Gagasan Pokok Adalah

Diposting pada

Pengertian Gagasan Pokok

Gagasan Pokok adalah pernyataan yang menjadi inti dari suatu pembahasan. Biasanya gagasan pokok terletak pada kalimat utama yang ada pada awal dan simpulan paragraf. Tapi ada juga paragraf yang gagasan pokoknya terletak di awal dan di simpulan sekaligus.

Gagasan Pokok atau Ide pokok atau pokok pikiran yakni inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat. Gagasan pokok juga sanggup berarti hal yang mau disampaikan oleh penulis. Kalimat yang terkandung gagasan pokok disebut dengan kalimat utama atau kalimat topik.

Pengertian-Gagasan-Pokok

Gagasan pokok sanggup ada di awal kalimat (deduktif), di simpulan kalimat (induktif), dan di awal dan di simpulan kalimat ( deduktif-induktif). Gagasan pokok juga ada yang terletak di tengah paragraf, paragraf ini adalah jenis paragraf deskripsi.


Ciri – ciri Gagasan Pokok.

  • – Mengandung topik permasalahan yang pandai dijabarkan lebih lanjut.
  • – Biasanya berupa suatu kalimat lengkap yang pandai bangun sendiri.
  • – Mempunyai arti yang terang tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
  • – Dibentuk tanpa kata sambung maupun transisi.
  • – Pada paragraf induktif, gagasan pokok ditandai dengan kata-kata kunci diberikut ini : sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh lantaran itu, Jadi, Oleh lantaran itu, melalu atau bersamaini demikian dll.

Cara Menemukan Gagasan Pokok


  1. Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami juga apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks itu secara keseluruhan, jawabanlah pertanyaan diberikut apa yang sedang dibahas pada teks itu? Jawaban dari pertanyaan itulah yang menjadi topik utamanya.

Baca Juga :  Apa itu Sistem Imun

  1. Temukan kalimat utamanya

Cara yang kedua yaitu menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang sudah kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan pokok. Sementara kalimat penjelas yakni kalimat khusus yang mendukung kalimat utama itu. Oleh lantaran itu, untuk menemukan kalimat utama yakni dengan melihat kalimat utama yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam suatu teks.

Bacalah teks itu dengan cermat, dengan begitu kita sanggup memilih manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf tersebut. Supaya sanggup menemukan kalimat utama dengan gampang, berikut ini yakni ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf :

Setelah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat itu dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, lalu simpulkanlah gagasan – gagasan utamanya.


Letak Gagasan Pokok


  1. Contoh Gagasan Pokok di Awal Paragraf

Orang yang akan pensiun tak perlu stres. Pensiun artinya tidak bekerja, namun mendapat gaji. Dengan tak berdinas lagi berarti mereka tidak mempunyai baeban pikiran pada pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Jika waktu luang itu dapat dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tak akan terkena stres.

Gagasan pokok paragraf tersebut ialah “tidak perlu stres menghadapi pensiun”. Gagasan pokok ada pada kalimat utama “Orang yang akan pensiun tidak perlu stres” . Hal tersebut diperkuat dengan adanya kalimat penjelas di kalimat terakhir yang berbunyi;”……tentu orang tak akan terkena stres”


  1. Contoh Gagasan Pokok di Akhir Paragraf

Seorang muslim telah sewajarnya untuk rajin beribadah dan berdo’a. Setiap hari, lantunan kata indah mesti dipanjatkan kehadirat-Nya. Dia yakin dengan berdo’a semua harapannya akan tercapai dan kesulitanpun akan dengan mudahnya bisa diselesaikan. Karena untuk seorang muslim do’a adalah senjata paling ampuh.

Baca Juga :  Pengertian Fermentasi

Gagasan pokok pada paragraf diatas adalah “kedudukan do’a bagi seorang muslim”. Gagasan pokok ada pada kalimat utama “Karena untuk seorang muslim do’a adalah senjata paling ampuh”.


  1. Contoh Gagasan Pokok di Awal dan Akhir Paragraf

Hari ini keluarga kami sangat bahagia. Di hari ini hari dimana anton wisuda. Kakak sulungku itu terlihat rapih duduk di barisan pertama. Berjejer rapi bersama para mahasiswa lain dengan pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi yang menurutku sangat aneh.Dari tadi ku perhatikan kedua bibir ayah dan ibuku tak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali mengumbar senyum.Hari tersebut tampak begitu spesial untuk kami.

Gagasan pokok paragraf tersebut terletak di awal dan akhir paragraf. Yakni pada kalimat utama “Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia” dan “Hari ini tampak terlihat spesial bagi kami.


Membedakan Gagasan Pokok dan Kalimat Pokok

Untuk dapat membedakan antara ide pokok dan kalimat utama yang pertama kita harus mengetahui pengertian atau maksud dari ide pokok dan kalimat utama terlebih dahulu.

Di mana kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan pokok dan diperjelas oleh kalimat kalimat lain dalam suatu paragraf. Sedangkan ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Selain itu, ide pokok merupakan bagian dari kalimat utama yang menjadi inti dari sebuah bacaan. Kalimat utama biasanya terletak di awal (deduktif), di akhir (induktif), ataupun di awal dan di akhir (deduktif induktif) atau kalimat campuran.

Selanjutnya kita juga harus mengetahui contoh-contoh dari ide pokok dan kalimat utama. Contoh ide pokok dan kalimat utama sebagai berikut.

Contoh Ide Pokok dan Kalimat Utama dalam sebuah paragraf

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari  darat contohnya hasil hutan. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari laut contohnya ikan, rumput laut, dan mutiara. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi contohnya minyak, batu bara, emas, timah, nikel dan sebagainya.

Baca Juga :  Meristem Apikal

Kalimat Utama : Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah

Ide Pokok : kekayaan alam Indonesia sangat melimpah.

Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah kalimat pertama yaitu Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Karena kalimat tersebut masih merupakan pernyataan umum. Sedangkan ide pokok paragraf tersebut adalah kekayaan alam Indonesia sangat melimpah.


Cara Menemukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf

Cara untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf adalah sebagai berikut :


  1. Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawablah pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.


  1. Temukan kalimat utamanya

Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Setelah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat tersebut dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, kemudian simpulkanlah gagasan-gagasan utamanya.

Gagasan pokok setiap wacana bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Paragraf yang baik biasanya memuat satu pokok pikiran yang terdapat pada kalimat utama, kemudian dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas dalam kalimat penjelas.


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Gagasan Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Cara Menemukan, Letak, Membedakan, Cara Menemukan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda smeuanya.