Flora

Diposting pada

Pengertian Flora

√Flora : Pengertian , Tahap Penyebaran, Faktor dan Persebarannya

Flora ialah semua kelompok tumbuhan yang ada dipermukaan bumi.misalnya seperti yang kamu ketahui bahwa tumbuhan yang ada di permukaan bumi mempunyai jenis dan karakter yang berbeda-beda.Tempat asal dan cara persebaran dunia tubuhan berbeda antara satu dengan yang alinnya sesuai dengan kondisi eografis di mana tumbuhan itu hidup.


Tahap Pernyebaran Flora

Ada jua jjenis tahapan penyebaran makhluk hidup di muka bumi ini yaitu penyebara mikro dan penyebaran makro


  • Penyebaran Makro

Penyebaran mikro ialah suatu penyebaran makshluk hidup dengan cara menyebar pada arel yang luas atau disebut juga dengan penyebaran secara geografis. Pertama, suatu spesies tumbuh-tumbuhan di suatu kawasan erat hubungannya dengan persyaratan hidup yang disediakan kawasan setempat bagi tumbuh-tumbuhan yang bersangkutan. Kedua, tidak ada spesies tumbuhan yang dapat menyebar secara terus menerus dan berkesinabungan, karena dalam kenyataan nya sering terjadi alam mengondisikan suatu jenis tumbuhan itu musnah digantikan oleh spesies lain.


  • Penyebaran Mikro

Penyebaran mikro ialah satu penyebaran makhluk hidup dengan caara menyebar pada lingkungan tertentu. Cara ini disebut juga dengan penyebaran ekologis.

Faktor yang mempengaruhi persebaran flora

Seperti yang dielaskan diatas, bahwa persebaran setiap jenis makhluk hidup mempunyai daya jelajah yang berbeda. Ada yang luas penyebaran itu sampai keseluruh dunia ada juga yang hanya hidup di satu tepat saja, ada beberapa pengaruhnya, diantaranya yaitu ;


Cara menyebarnya

Cara menyebar dari setiap spesies tumbuhan itu berbeda, ada yangpasif da nada yang aktif. Cara pasif ialah spesies iu menyebar denganbantuan dari tenaga lain, misalnya seperti dengan bantuan anginm air , bintang, ataumanusia. Dan cara aktif ialah makhluk hidup tersebut bergerak sendiri , baik dengan cara merayap, berenang, terbang, atau berejalan.

Baca Juga :  Fungsi Kebijakan moneter

  • Rintangan Alam

Alam berfungsi sebagai media atau sarana penghantar menyebarnya berbagai jenis spesies makhluk hidupsehingga bisa memper cepat persebarannya akan tetapi disisi lain, alam juga berperan sebagai medi peringan ata penhambat dari penyebaran satu makhluk hidup.


  • Rotasi Rintangan Alam

Lokasi rintangan alam ini artinya tempat terdapatnya rintangan dan jenis rinntangan. Jenis dan tempat rintangan itu berupa bentang alam, baik di laut, gunung, daratan dan juga di gurun.


  • Pemencaran Rata-rata Tumbuhan

Berdasarkan pendekatan ini, kecepatan rata-rata tumbuhan elakukan pergerakan itu berbeda-beda. Seperti yang dijelaskan pda poin pertama, bahwa makhluk hidup bisa melakukan gerak penyebaran degan dua cara, bergerak sendiri dan bergerak dengan media lain yang membantunya.


Tipe Persebaran Flora

Dalam dunia tumbuha-tumbuhan ada tifa jenis pola persebaran, yaitu sebagai berikut.


  • Pola Persebaran Geografis Secara Luas

Pola persebaran geografis secara luas yaitu suatu jenis atau cara persebaran yang memungkinkan satu spesies tumbuhan bisa menyebar keseluruh permukaan bumi. Dengan kata lain, suatu spesies tumbuhan yang menyebar luas disebut cosmopolitan contohnya alah rumput.


  • Pola Persebaran Diskontiun

Maksud dari persebaran secara diskontiun ialah persebaran tumbuhan yang hanya terdapat di dua atau tiga wilayah saja, tidak terdapat di kawasan lain. Terbatasnya persebaran disebabkan berbagai faktor, salah satu diantara nya adalah kondisi fisik sebagai persyaratan hidup utama tumbuhan secara alami.


  • Pola Persebaran Terbatas

Pola persebaran terbatas yaitu sebauh pola penyebaran tumbuhan yang sangat terbatas, dimana hanya satu ata dea kawasan saja termpat terdapatnya spesies tertentu. Dengan kata lain, pola penyebaran ini mungkin tergentuknya suatu spesies enemi, yaitu suatu spesiese asli dari kawasan tertentu dan tidak didapat dikawasan lain.


  • Persebaran Flora Dunia

Setelah persebaran mengenai teknis persebaran dari berbagai jenis tumbuhan khususnya dan makhluk hidup pada umumnya, sekaran kita beralih kepada jenis tumbuhan itu sendiri dan persebarannya. Dalam persebaran itu, ada dua tingkatan : pertama, persebaran dalam tingkatan universal dan kedua persebaran dalam tingaktan nparsial wilayah tertentu.

Persebaran tumbuhan dalam skala dunia dalam skala dunia, kita akan melihatnya dari sisi regionalisasi areanya saja, tidak melihat jenis tumbuhan dari masing-masing kawasan iu, tegionalisasi mayor tumbuhan dunia dibagi menjadi tuhuh kerajan diantaranya yaitu;

  1. Kerajaan utara
  2. Kerajaan paleotropik
  3. Kerajaan kawasan pasifik
  4. Kerajaan neotropik
  5. Karajaan afrika selatan
  6. Kerajaan Australia
  7. Kerajaan antartika
Baca Juga :  Contoh Kalimat Majemuk

Faktor Yang Mempengaruhi Flora

Tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu tempat ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia. Flora ataua dunia tumbuhan di berbagai tempat di dunia pasti berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut :

  1. Iklim
  2. Jenis tanah
  3. Relief atau tinggi rendah permukaan bumi
  4. Biotik (pengaruh makhluk hidup).

Adanya faktor-faktor tesebut, Indonesia memeliki keanekara- gaman jenis tumbuh-tumbuhan. Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi, misalnya: di Pulau Sumatera dan Kalimantan


Pembatas Wilayah Flora

Junghuhn telah membuat zonasi (pembatasan wilayah) tumbuh- tumbuhan di
Indonesia sebagai berikut :

  1. Daerah panas (0 – 650 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kelapa, padi, jagung, tebu, karet.
  2. Daerah sedang ( 650 – 1500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kopi, tembakau, teh, sayuran.
  3. Daerah sejuk ( 1500 – 2500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah teh, sayuran, kina, pinus.
  4. Daerah dingin (di atas 2500 meter) tidak ada tanaman budidaya
  5. Beberapa jenis flora di Indonesia yang dipengaruhi oleh iklim antara lain
    sebagai berikut :
  6. Hutan Musim, terdapat di daerah Indonesia yang memiliki suhu udara tinggi dan memiliki perbedaan kondisi tumbuhan di musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau pohonnya akan meranggas dan pada musim
    hujan akan tumbuh hijau kembali. Contoh hutan mu- sim ialah hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  7. Hutan Hujan Tropis, terdapat di daerah yang curah hujannya tinggi. Indonesia beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa sehing- ga Indonesia banyak memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan tinggi dan temperatur udara tinggi. Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
  8. Sabana, terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana beru- pa padang rumput yang diselingi pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
  9. Steppa, adalah padang rumput yang sangat luas. Stepa terdapat di daerah yang curah hujannya sangat sedikit atau rendah. Stepa terda- dapat di Nusa Tenggara Timur, baik untuk peternakan.
  10. Hutan Bakau atau Mangrove, adalah hutan yang tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau banyak terdapat di pantai Papua, Sumatera bagian timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.
Baca Juga :  Vitamin

Macam Contoh Flora


  • Bunga Melati

Bunga melati (Jasminum sambac) atau disebut juga melati putih merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tersebar mulai dari daerah Hindustan, Indochina, Malaysia, hingga ke Indonesia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu diantara tiga bunga nasional Indonesia. Melati (Jasminum sambac) merupakan tanaman perdu, berbatang tegak merayap, hidup menahun.

bunga melati


  • Angrek

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan tanaman anggreknya, Imdonesia mempunyai lebih dari 6.000 jenis anggrek dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan spesies anggrek terbanyak dan terlengkap di dunia. Tidak hanya itu jenis anggrek di Indonesia juga merupakan jenis anggrek terindah dan terlangka didunia.


  • Bunga Bangkai

Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dariSumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m.

bunga bangkai

demikianlaha artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Flora : Pengertian, Tahap Penyebaran, Tipe, Faktor Yang Mempengaruhi, Pembatasan Wilayah Beserta Macam Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.