Pangaruh Letak Geologis Indoensia

Diposting pada

Pengertian Letak Geologis Indonesia

Dimanakah letak geologis Indonesia? Letak geologis suatu negara merupakan letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang menyusun wilayah tersebut. Artinya pengertian letak geologis adalah letak suatu negara dilihat dari keadaan batu-batuan yang terdapat dalam tubuh bumi wilayah tersebut.

Bagaimana dengan letak Indonesia secara geologis? Secara geologis Indonesia berada di antara rangkaian pegunungan besar, berada di antara beberapa daerah dangkalan serta menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia. Berikut letak geologis Indonesia lebih jelasnya.

  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar di dunia yaitu rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
  • Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng lithosfer yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan yaitu dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.

Kondisi geologis Indonesia yang memiliki banyak gunung api ini memiliki dampak positif maupun negatif. Selain menyebabkan tanah di Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, hal ini juga menyebabkan sering terjadi bencana alam yang disebakan peristiwa vulkanik.

letak geologis indonesia


Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Wilayah Indonesia yang berada di antara rangkaian pegunungan besar, berada di antara beberapa daerah dangkalan serta menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia ini menyebabkan beberapa pengaruh. Tentu pengaruh yang ditimbulkan bisa berupa keuntungan atau kerugian. Apa saja akibat letak geologis Indonesia? Berikut merupakan pengaruh letak geologis Indonesia selengkapnya.

  1. Wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif terutama di wilayah Indonesia bagian barat dikarenakan wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania.
  2. Indonesia menjadi negara rawan gempa bumi, tsunami dan gunung berapi karena letak tektonik wilayah Indonesia di antara pertemuan tiga lempeng lithosfer.
  3. Indonesia memiliki kesuburan tanah yang bagus untuk pertanian dan perkebunan karena aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik.
  4. Terdapat banyak sumber daya alam berupa tambang dan mineral yang ada di wilayah Indonesia karena adanya cekungan sedimen akibat aktifitas tektonik di wilayah Indonesia.
  5. Laut di Indonesia barat memiliki kedalaman laut dalam, sedangkan wilayah Indonesia tengah dan timur terdiri dari lautan dengan kedalaman yang dangkal karena kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
  6. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati (flora dan fauna) yang tinggi karena wilayah Indonesia di antara tiga wilayah dangkalan.
  7. Pegunungan yang ada di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda dari sirkum Mediterania dan rangkaian sirkum Pasifik.
  8. Sering muncul gunung api di tengah-tengah laut terutama di wilayah Indonesia bagian barat yang dilalui oleh rangkaian sirkum Mediterania.
Baca Juga :  Fungsi Sawah

Dapat disimpulkan bahwa letak suatu wilayah berpengaruh terhadap sumber daya yang didapat di negara tersebut. Letak geologi Indonesia menyebabkan banyaknya sumber daya alam yang ada di Indonesia mulai dari mineral ragam flora fauna. Meski begitu kerugian letak geologis Indonesia adalah negara ini menjadi rawan bencana, baik gempa bumi atau tsunami.


Keuntungan Letak Geologis Indonesia

  • Memiliki Banyak dataran tinggi dan pegunungan
  • Tanah yang subur akibat banyaknya gunung berapi
  • Keanekaragaman flora dan juga fauna
  • Keberagaman hasil sumber daya mineral
  • Keanekaragaman laut yang melimpah

Keuntungan Letak Geografis Indonesia 

  • Sebagai jalur perdagangan Internasional
  • Penambah devisa negara
  • Sebagai destinasi pariwisata utama
  • Perkembangan pariwisata yang pesat
  • Sebagai pusat perekonomian diantara dua benua dan dua samudra

Kerugian Letak Geografis Indonesia

  • Persaingan global
  • Eksplorasi besar-besaran
  • Adanya pasar gelap (pasar ilegal)
  • Semakin padatnya lalu lintas karena jumlah imigran
  • Semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan luar negeri
  • Tersingkirnya alat transportasi tradisional

Kerugian Atau Kelemahan Letak Astronomis Indonesia

  • Dapat membuat Indonesia sebagai jalur lalu lintas kriminalitas internasional seperti lalu lintas perdagangan narkoba & perdagangan anak.
  • Kontrol / pengawasan pemerintah pusat dg daerah sulit terjadi. Masih banyak pula wilayah terpencil yg belum terjamah sarana pendidikan, kesehatan, dll akibat wilayah Indonesia yg luas & terdiri dari banyak pulau.
  • Letak hutan yg jauh dari pemantauan pemerintah karena letak Indonesia yg berjauhan & berpulau – pulau membuat aksi kejahatan terhadap hutan seperti pembakaran, pencurian kayu, pembukaan hutan yg tak terstruktur marak terjadi & sulit dikendalikan.
  • Banyak bencana alam gunung meletus & longsor.
  • Budaya malas karena terbuai dg kondisi alam yg menguntungkan

Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

  • Kawasan Indonesia yg terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia kaya akan budaya, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dll. Selain itu juga, akan timbul banyak bentukan alam seperti danau, gunung api, pantai, dll.
  • Laut yg luas & garis pantai yg panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, karang serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan negara.
  • Letaknya yg berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman & berbagai jenis hewan.
  • Tanah Indonesia yg subur membuat Indonesia menghasilkan banyak hasil pertanian.
  • Wilayah hutan yg masih cukup luas menjadikan hutan Indonesia sebagai paru paru dunia.
Baca Juga :  Musim

Letak Geologis Indonesia

Letak geologis adalah letak suatu wilayah melihat keadaan geologinya. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dikategorikan menjadi 3 daerah, yaitu :

  1.  Daerah dangkalan Sunda
  2. Daerah dangkalan Sahul
  3. Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul

Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan peralihan yang disebut daerah Wallace. Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda. Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.
Akibat dari letak geologis Indonesia tersebut adalah:

  1. Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif.
  2. Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya dalam.
  3. Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral
  4. Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik
  5. Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pangaruh Letak Geologis Indoensia : Pengertian, Keuntungan, Dampak, Gambar, semoga artikel ini bemranfaat bagi anda semuanya.