daun (petiolus communis). Biasanya daun-daun majemuk menyirip memiliki ukuran anak daun yang kecil.

daun menyidip

Daun majemuk menyirip adalah daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan kiri ibu tangkai daun sehingga tersusun seperti sirip pada ikan. Daun majemuk menyirip dapat dibedakan beberapa macam, yaitu:


Daun Majemuk Menyirip Beranak Satu (unifoliatus)

Tanpa penyelidikan yang teliti daun ini akan disebut daun tunggal, tetapi disini tangkai daun memperlihatkan suati persendian (articulation), jadi helaian daun tidak tidak langsung terdapat pada ibu tangkai. Sesungguhnya pada daun ini juga terdapat lebih daripada satu helaian daun, hanya sajalain-lainnya telah tereduksi, sehingga tinggal satu anak daun saja. Daun yang demikian ini bias kita dapati pada berbagai jenis pohon jeruk.


Daun Majemuk Menyirip Genap (Abrupte Pinnatus)

Biasanya disini terdapat sejumlah anak daun yang berpasang-pasangan di kanan kiri ibu, oleh sebab itu jumlah ank daunnya biasanya lalu menjadi genap. Akan tetapi, mengingat bahwa pada suatu daun majemuk menyirip anak-anak daun tidak selalu berpasang-pasangan. Contoh pada daun leci dan kepulasan.


Daun Majemuk Menyirip Gasal (Imparipinnatus)

Disini juga yang menjadi pedoman adalah ada atau tidaknya satu anak daun yang menutup ujung ibu tangkainya. Ditinjau dari jumlah anak daunnya akan kita dapati bilangan yang benar-benar gasal jika anak daun berpasangan. Selain dari itu dapat pula suatu daun majemuk menyirip dibedakan lagi menurut dudukny anak-anak daun pada ibu tangkai, dan juga menurut besar kecilnya anak-anak daun yang terdapat pada satu ibu tangkai. Hingga kita dapati pula :

  1. Daun majemuk menyirip dengan anak daun yang berpasang-pasangan
  2. Menyirip berseling
  3. Menyirip berselang seling.
Baca Juga :  Pernapasan Adalah

Daun majemuk menyirip ganda dapat dibedakan menurut letak anak daun pada cabang tingkat berapa dari ibu tangkainya. Daun majemuk menyirip ganda dapat di bedakan :

  • Majemuk menyirip ganda dua (bipinnatus). jika anak daun duduk pada cabang tingkat satu dari ibu tangkai.
  • Majemuk menyirip ganda tiga (tripinnatus). jika anak-anak daun duduk pada cabang tingkat dua dari ibu tangkai.
  • Majemuk menyirip ganda empat. umumnya jarang ditemukan daun yang menyirip ganda lebih dari tiga.
  • Daun yang menyirip ganda dibedakan lagi dalam :
  • Menyirip ganda dengan sempurna. Jika tidak ada satu anak daun pun yang duduk pada ibu tangkai.
  • Menyirip ganda tidak sempurna. Jika masih ada anak daun yang duduk langsung pada ibu tangkainya.

Contoh daun yang menyirip ganda :

  • Daun majemuk menyirip genap ganda dua dengan sempurna, misalnya daun kembang merak (Caesalpinia pulcherrima Sw.) dan daun lamtoro (Leucaena glauca Benth.).
  • Daun majemuk menyirip gasal ganda dua tidak sempurna, misalnya daun kirinyu (Sambucus javanica Bl.).
  • Daun majemuk menyirip gasal rangkap tiga tidak sempurna, misalnya daun kelor (Moringo oleifera Lamk.).

Daun Majemuk Menjari (Palmatus atau Diginatus)

Daun majemuk menjari yaitu daun yang anak daunnya terbentuk memencar pada ujung ibu tangkai seperti letaknya jari-jari pada tangan. Berdasarkan jumlah anak daunnya dibedakan sebagai berikut :

Beranak daun dua (Bifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat dua anak daun, contohnya Daun nam-nam (Cynometra cauliflora L),

Beranak daun tiga (Trifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat tiga nak daun, contohnya pada pohon para (Hevea brasilliensis Muell).

Beranak daun lima (Quinquefoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat lima anak daun, contohnya adalah daun maman (Gynandropis pentaphilla D).

Beranak daun tujuh (septemfoliuolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat tujuh anak daun, contohnya adalah daun randu (Ceiba pentandra Gaertn).

Baca Juga :  Perjanjian Kalijati

Jika daun majemuk menjari mempunyai tujuh anak daun atau lebih, maka dikatakan beranak daun banyak (Polyfoliatus). Pada daun randu (Ceiba pentandra Gaertn). Daun majemuk menjari bersifat ganda, contohnya adalah Aegopodium sp.

Daun majemuk bangun kaki (pedatus), daun ini mempunyai susunan seperti daun majemuk menjari, tetapi dua anak daun yang paling pinggir tidak duduk pada ibu tangkai, melainkan pada tangkai daun lain yang disampingnya.


Daun Majemuk Campuran (Digitatopinatus)

Daun majemuk campuran adalah daun majemuk ganda yang memiliki cabang-cabang ibu tangkai memencar seperti jari dan terdapat pada ibu tangkai daun, tetapi pada cabang-cabangibu tangkai ini terdapat anak-anak daun yang tersusun menyirip. Jadi daun majemuk campuran adalah campuran susunan yang menjari dan menyirip, contohnya daun Putri Malu (Mimosa pudica L).

Jika diteliti lebih detail, daun Puteri Malu bukan merupakan daun majemuk campuran sejati, tetapi adalah daun majemuk menyirip genap ganda 2 sempurna. Hanya saja letak kedua pasang cabang ibu tangkainya sangat dekat satu sama lain, hingga seakan-akan terdapat 4 cabang tangkai pada ujung ibu tangkai daunnya.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Daun Menyirip : Majemuk, Campuran, Menjari, Genap, , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.