Gerak Parabola

Diposting pada

Pengertian Gerak Parabola

Gerak Parabola (Perpaduan GLB dan GLBB) Gerak parabola adalah gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada gerak parabola,gesekannya diabaikan,dan gaya yang bekerja hanya gaya berat atau percepatan gravitasinya saja. Gerak yang lintasannya berbentuk parabola disebut gerak parabola. Contoh umum gerak parabola adalah gerak benda yang dilempar ke atas membentuk sudut tertentu terhadap permukaan tanah. Gerak parabola dapat dipandang dalam dua arah, yaitu arah vertikal (sumbu-y) yang merupakan gerak lurus berubah beraturan (GLBB), dan arah horizontal (sumbu-x) yang merupakan gerak lurus beraturan (GLB).

Fungsi gerak parabola Fungsi dari gerak parabola cukup banyak pertama fungsi dari gerak parabola misalnya dalam kemiliteran yaitu pada saat menembakan rudal maupun mortir yaitu membantu rudal untuk bisa mencapai tempat lawan dengan gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dari ketinggian tertentu dengan sudut tetap terhadap garis horisontal sehingga dapat mencapai tempat tertentu dan menembakan ke arah yang benar atau mencapai tempat yang diinginkan rudal ataupun mortir tersebut.


Jenis Gerak Parabola

  1. Gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dengan sudut teta terhadap garis horisontal, sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak gerakan benda yang berbentuk demikian.diantarany gerak bola basket yang dilemparkan secara vertikal, gerakan bola tenis, gerakan bola volly, gerakan lompat jauh dan gerakan peluru yang ditembakan dari permukaan bumi menuju titik tertentu.
  2. Gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal pada ketinggian tertentu dengan arah sejajar horisontal, sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Beberapa contoh gerakan jenis ini yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, meliputi gerakan bom yang dijatuhkan dari pesawat atau benda yang dilemparkan ke bawah dari ketinggian tertentu.
  1. Gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dari ketinggian tertentu dengan sudut teta terhadap garis horisontal.
Baca Juga :  Apa Itu Pangsa Pasar

Persamaan Khusus Gerak Parabola


  • Waktu Untuk Mencapai Titik Tertinggi

Pada saat benda melakukan gerak parabola sampai mencapai titik tertinggi, kecepatan benda pada komponen vertikal (sumbu-y) vy = 0

gerak parabola


  • Tinggi Maksimum (H)

Tinggi maksimum benda yang melakukan gerak parabola dapat ditentukan dari penurunan persamaan di atas


  • Komponen Gerak Pada Sumbu (Y)

karena dipengaruhi percepatan grafitasi maka kecepatan pada arah ini akan selalu berubah.


Analisis Gerak Parabola Pada Lempar Lembing

Lempar lembing termasuk salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik, prestasi yang diukur adalah hasil lemparan sejauh mungkin. Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh atlet lempar lembing yaitu : cara memegang lembing, cara membawa lembing, lempar lembing tanpa awalan, dan lempar lembing dengan awalan. Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m.

Hubungan gerak lembing dengan gerak parabola adalah pergerakan dari lembing yang dilempar atlit untuk mencapai jarak terjauh. Gerak parabola harus dilakukan atlit terhadap lembing. Karena sesuai syarat sahnya lemparan, ujung lembing harus pertama menyentuh tanah, tidak sah jika bagian lembing yang pertama menyentuh tanah adalah bagian lembing selain ujung lembing. Oleh karena itu, dibutuhkan gerak parabola untuk melempar lembing sehingga ujung lembing pertama penyentuh tanah, dan mencapai jarak terjauh.


Gambar Gerak Parabola

gambar gerak parabola


Macam-Macam Gerak Parabola


  • Pertama

gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dengan sudut teta terhadap garis horisontal, sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak gerakan benda yang berbentuk demikian. Beberapa di antaranya adalah gerakan bola yang ditendang oleh pemain sepak bola, gerakan bola basket yang dilemparkan ke ke dalam keranjang, gerakan bola tenis, gerakan bola volly, gerakan lompat jauh dan gerakan peluru atau rudal yang ditembakan dari permukaan bumi.

Baca Juga :  Indonesia

  • Kedua

gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal pada ketinggian tertentu dengan arah sejajar horisontal, sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Beberapa contoh gerakan jenis ini yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, meliputi gerakan bom yang dijatuhkan dari pesawat atau benda yang dilemparkan ke bawah dari ketinggian tertentu


  • Ketiga

gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dari ketinggian tertentu dengan sudut teta terhadap garis horisontal, sebagaimana tampak pada gambar di bawah.


Contoh Soal Gerak Parabola

Dapat kita amati banyak sekali contoh gerak parabola di sekitar kita. Ketika suatu bola ditendang dan bola tersebut dipengaruhi oleh gaya gravitasi maka muncul gerak parabola. Contoh lainnya ialah seperti gerak pada proyektil peluru, mortir dari meriam, dan gerak pada saat lompat jauh.

Besaran gerak parabola

besaran gerak parabola

rumus

rumus

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Gerak Parabola : Contoh Soal, Ciri, Pengertian, Rumus, Jenis, Persamaan Khusus, Analisis, Gambar, Macam, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.