Pengelompokan Ilmu Ekonomi

Diposting pada

Pengertian Ilmu Ekonomi

Dalam hal ini Profesor Paul Anthony Samuelson, seorang ahli ekonomi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), telah mengumpulkan sekurang-kurangnya enam buah definisi dari berbagai ahli lain. Keenam definisi itu masing-masing adalah sebagai berikut.

  1. Ilmu ekonomi, atau ekonomi politik (politicale conomy) adalah suatu studi tentang kegiatan-kegiatan yang dengan atau tanpa menggunakan uang, mencakup atau melibatkan transaksi-transaksi pertukaran antar manusia.
  2. Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber – sumber produktif (tanah, tenaga kerja, barang-barang modal semisal mesin, dan pengetahuan teknik) yang langka dan terbatas jumlahnya, untuk menghasilkan berbagai bagai barang (misalnya gandum daging, mantel, perahu layar, konser musik, jalan raya, pesawat pembom) serta mendistribusikan (membagikannya kepada pelbagai anggota masyarakat untuk mereka pakai/konsumsi.
  3. Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari hari, untuk mendapat dan menikmati kehidupan.
  4. Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi kegiatan-kegiatan konsumsi dan produksinya.
  5. Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang kekayaan.
  6. Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.
  7. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg: scarcity).

Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Ilmu ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari  tentang segala perilaku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas serta usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup individu yang tak terbatas.

Peranan penting suatu ekonomi dalam rakyat sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi suatu kehidupan. Hal ini yang bisa menyebabkan banyaknya pembagian-pembagian dalam ilmu ekonomi tersebut.


Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi

Adam Smith sering disebut sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi pada abad 18 sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Melalui karya besarnya Wealth of Nations, Smith mencoba mencari tahu sejarah perkembangan negara-negara di Eropa. Sebagai seorang ekonom, Smith tidak melupakan akar moralitasnya terutama yang tertuang dalam The Theory of Moral Sentiments. Perkembangan sejarah pemikiran ekonomi kemudian berlanjut dengan menghasilkan tokoh-tokoh seperti Alfred Marshall, J.M. Keynes, Karl Marx, hingga peraih hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 2006, Edmund Phelps.

Baca Juga :  Kenampakan Alam

Secara garis besar, perkembangan aliran pemikiran dalam ilmu ekonomi diawali oleh apa yang disebut sebagai aliran klasik. Aliran yang terutama dipelopori oleh Adam Smith ini menekankan adanya invisible hand dalam mengatur pembagian sumber daya, dan oleh karenanya peran pemerintah menjadi sangat dibatasi karena akan mengganggu proses ini. Konsep invisble hand ini kemudian direpresentasikan sebagai mekanisme pasar melalui harga sebagai instrumen utamanya.

Aliran klasik mengalami kegagalannya setelah terjadi Depresi Besar tahun 1930-an yang menunjukkan bahwa pasar tidak mampu bereaksi terhadap gejolak di pasar saham. Sebagai penanding aliran klasik, Keynes mengajukan teori dalam bukunya General Theory of Employment, Interest, and Money yang menyatakan bahwa pasar tidak selalu mampu menciptakan keseimbangan, dan karena itu intervensi pemerintah harus dilakukan agar distribusi sumber daya mencapai sasarannya. Dua aliran ini kemudian saling “bertarung” dalam dunia ilmu ekonomi dan menghasilkan banyak varian dari keduanya seperti: new classical, neo klasik, new keynesian, monetarist, dan lain sebagainya.

 Namun perkembangan dalam pemikiran ini juga berkembang ke arah lain, seperti teori pertentangan kelas dari Karl Marx dan Friedrich Engels, serta aliran institusional yang pertama dikembangkan oleh Thorstein Veblen dkk dan kemudian oleh peraih nobel Douglass C. North.

pengelompokan Ilmu Ekonomi


Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi terbagi dalam 3 kategori yakni sebagai berikut :


  • Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu Ekonomi Deskriptif merupakan ilmu ekonomi yang mengumpulkan fakta penting yang berhubungan dengan suatu persoalan ekonomi atau topik tertentu.

Atau dengan arti lain yaitu ilmu ekonomi deskriptif adalah suatu analisa mengenai bidang ekonomi yang menggambarkan mengenai kondisi yang sebenarnya atau sesuai fakta yang terjadi dalam aktivitas perekonomian.

