Fungsi Ginjal

Diposting pada

Pengertian Ginjal

fungsi ginjal

Ginjal merupakan bagian dari salah satu fungsis system ekresi manusia. Manusia mempunyai sepasang ginjal. Panjang ginjal sekitar 10 cm dengan ukuran berat sekitar 200 gram. Sebagai alat ekresi, ginlah mengeluarkan sissa penyaringan darah yang berpa urine. Berikut ini ialah beberapa fungsi ginjal manusia


Kelainan Ginjal


  • Ektiopia

Merupakan kelainan yang terjadi dimana ginjal tidak terletak pada tempat yang seharusnya.


  • Malrotasi

Merupakan kelainan dimana ginjal berada dalam posisi yang salah


  • Horseshoe

Merupakan kelainan yang terjadi pada ginjal dimana kedua ginjal bersatu. Pada horseshoe, ginjal menyatu pada bagian bawahnya sehingga bentuknya menyerupai tapal kuda. Kelainan ini tidak menimbulkan gejala atau masalah dan seringkali tidak terdeteksi. Pada beberapa kasus, ginjal tapal kuda bisa menyebabkan gangguan pada pengaliran air kemih ke dalam ureter. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya resiko infeksi ginjal dan kerusakan fungsi ginjal. Jika timbul gangguan, maka keadaan ini bisa diperbaiki melalui pembedahan.


  • Ginjal Agnesis

Merupakan ginjal yang terjadi karena tidak terbentuk. Hal ini dikarenakan bawaan di lahir.


  • Sindroma Potter

Pada sindroma Potter, kelainan yang utama adalah gagal ginjal bawaan, baik karena kegagalan pembentukan ginjal (agenesis ginjal bilateral) maupun karena penyakit lain pada ginjal yang menyebabkan ginjal gagal berfungsi. Dalam keadaan normal, ginjal membentuk cairan ketuban (sebagai air kemih) dan tidak adanya cairan ketuban menyebabkan gambaran yang khas dari sindroma Potter


Fungsi Ginjal


  1. Menyaring Darah

Konsumsi makanan yang telah kita makan setiap hari sebagai penghasil energy setelah memlaltu tahap proses pencernaan pastilah akan menghasilkan banyak zat sisa dan limbah juga racun atau toksi. Zat-zat tersebutlah yang akan dikeluarkan oleh ginjal karena apabila tidak dikeluarkan maka akan sangan berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga :  Alat Sistem Ekskresi Pada Manusia

Nofron ialah salah satu bagian dari ginjal yang menjalankan fungsi ini. Jika seseorang tidak mempunyai ginjal, maka orang tersebut akan mati karena ubuhnya teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri.


  1. Membentuk Urine

Urine ialah hasil ekskresi dari penyaringan ginjal. Urine mengandung zat-zat yang sudah tidak diperlukan bagi tubuh / yang kadarnya melebihi batas normal. Kandunga utama urine ini ialah air, urea dan juga ammonia. Dan terdapat juga proses pembuatan urine yaitu filtrasi, reobsorbsi, dan juga augmentasi.


  1. Menjaga Keseimbangan Air Dalam Tubuh

Ginjal setiap hari mengeluarkan sekitar dua liter air dari dalam tubuh manusia. Sebagian air di keluarkan agar tidak terjadi kelebihan air didalam darah. Apabila kelebihan, maka darah akan mengencer dan juga sangat berbahaya bagi tubuh.

Tubuh akan menjaga keseimbangan air dengan mempertahankan tekanan osmotic okstraseluler. Jika tekanan tersebut berlebihan maka akan dikeluarkan dari tubuh salah satu nya ialah memlalui ginjal.


  1. Mempertahankan Keseimbangan Kadar Asam dan Juga Basa

Ginjal berfungsi guna mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh yaitu dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau bas melalui urine


  1. Mengetur Kadar Kalium Dalam Darah

Kalium atau potasiom merupakan mineral yang berfungsi untuk mempuat semua sel, jaringa, dan juga organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik.kalium sangatlah penting bagi tubuh, namun apabila kadarnya terlalu berlebihan maka akan terjadi hiperkelemia yang bisa menyebabkan otot jantung berhenti berdetak.


  1. Mengekresikan Zat-zat Yang Merugikan Bagi Tubuh

Ginjal akan mengekresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, creatin, aminiak, bakteri, garam anorganik dan obat-obatan. Apabila zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang bisa membahayakan kesetan di dalam tubuh kita.


  1. Memproses Ulang Zat

Ginjal akan mengembalikan kembali zat yang masih berguna bagi tubuh kita kembali menuju darah. Zat tersebu berupa glukosa garam, glukosa, air dan juga sam amino. Proses pengembalian zat yang masih berguna kedalam darah disebut reabsorbsi.

Baca Juga :  Mind Map Adalah

  1. Mengeatur Volume Cairan Dalam Darah

Ginjal ini bisa mengontrol jumlah cairan darah yang dipertahankan agar tetap seimbang didalam tubuh kita. Tanpa adanya control dari ginjal makan tubuh kita akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya.


  1. Mengatur Keseimbangan Kandungan Kimia Dalam Darah

Salah satu contohnya ialah mengatur kadar garam dalam darah kita


  1. Mengendalikan Kadar Dula Dalam Darah

Ginjal sangatlah penting bagi kehiudpan karena mengatur kelebihan akau kekurangan gula dalam darah dengan menggunakan kormon insulin dan adrenalin. Ini penting untuk menghindarai diabetes. Insulin berfungsi sebagai hormone penurun kadar gula dalam darah apabila kadar gula di dalam darah tidak mencupupi lagi.


  1. Penghasil Zat dan Juga Hormone

Ginajal adalah penghasil zat atau hormon tertentu seperti eritropoetin, kalsitriol dan juga renin.hormon yang di hasilkan oleh ginjal ialah jormon eritroprotein / yang disingkat juga dengan EPO berfungsi guna merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.


  1. Menjaga Tekanan Osmosis

Ginjal juga dapat menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam didalam tubuh kita.


  1. Menjaga PH Darah

Ginjal juga dapat berfungsi sebgai penjaga kadar ph darah agar tidak terlalu asam. Ginjal dapat mempertahankan plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hydronium dan hidroksil, maka akibatnya, urin yang dihasilkan bisa bersifat asam pada ph 5 atau alkalis pada ph 8.


Gejala Umum Penyakit Ginjal


  • Perubahan Kencing

Gejala penyakit ginjal ini bekaitan dengan fungsi ginjal sebagai organ ekskresi urin, jadi ketika kita menderita gagal ginjal maka urin bisa berubah. Orang berpenyakit ginjal ini mungkin harus bangun dimalam hari untuk buang air kecil. Urine bisa berbusa atau menggelembung, dimana terkadang urine tersebut banyak atau sedikit. Dan biasanya urine tersebut tidak berwarna normal seperti biasa. Sedangkan untuk penderita batu ginjal, penderita akan sulit untuk buang air kecil.


  • Pembekakan

Pada penderita gagal ginjal disini ginjal tidak mengeluarkan cairan atau ampas yang menumpuk dalam tubuh kita. Sehingga mengakibatkan penumpukan dan membengkak di kaki, pegelangan kaki, wajah atau bagian lainnya.

Baca Juga :  Apa itu Modal Ventura

  • Kelelahan

Ginjal sehat selalu membuat erythropoetin dimana hormon ini akan memberitahu tubuh untuk membuat pembawa okigen sel darah merah. Jika gagal ginjal, erythropoetin lebih sedikit. Dengan sedikitnya sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi lelah dengan sangat cepat. Dan kondisi ini disebut anemia.


  • Sakit/ Nyeri Punggung

Beberapa penderita penyakit ginjal akan merasakan masalah sakit yang mungkin akan terasa pada bagian belakang atau samping terkait ginjal yang terkena tersebut.

Gejala penyakit ginjal lainnya meliputi gatal pada kulit, sesak nafas dan merasa dingin serta merasa pusing.


Struktur Ginjal

Setiap ginjal terbungkus oleh selaput tipis yang disebut kapsula fibrosa, terdapat cortex renalis di bagian luar, yang berwarna cokelat gelap, dan medulla renalis di bagian dalam yang berwarna cokelat lebih terang dibandingkan cortex. Bagian medulla berbentuk kerucut yang disebut pyramides renalis, puncak kerucut tadi menghadap kaliks yang terdiri dari lubang-lubang kecil disebut papilla renalis.

Hilum adalah pinggir medial ginjal berbentuk konkaf sebagai pintu masuknya pembuluh darah, pembuluh limfe, ureter dan nervus.. Pelvis renalis berbentuk corong yang menerima urin yang diproduksi ginjal. Terbagi menjadi dua atau tiga calices renalis majores yang masing-masing akan bercabang menjadi dua atau tiga calices renalis minores.


Letak Ginjal

Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa.


Ukuran Normal Ginjal USG

Besar sampel minimal adalah 54 pasien. Variabel tergantung adalah Laju filtrasi glomerulus (GFR) yang dihitung berdasar rumus Schwartz. Variabel bebas adalah hasil pemeriksaan USG ginjal yang meliputi: 1. ukuran ginjal, pada dewasa: panjang 95-110 mm, lebar 50-60 mm


Gambar Ginjal Asli

gambar ginjal


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Fungsi Ginjal : Kelainan, Fungsi, Gejala Umum, Struktur, Letak, Ukuran Normal Beserta Gambar Aslinya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semuanya.