Ciri Hewan Peliharaan

Diposting pada

Pengertiah Hewan Peliharaan

Dalam sistematika awal, binatang mencakup banyak organisme bersel tunggal yang dikelompokkan sebagai Protozoa karena sifat heterotrof dan bergerak aktif (motil). Pengelompokan ini terus dianut hingga pertengahan abad ke-20 dan hingga sekarang masih dipakai untuk kepentingan praktis. Ketika orang mulai menganggap bahwa organisme bersel satu tidak memiliki organisasi jaringan, dibentuklah kelompok Protista yang menghimpun semua organisme sederhana yang berperilaku mirip binatang (bergerak, heterotrof).

Perkembangan biologi sejak separuh akhir abad ke-20 telah menunjukkan bahwa banyak organisme bersel satu tidak dapat lagi dipertahankan sebagai binatang. Ke dalam “binatang” dimasukkan semua organisme bersel banyak yang sel spermanya memiliki kesamaan struktur dengan koanosit, suatu sel generatif primitif. Selain itu, penerapan konsep evolusi dan kladistik telah mengubah banyak organisasi sistematika hewan. Proses reklasifikasi ini sampai sekarang masih terus berjalan.


Ciri-Ciri Hewan Peliharaan

Hewan mempunyai daya gerak, cepat tanggap terhadap rangsangan eksternal, tumbuh mencapai besar tertentu, memerlukan makanan bentuk kompleks dan jaringan tubuhnya lunak. Perbedaan itu berlaku secara umum, tentu saja ada kelainan-kelainannya. Tiap individu, baik pada hewan uniselular maupun pada hewan multiselular, merupakan satu unit. Hewan itu berorganisasi, berarti tiap bagian dari tubuhnya merupakan subordinat dari individu sebagai keseluruhan baik sebagai bagian suatu sel maupun seluruh sel. Inilah yang disebut konsep organismal, suatu konsep yang penting dalam biologi.

Secara umum berikut ini adalah ciri-ciri hewan:

  1. Hewan merupakan organisme eukariota, multiseluler, heterotrofik. Berbeda dengan nutrisi autotrofik pada tumbuhan, hewan memasukkan bahan organik yang sudah jadi, ke dalam tubuhnya dengan cara menelan (ingestion) atau memakan organisme lain, atau memakan bahan organik yang terurai.
    Sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel yang menyokong tubuh dengan kuat, seperti pada tumbuhan atau jamur.
  2. Komponen terbesar sel-sel hewan terdiri atas protein struktural kolagen.
  3. Keunikan hewan yang lain adalah adanya dua jaringan yang bertanggung jawab atas penghantaran impuls dan pergerakan, yaitu jaringan saraf dan jaringan otot sehingga dapat bergerak secara aktif.
  4. Sebagian besar hewan bereproduksi secara seksual, dengan tahapan diploid yang mendominasi siklus hidupnya.
  5. Alat pernapasan pada hewan bermacam-macam tergantung pada temapt hidupya, ada yang bernapas dengan paru-paru seperti kucing, insang seperti ikan, kulit seperti cacing, trakea seperti serangga.
  6. Memerlukan makanan untuk tumbuh dan bertahan hidup.
  7. Tidak mempunyai indra berpikir.
  8. Dapat dikendali untuk manusia (hewan piaraan/sirkus).
  9. Kehidupan dapat berakhir (mati)
Baca Juga :  Contoh Hewan Amfibi

Pengertian Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan adalah hewan yang dipelihara oleh manusia. Hewan peliharaan yang dipelihara harus berdasarkan peraturan yang ada, hewan peliharaan biasanya oleh manusia dijadikan untuk teman maupun untuk kecintaan, memiliki hewan peliharaan perlu diperhatikan karena mereka sama seperti manusia ingin hidup layak dan baik untuk keberlangsungan hidupnya.

Dalam membicarakan Hewan Peliharaan, banyak sekali macam hewan yang dapat kita pelihara yang cocok untuk menemani sehari-hari sesuai dengan kesukaan kita.
Kategori Hewan Peliharaan, Hewan peliharaan dapat dikategorikan berdasarkan jenis makanan, asal habitatnya, ciri fisik, perkembangbiakkannya, cara bernafas, dan cara bergerak hewan itu sendiri.


Batas Daerah Tempat Tinggal

Dalam tempat tinggal hewan peliharaan yaitu hewan yang hidup di darat, di air, dan hewan yang hidup di udara. Contoh hewan yang hidup di darat seperti kucing, anjing, sapi, kerbau, harimau, musang, dan kelinci. Lalu, contoh hewan peliharaan yang hidup di air adalah ikan, cumi. dan hewan peliharaan yang hidup di udara yaitu burung.


Identifikasi dan Tipe Hewan Peliharaan

Berdasarkan Bentuk Tubuh Hewan Peliharaan
Hewan mempunyai berbagai macam bentuk tubuh yang unik ada yang berbulu, ada yang bersisik, ada yang hewan berkulit lendir, dan ada hewan yang mempunyai cangkang. Contoh hewan yang bersisik adalah ikan, ular. Contoh hewan yang berkulit lendir adalah belut, katak. Contoh hewan yang mempunyai cangkan adalah kura-kura. Semua itu yang dapat membedakan antara satu hewan dengan hewan yang lain.


  • Dalam Tahap Melahirkan

Pada tahap melahirkan ini, hewan peliharaan di kategorikan menjadi lima kategori, yaitu :

1. Hewan yang melahirkan dengan cara bertelur, adalah hewan kategori ini setelah dilahirkan oleh induknya akan menghasilkan suatu telur yang kemudian telur tersebut akan menetas. contoh seperti elang, cicak, ayam, ular. kemudian,

Baca Juga :  Rumusan Masalah

2. hewan yang melahirkan dengan cara beranak, yaitu hewan ini saat lahir langsung berbentuk anak atau sudah mempunyai tubuh, tidak seperti kategori yang pertama yaitu telur dahulu. contoh, hewan yang mempunyai anak adalah kucing, sapi, kambing. dan yang berikutnya, hewan yang melahirkan dengan cara membelah diri, hewan ini saat melahirkan dengan sendirinya membelah diri. dan yang terakhir, adalah hewan yang melahirkan dengan cara mempunyai tunas sendiri.


  • Dari Segi Cara Bernafas

Dalam segi bernafas, hewan ini mempunyai berbagai macam cara bernafas yang dilakukan oleh masing-masing kategori hewan ini, yang pertama adalah hewan yang bernafas dengan menggunakan insang. contoh dari hewan ini adalah hewan air (ikan). kemudian ada hewan yang bernafas dengan cara menggunakan kulit, hewan ini dalam bernafas memanfaatkan kulitnya sebagai cara untuk menghirup udara. contohnya adalah cacing, dan kemudian hewan berikutnya adalah yang bernafas dengan cara menggunakan paru-paru, yaitu hewan yang bernafas dengan paru-paru adalah katak dan hewan lainnya. lalu, ada hewan yang bernafas dengan cara memanfaatkan trakea yaitu hewan yang seperti semut dan kupu-kupu.


  • Dari Segi Gerak

Dalam segi gerak, ada berbagai macam gerak tubuh yang dimiliki oleh berbagai hewan berdasarkan kategori. yaitu hewan yang mempunyai gerak dengan cara lompat, kemudian hewan yang bergerak dengan cara terbang di atas dengan menggunakan sayapnya. lalu, ada yang mempunyai gerak dengan cara melata, serta ada hewan yang gerak dengan cara memanjat, berenang di dalam air, dan bergelantungan di atas pepohonan.


Contoh Dan Gambar Hewan Peliharaan

  • Ayam

ayam


  • Burung

burung


  • Kelinci

kelinci


  • Kucing

kucing


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Ciri Fauna Peralihan : Gambar, pengertian, Batas Daerah, Identifikasi, Tipe Reptil, Contoh, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.