Gurun Terluas Di Asia

Diposting pada

Pengertian Gurun

Dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit – kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara seksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh.

gurun terluas di dunia

Dalamm arti kamus besar bahasa indonesia gurun adalah padang luas yg tandus; padang pasir. gurun pasir adalah dataran luas mengitari bukit dan padang batu yg terdiri atas pasi, sedangkan  gurun tandus adalah gurun yg tidak ditumbuhi tumbuh-tumbuhan sedikit pun. Gurun adalah suatu daerah dimana curah hujannya sangat kecil yaitu kurang dari 250mm/tahun, sifat udaranya kering dan hampir tidak ada tumbuh-tumbuhan yang hidup.

Gurun disebut juga daratan kering, karena klasifikasi gurun berdasarkan tingkat kekeringan di suatu wilayah. Hampir seperempat permukaan bumi daratan merupakan daerah gurun dengan temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari.  Gurun-gurun yang terbesar di dunia antara lain : Gurun Sahara di Afrika Utara, Gurun Sonora di Amerika dan Gurun Kalahari di Afrika Tengah.


Gurun Terluar Di Dunia


  • Arabian Desert (Luas 2,3 juta km)

Gurun Arabian ini merupakan gurun pasir terbesar di dunia. Dengan besar sekitar 2,3 juta kilo meter persegi atau setara degan 900 ribu mil. Gurun ini sudah termasuk degan an Nafuud dan Rub al khail, yang memiliki iklim sub tropis ini terletak di Asia barat, sekitar Negara Iraq, Jordania, Quwait, Oman, Saudi Arabia, United Arab Emirates serta Yaman.


  • Turkestan Desert ( Luas : 1,9 Juta km)

Gurun Turkestan merupakan gurun terluas di dunia. Gurun ini sebenarnya kombinasi dari gurun luas lainnya yakni antara gurun Karakum yang letaknya berada di asia tengah lalu membentang sampai dengan gurun Kyzyl kum di Negara Kazakhstan dan Uzbekiztan. Letaknya yang panjang ini dari Asia Tengah, sampai membentang ke Negara Turki, Kazakhstan, dan Uzbekiztan . Suhu di kawasan ini sangat panas hingga mencapai diatas 50 derajat celcius sehingga tanaman yang tumbuh di wilayah gurun ini sering tidak hidup karena cuaca panas yang tinggi.

Baca Juga :  Ciri Bioma Gurun

  • Gobi Desert (Luas : 1,3 Juta km)

Gurun gobi sendiri memiliki sebutan lain di negara dan tempat lain, misalnya untuk bahasa piyin menyebutnya Gēbì atau (Shāmò), sedangkan untuk bahasa Mongolia di kenal dengan sebutan Говь [Gowi]) yakni merupakan suatu sebutan untuk kawasan yang terdiri atas pasir dan gurun.


  • Syrian Desert (Luas : 520 Ribu km)

Gurun Syirian merupakan salah satu gurun yang terletak di semenanjung Arabia. Namanya juga di kenal dengan sebutan Siro Arab, sebab gurun ini merupakan suatu kombinasi dari padang dan gurun yang sejati. Gurun ini pula lah yang menjadi salah satu bagian dari Al Hammad, lingkupannya melalang buana dari bagian Negara Suriah, Irak, Saudi Arabia dan Yordania.


  • Taklamakan Desert (Luas : 480 Ribu km)

Gurun Taklamakan merupakan gurun salah satu gurun yang terbesar di dunia. Gurun yang juga di kenal dengan sebutan Taklimakan ini merupakan gurun yang berada di kawasan Asia Tengah. Letaknya yang berbatasan dengan pegunungan Kunlun bagian arah selatan, serta padang pasir di sepanjang Pegunungan Pamir di sisi baratnya dan tian Shan (di kenal pula dengan Gunung kuno Imeon) di sisi utara.


  • Kyzyl Kum Desert ( Luas : 300 Ribu km)

Gurun Kyzyl Kum merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Asia tengah ini memiliki luas sebesar 300 ribu kilo meter persegi, atau sekitar 115 ribu mil persegi. Dengan luas yang sebesar itu berhasil menempatkan Gurun Kyzyl Kum sebagai gurun nomer 16 terbesar di dunia. Sedangkan di dataran Asia, menempati posisi nomer 6. Lokasinya yang melalang melintang dari Kazakhstan, Turmenistan sampai dengan Uzbekistan.


Bioma Komponen Penyusun Gurun


Faktor Biotik

  • Flora

tumbuhan yang tumbuh adalah tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan daerah kering (tumbuhan serofit).Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Ada lebih dari 2000 jenis kaktus ada di belahan bumi. Mereka bisa tumbuh subur di lahan tandus dan kekurangan air. Ini lah hal unik dari kaktus. Kaktus adptasinya tinggi. Kemudian, batang kaktus juga dilapisis jaringan lilin yang dapat mengurangi penguapan.

Jaringan ini mampu menyimpan air dan tahan terhadap kekeringan sekalipun. Namun, yang namanya mahluk hidup tentu saja butuh air. Kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Makanya, di gurun-gurun, kaktus memiliki akar yang sangat panjang bermeter-meter ke dalam pusat bumi untuk mencari sumber air.

  • Fauna

hewan besar yang hidup di gurun umumnya yang mampu menyimpan air, misalnya unta, sedang untuk hewan-hewan kecil misalnya kadal, ular, tikus, semut, umumnya hanya aktif hidup pada pagi hari, pada siang hari yang terik mereka hidup pada lubang-lubang. Unta atau Onta adalah dua spesies hewan berkuku genap dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal – Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda – Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi

Domestikasi unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Pemanfaatan unta antara lain untuk diambil susu (yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi dari pada susu sapi) serta dagingnya, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja.


Faktor Abiotik

  • Iklim

Iklim di gurun luar biasa ekstrim, kalau panas sangat panas sekali dan kalau dingin luar biasa dingin. Jadi sebenarnya ada 4 musim di Kuwait yaitu Panas (32 – 40 C – sekitar Jun-Jul) , Panas Sekali (41 – 50 C – sekitar Jul – Aug – Sep), Dingin (8 – 20 C – sekitar Nop).

  • Iklim panas dan kering sepanjang tahun.
  • Penduduk hidup berpindah-pindah untuk nencari sumber air
  • Hujan tahunan kurang daripada 250mm
  • Suhu harian sangat tinggi, yaitu antara 22°C hingga 32°C
  1. Curah Hujan

Gurun didefinisikan dengan ketat sebagai sebuah tempat yang menerima curah hujan kurang dari 254 mm (10 inci) setahun.

Ciri-ciri:

  • Curah hujan sangat rendah, + 25 cm/tahun
  • Kelembaban udara sangat rendah
  • Perbedaan suhu siang hari dengan malam hari sangat tinggi (siangdapat mencapai 45 C, malam dapat turun sampai 0 C)
  • Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air

Ciri-Ciri Gurun

Gurun memiliki ciri-ciri yaitu

  1. Tingkat evaporasi(penguapan)yang lebih tinggi daripada curah hujan dan air tanah yang cenderung asin.
  2. Tumbuhannya berdaun kecil seperti duri dan mempunyai akar yang panjang. (Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan Akar panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons.)
  3. Dihuni oleh hewan jenis pengerat contohnya, hamster dan gerbill.
  4. Tingkat penguapan (evaporasi) lebih tinggi dari curah hujan
  5. Air tanah cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun

Proses Terjadinya

Gurun terjadi karena proses pelapukan bantuan oleh cuaca yang variasi temperatur antara siang dan malam sangat tajam.Batuan yang menjadi sangat panas pada siang hari kemudian menyusut dan pecah karena suhu yang sangat dingin pada malam hari. Proses pelapukan ini berlangsung ribuan tahun,bahkan ada yang telah berumur jutaan tahun,seperti Gurun Sahara di Afrika Utara.

Terjadinya gurun pasir juga dapat disebabkan oleh penguapan air tanah yang berlebihan oleh pemanasan matahari tehadap permukaan tanah dan atmosfir.Padahal pemanasan atmosfer dalam waktu yang lama akan memperkecil kemungkinan terjadinya hujan(kondensasi). Jika itu terus berlanjut tanah pun menjadi gersang dan kemudian terciptalah gurun pasir.

Baca Juga :  Danau Terbesar Di Benua Amerika

Contoh Hewan Yang Hidup Di Gurun


  • Rajawali

Rajawali cokelat kekuningan bisa bertahan hidup di gurun. Penglihatannya tajam, ia bisa melihat kelinci atau kadal dari jarak ribuan meter. Kalau melihat mangsa, ia menukik dan mencekeram mangsa dengan cakar yang kuat.


  • Garangan

Mamalia yang mampu beradaptasi ini berburu segala jenis hewan kecil di siang hari, termasuk lebah. Labah-labah, kalajengking, tikus kecil, dan ular. Gerangan bereaksi cepat, sehingga mudah menghindar dari musuh seperti ular. Ia lalu menyerang dan membunuh ular itu dengan sekali gigit.


  • Kobra

Ular kobra memangsa mamalia kecil, kodok dan kadal dengan gigitan taring yang berbisa. Jika merasa terancam, ia menegakkan kepala dan melebarkan tulang iga pada bagian kulit leher sehingga berbentuk sendok yang menyebabkan ular kobra tampak lebih besar dan menakutkan.


  • Landak telinga panjang

Landak yang tampak disini mempunyai telinga besar yang berfungsi untuk melepas kelebihan panas agar tubuhnya tetap sejuk. Duri melindunginya terhadap pemangsa. Siang hari, landak ini tinggal dalam liangnya, malam hari berburu serangga dan cacing.


  • Jerboa

Banyak mamalia kecil yang hidup di gurun, termasuk berbagai jenis tikus kecil, gerbil, dan jerboa. Dengan kaki belakang yang panjang, jerboa utara yang tampak disini dapat melompat menjauhi bahaya. Jari kakinya melebar agar ia tidak terperosok di pasir halus. Jerboa hidup dari biji tumbuhan.


Suhu Gurun Antartika

Untuk pilihan pertama yang masuk ke dalam deretan gurun terluas di dunia jatuh kepada Gurun Antartika nih bro. Gurun yang berada di kawasan Antartika ini sendiri memang memilki luas sekitar 14.000.000 Km2 atau sekitar 5,5 juta mil persegi.

Gurun Antartika ini memiliki suhu sekitar minus 85 hingga minus 90 derajat celcius sehingga gunung ini banyak ditutupi dengan es sangat dingin sehingga tidak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan lama di Gurun Antartika ini.

Pada saat musim panas tiba, di kawasan Gurun Antartika sendiri akan mengalami kenaikan sekitar 30 derajat lebih tinggi ketimbang pada saat musim dingin.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Gurun Terluas Di Asia : Manfaat, Bioma, Ciri, Proses Terjadinya, Contoh, Hewan, Suhu, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.