Contoh ilmu ekonomi deskriptif

Contoh ilmu ekonomi deskriptif ialah krisis moneter di Indonesia yang terjadi pada tahun 1998.

Pengetahuan mengenai fakta yang terdapat dalam perekonomian belumlah tentu cukup untuk mempelajari ilmu ekonomi. Hal yang terpenting yakni menyusun data mengenai kenyataan atau fakta yang ada secara sistematis, dan membuat gambaran secara umum mengenai aktivitas perekonomian beserta komponen-komponen di dalamnya.


  • Ilmu Ekonomi Teori

Ekonomi Teori ialah pandangan yang menggambarkan aktivitas ekonomi yang mempunyai sifat keterkaitan yang nyata dan menggambarkan ramalan suatu peristiwa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan bila terdapat suatu kondisi yang bisa berpengaruh menuju perubahan. Ilmu ekonomi teori terbagi menjadi 2 macam yakni ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.


  • Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro yaitu salah satu ilmu ekonomi yang membahas mengenai keseluruhan aktivitas ekonomi dalam cakupan nasional. Analisis ilmu ekonomi makro ini bersifat global, dan tidak berfokus kepada aktivitas ekonomi yang terdapat dalam unit-unit kecil perekonomian.

Ilmu ekonomi makro membahas tentang suatu perubahan ekonomi yang berpengaruh kepada kegiatan ekonomi rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar.

Dalam menganalisis cara yang bisa mempengaruhi target-target peraturan seperti pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, stabilitas harga, serta pencapaian suatu keseimbangan neraca yakni dengan menggunakan ilmu ekonomi makro.

Permasalahan yang terjadi dalam ekonomi makro ialah sebagai berikut:

  • Kemiskinan dan pemerataan
  • Krisis nilai tukar
  • Hutang luar negeri
  • Perbankan, kredit macet
  • Inflasi
  • Pertumbuhan ekonomi
  • Pengangguran

  • Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu Ekonomi Mikro merupakan suatu ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil dalam aktivitas perekonomian secara khusus. Contohnya yakni analisis membahas tentang masalah yang terjadi di suatu pasar, perusahaan, harga komoditas tertentu, dan lain-lain.

Baca Juga :  Dampak Polusi Udara

Ilmu ekonomi mikro meneliti tentang macam-macam keputusan dan perilaku yang bisa mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang nantinya akan menentukan harga di pasar.

rakyat yang melakukan aktivitas pengkombinasian suatu konsumsi atau produksi secara optimal di pasar yang bisa membentuk suatu pencapaian atas keseimbangan yang akan terjadi dalam skala makro, dengan syarat yakni semua hal lain yang berhubungan tetap sama (ceteris paribus).


  • lmu Ekonomi Terapan

Ilmu Ekonomi Terapan yaitu suatu ilmu ekonomi yang menerapkan ilmu ekonomi teori dalam merumuskan segala kebijakan-kebijakan dan pedoman yang positif untuk mengatasi masalah ekonomi yang terjadi.

kecuali itu Ilmu ekonomi terapan juga termasuk dalam cabang ilmu yang mempelajari secara khusus tentang bagaimana penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi.

Ilmu ekonomi terapan tergolong sebagai ilmu ekonomi yang memakai kesimpulan-kesimpulan yang didapat dari teori ekonomi guna bisa menafsirkan masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif. Dengan kata lain, ilmu ekonomi terapan ialah penerapan teori-teori ekonomi yang dalam praktek kehidupan rakyat yang dilakukan secara nyata, seperti penerapan ekonomi koperasi dan ekonomi perusahaan.

Contoh ilmu ekonomi terapan

Contoh ilmu ekonomi terapan ialah ekonomi di perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dan sebagainya.


Cabang Ilmu Ekonomi

Cabang ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui, diantaranya:


  • Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu Ekonomi Moneter merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempersoalkan seputar perbankan, lembaga keuangan dan berbagai aspek lainnya yang berhubungan seperti inflasi, tingkat suku bunga, dan jumlah uang beredar.


  • Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik ialah cabang ilmu ekonomi yang berhubungan dengan peraturan pemerintah dalam perekonomian negara (publik). Contoh misalnya seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.


  • Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri ialah cabang ilmu ekonomi yang berhubungan dengan interaksi perusahaan dalam suatu industry. Aspek-aspek di dalamnya seperti persaingan bisnis, kinerja perusahaan atau kartel.


  • Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang aktivitas perekonomian antar bangsa atau antarnegara. Aspek-aspek di dalamnya seperti transaksi aliran penanaman modal antarnegara, transaksi perdaganagan antar negara dan neraca pembayaran.


  • Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional yakni cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah.


  •  Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)

Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA) ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas perihal alokasi sumber daya alam yang paling optimal berdasarkan ekonomi.


  • Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM) ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas perihal faktor produksi tenaga kerja. Aspek di dalamnya mencakup masalah tingkat pendidikan calon tenaga kerja, pengangguran dan upah minimum pekerja.


  •  Ilmu Ekonomi Syariah

Ilmu ekonomi syariah ialah cabang ilmu ekonomi yang di harapkan bisa menerapkan ekonomi islam. Contohnya seperti penghapusan riba pada perekonomian, prinsip bagi hasil, dan zakat.


Macam – Macam Bidang Ekonomi

Ekonomi Keuangan dan Perbankan diarahkan untuk memahami pola operasional kegiatan bank dan lembaga keuangan lain dengan penekanan pada berbagai kasus yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga :  Cerita Nenek Pakande

Ekonomi Moneter membantu mahasiswa mengerti peranan uang pengaruhnya terhadap perekonomian, serta fungsi dan peranan bank central sehingga mampu menganalisis dan memecahkan fenomena-fenomena yang ada pada perekonomian makro, seperti masalah penganguran, inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Ekonomi Industri mempelajari perilaku perusahaan dalam suatu industri dan berbagai kebijakan pemerintah dalam mengatur pasar dalam suatu industri, misalnya dalam menentukan harga jual produk, melakukan iklan penelitian dan pengembangan, serta membuat jaringan pemasaran.

Perdagangan Internasional membantu mahasiswa agar mampu menganalisa dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di bidang perdagangan internasional, misalnya ekspor impor, investasi, kegiatan perusahaan multinasional, dll

Ekonomi Publik melalui peminatan ini mahasiswa dapat mempelajari fungsi dan peranan pemerintah dalam perekonomian yang tercermin dalam kebijkasanaan anggaran belanja pemerintah.


Jenis – Jenis Ilmu Ekonomi


  • Ekonomi Deskriptif

Analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan sebenarnya  terjadi dalam perekonomian.


  • Teori Ekonomi

Pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang terjadi dalam kegiatan ekonomi dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan.


  • Ekonomi Terapan

Cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah ekonomi.


Teori Ekonomi


  • Teori Ekonomi Mikro

Bagian dari ilmu ekonomi yang menganalisis tentang bagian  kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.


  • Teori Ekonomi Makro

Bagian dari ilmu ekonomi yang membuat analisis terhadap seluruh kegiatan perekonomian (bersifat agregat). Analisisnya bersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian.


Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi

Seperti kita ketahui Ilmu ekonomi mempelajari daya upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan. Pada hakekatnya yang dipelajari oleh Ilmu Ekonomi terbatas pada kesejahteraan materiil, yaitu yang berhubungan dengan benda dan jasa.

Di dalam kehidupan di masyarakat ada bagian dari kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi dengan benda dan jasa, misalnya : kebutuhan untuk hidup aman dan tentram, kebutuhan cinta kasih, kebutuhan berinteraksi dll. Kebutuhan tersebut sangat berhubungan dengan kejiwaan yang tidak selalu dapat dipenuhi dengan barang dan jasa.

 Untuk selanjutnya, kesejahteraan materiil yang berhubungan dengan barang dan jasa akan disebut kemakmuran. Dalam hal ini masyarakat dapat dikatakan makmur apabila semua kebutuhan dapat terpenuhi secara layak. Sehubungan itu secara kuantitas kemakmuran dapat diukur dengan banyaknya barang dan jasa yang dapat dihasilkan serta digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 Sesuai dengan perkembangan penduduk serta perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi, jenis dan jumlah kebutuhan akan selalu bertambah. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut produksi barang dan jasa perlu terus menerus ditingkatkan. Dalam hal ini Ilmu Ekonomi sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan yang berhubungan dengan upaya untuk menciptakan kemakmuran masyarakat.


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pengelompokan Ilmu Ekonomi : Pengertian, Sejarah Perkembangan, Pembagian, Cabang Ilmu, Macam Bidang, Jenis, Teori, Belajar,  semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semunaya.