Fungsi Rangka

Diposting pada

Pengertian Rangka

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasanya rangka manusia terletak di dalam tubuh. Adapun pengertian rangka secara umum ialah rangkaian tulang yang saling berhubungan secara teratur dan membentuk tubuh manusia. bisa dikatakan sebuah rangka jika terhubung satu dengan yang lainnya ialah karena adanya peran sendi yang digerakkan oleh mekanisme kerja otot. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahawasanya ranak tubuh biasanya disebut dengan endoskeleton, yaitu rangka yang terdapat dalam tubuh manusia dan juga dibungkus oleh daging atau otot.

Fungsi Rangka

Ranga tersebut saling bekerja sama yang membentuk sebuah sistem rangka. Sistem rangka itu sendiri ialah satu kesatuan yang memberikan dukungan berupa dukungan fisik yang disusun oleh sejumlah tulang. Sistem rangak itu sendiri terdiri atas tiga bagian, yaitu tipe eksternal, internal dan juga basic cairan ( rangak hidrostatik ).


Fungsi Rangka

Adapun fungsi rangka dalam tubuh manusia sangatlah mempunyai fungsi yang sangat vital dan penting. Secara garis besar, rangka tersebut berfungsi untuk menegakkan tubuh. Akan tetapi bukan hanya itu saja sobat, masih banyak lagi fungsi – fungsi rangka dalam tubuh manusia. Berikut ialah ulasannya secara lengkap untuk anda :


  • Menegakkan Tubuh Dan Memberikan Bentuk Tubuh

Misalnya susunan tulang manusia, seperti tulang belakang dan juga tulang kaki berfungsi menegakkan tubuh dan tulang –  tulang tengkorak, dan juga bagian depan berfungsi sebagai menentukan bentuk wajar.

Baca Juga :  Ciri Amfibi

  • Pelindung Alat – Alat Tubuh Yang Penting Dan Lunak

Misalnya, tulang – tulang penyusun rongga dada yang berfungsi untuk melindungai jantung dan juga paru –  paru serta tulang –  tulang tengkorak yang berfungsi untuk melindungi kepala dan juga bola mata.


  • Tempat Melekatkan Otot – Otot

Perlu anda ketahui , bahwasanya tanpa adanya rangka, maka otot – otot rangka tidak akan memiliki tempat untuk melekat. Misalnya saja, otot bisep yang terletak pada lengan, ujung atsanya melekat pada tulang belkat dan juga tulang lengan atas, sedangkan ujung bawahnya melekat pada tulang pengumpil.


  • Tempat Pembuatan Sel – Sel Darah Merah

Rangka pada tubuh manusia juga berperan sebagai tempat pembentukan komponen darah misalnya seperti halnya sel – sel darah merah dan juga sel darah putih. Pembentukan sel seperti ini terdapat pada tulag pipa dan juga tulang paha yang ada dalam tubuh manusia.


  • Tempat Sum – Sum Kuning

Fungsi rangka dalam tubuh manusia yang lainnya ialah sebagai tempat pembentukan sum –  sum kuning yang mengandung sel lemak, yang biasanya ini terdapat pada tulang pipa paha.


  • Sebagai alat Gerak

Yang tidak kalah penting dari kesemua fungsi rangka tersebut ialah sebagai alat gerak. Manusia tidak akan dapat bergerak dan bebas melakukan aktiviatsnya tanpa adanya rangka ini.


Susunan Rangka Pada Manusia

Kerangka tubuh manusia terdiri dari susunan berbagai macam tulang yang satu sama lainnya saling berhubungan, terdiri dari:

  1. Tulang kepala: 8 buah
  2. Tulang kerangka dada: 25 buah
  3. Tulang wajah: 14 buah
  4. Tulang belakang dan pinggul: 26 buah
  5. Tulang telinga dalam: 6 buah
  6. Tulang anggota gerak atas: 64 buah
  7. Tulang anggota gerak bawah: 62 buah
Baca Juga :  Ringkasan

Bagian-bagian yang sering terdapat pada tulang:

  1. Foramen; suatu lubang tempat pembuluh darah, saraf dan ligamentum.
  2. Fosa; suatu lekukan di dallm atau permukaan tulang.
  3. Prosesus; suatu tonjolan atau taju.
  4. Kondilus taju yang bentuknya bundar merupakan benjolan.
  5. Tuberkulum; tonjolan kecil.
  6. Tuberositas; tonjolan besar
  7. Trokanter; tonjolan besar, pada umumnya ini pada tulang paha (femur)
  8. Krista pinggir atau tepi tulang
  9. Spina tonjolan tulang yang bentuknya agak runcing.
  10. Kaput: kepala tulang
  11. Kollum; leher tulang
  12. Korpus; badan tulang

Bentuk dan Struktur Tulang

Tulang terdiri dari sel-sel hidup yang mendapatkan makanan dari pembuluh darah. Hal ini menyebabkan tulang dapat terus tumbuh sampai mencapai ketinggian yang maksimal. Dan memungkinkan juga untuk diperbaiki apabila rusak atau patah.

Beberapa tulang berisi substansi yang disebut sumsum tulang, di dalam sumsum inilah sel darah merah dan sel darah putih dibentuk. Selain itu, mineral, fosfor dan kalsium juga disimpan dalam tulang dan dapat diambil apabila tubuh memerlukannya.


  • Bentuk Tulang

Tulang mulai berkembang dalam janin selama minggu pertama masa kehamilan. Pada awalnya, sebagian besar tulang merupakan tulang rawan. Ketika bayi tumbuh, tulang rawan secara berangsur-angsur diganti dengan jaringan ikat yang mengeras dan akhirnya menjadi tulang. Proses yang disebut osifikasi  ini terus berkembang sampai kira-kira umur 20 tahun. Tengkorak dan tulang rahang tidak berkembang dari tulang rawan, tetapi dari osifikasi jaringan lunak.


  • Struktur Tulang

Bagian terluar dari tulang diliputi oleh periosteum, yaitu lapisan jaringan pengikat yang kuat. Periosteum merupakan tempat melekatnya otot dan mengandung banyak pembuluh darah yang memberikan makanan bagi tulang. Jaringan tersebut menyelubungi semua permukaan tulang, kecuali pada bagian tulang rawan yang mengubungkan tulang dengan sendi.

Baca Juga :  Legenda Gunung Merapi

Di bawah periosteum terdapat lapisan jaringan padat disebut tulang kompak. Irisan jaringan ini jika kita amati di bawah mikroskop, akan terlihat banyak kelompok yang terdiri dari lingkaran-lingkaran yang berlapis-lapis. Tiap lapisan-lapisan lingkaran itu mengeliling suatu saluran kecil yang disebut saluran Havers. Saluran ini berisi pembuluh darah dan saraf.

Sel-sel tulang (osteosit) melekat dalam kerangka keras yang berupa lingkaran-lingkaran tersebut. Lingkaran tersebut terbuat dari serat kolagen dan di perkuat oleh mineral yang mengandung kalsium karbonat dan kalsium fosfat. Di sebelah dalam dari tulang kompak terdapat lapisan jaringan tulang spons. Pada tulang spons ini terdapat garis tulang (trabecula) yang tersusun untuk menahan berat dan tekanan.


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Sistem Rangka Pada Manusia : Pengertian, Fungsi, Susunan, Bentuk, Strukturnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya