Julukan Negara Malaysia

Diposting pada

Sejarah Negara Malaysia

Nama “Malaysia” diadopsi pada 1963 ketika Federasi Malaya bertambah Singapura, Sabah, dan Sarawak membentuk federasi bernama Malaysia. Tetapi nama itu sendiri pernah membingungkan ketika dipakai untuk merujuk wilayah-wilayah di Asia Tenggara. Sebuah peta yang diterbitkan pada 1914 di Chicago menampilkan nama Malaysia pada wilayah tertentu di Nusantara.

Politikus di Filipina pernah menghendaki penamaan negara mereka sebagai “Malaysia”, tetapi Malaysia-lah yang pertama mengadopsi nama itu pada 1963 sebelum Filipina bertindak lebih jauh tentang masalah itu. Nama lain pernah dianjurkan untuk federasi 1963. Di antaranya adalah Langkasuka (Langkasuka adalah sebuah kerajaan kuno yang berada di bagian hulu Semenanjung Malaya pada milenium pertama masehi).

Bahkan mundur lebih jauh lagi, seorang etnolog Inggris, George Samuel Windsor Earl, di dalam jilid IV Jurnal Kepulauan India dan Asia Timur pada 1850 mengusulkan untuk menamai kepulauan Indonesia sebagai Melayunesia atau Indunesia, kendati dia lebih menyukai yang terakhir.


Letak Geografis Negara Malaysia

Secara geografis wilayah Negara Malaysia memiliki batas batas wilayah sebagai berikut :

Malaysia barat terletak di semenanjung Malaysia yang tergabung menjadi satu dengan daratan asia

  • Sebelah Utara berbatasan dengan negara Thailand
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Indonesia dan Singapura
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Laut Natuna
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Malaka dan Pulau Sumatra (Indonesia)

Malaysia timur (serawak dan sabah) terletak di bagian utara pulau Kalimantan (indonesia)

  • Sebelah Utara berbatasan dengan ¬†Laut Cina Selatan dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kalimantan (Indonesia)
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Sulu dan negara Filipina
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna dan Laut Cina Selatan.
Baca Juga :  Pengertian Guru

Peta Negara Malaysia

julukan negara malaysia


Jumlah Penduduk Malaysia

Pada tahun 2003, jumlah penduduk Malaysia adalah 25,1 juta dengan pertumbuhan 2,1% setiap tahun. Sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di Jazirah Malaysia bagian barat dan selatan karena dataran rendahnya luas dan kaya akan barang tambang. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Malayu yang hampir sama dengan bahasa Indonesia. Penduduk Semenanjung Malaysia terdiri atas orang Melayu (50%), Cina (37%), dan India (11%).


Suku Penduduk Malaysia

Penduduk Semenanjung Malaysia terdiri atas orang Melayu (50%), Cina (37%), dan India (11%). Sisanya adalah orang-orang Eropa, Erasia, dan penduduk asli malaysia.

Penduduk asli Malaysia adalah orang Sakai. Penduduk Serawak terdiri atas orang Dayak Pesisir (Iban) sebanyak 50%, Cina sebanyak 25% dan orang Dayak pedalaman atau Melanau sebanyak 7%. Penduduk Sabah terdiri atas orang Kadasan sebanyak 28%, Cina sebanyak 21% dan Bajau sebanyak 12%.


Agama Penduduk Malaysia

Komposisi penduduk berdasarkan agama yang mereka anut adalah : Islam (52,9%), Budha (17,3%), Kong Hu Chu (11,6%), Hindu (7%), Kristiani (4,8%) dan lain-lain (4,8%).


Bentuk Pemerintahan

Dalam sistem pemerintahan Malaysia yang menjadi kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri; konstitusi Malaysia menetapkan bahwa perdana menteri haruslah anggota dewan rendah (Dewan Rakyat), yang direstui Yang di-Pertuan Agong dan mendapat dukungan majoritas di dalam parlemen.

Dalam kekuasaan legislative Malaysia memiliki sistem bikameral yang terdiri dari Senat (Dewan Negara) dan House of Representatives (Dewan Rakyat). Senat menguasai 70 kursi di parlemen sementara HoR menguasai 219 kursi. 44 anggota Senat ditunjuk oleh pemimpin tertinggi sementara 26 lainnya ditunjuk oleh badan pembuat UU di negara bagian. Anggota HoR dipilih melalui popular vote untuk masa jabatan selama 5 tahun.

Baca Juga :  Sifat Kewirausahaan Menurut Ahli

Karakterisitik Malaysia


  • Masalah Pokok Pendidikan Malaysia

Dengan dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan pendidikan negaranya maka malaysia menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi atau universitas, pemerintah Malaysia membuktikan keseriusanya dalam mengembangkan pendidikan melalui  alokasi APBN yang lebih besar dari Indonesia untuk pendidikan.


  • Ekonomi Malaysia

Semenanjung Malaya dan pastinya Asia Tenggara menjadi pusat perdagangan di kawasan selama berabad-abad. Berbagai komoditas seperti keramik dan rempah aktif diperdagangkan bahkan sebelum Kesultanan Melaka dan Singapura mengemuka.

Menara Petronas di Kuala Lumpur. Pertumbuhan cepat ekonomi dan kemakmuran Malaysia dicirikan oleh Menara Petronas, kantor pusat raksasa minyak nasional. pohon karet dan kelapa sawit diperkenalkan untuk tujuan komersial. Di dalam waktu lama, Malaysia menjadi penghasil timah, karet, dan minyak sawit terbesar di dunia. Tiga komoditas ini, beserta bahan mentah lainnya, mengatur tempo ekonomi Malaysia lebih baik sampai abad ke-20.


Batas Wilayah Malaysia


Malaysia Timur

  1. Sebelah utara dibatasi oleh Negara Brunei Darussalam dan Filipina
  2. Sebelah timur dibatasi oleh laut Sulawesi
  3. Sebelah selatan dibatasi oleh Negara Indonesia
  4. Sebelah barat dibatasi oleh Laut Cina Selatan dan Indonesia

Malaysia Barat

  1. Sebelah utara dibatasi oleh Negara Thailand
  2. Sebelah timur dibatasi oleh Laut Cina Selatan
  3. Sebelah selatan dibatasi oleh Negara Singapura dan Indonesia
  4. Sebelah barat dibatasi oleh Selat Malaka

Juluan Negara Malaysia

  • Negeri Jiran

Lambang Malaysia

Lambang Malaysia, atau disebut Jata Negara di Malaysia terdiri dari perisai yang ditopang dua harimau. Di atas perisai terdapat bintang dan bulan sabit berwarna kuning. Di bawahnya terdapat pita dengan semboyannya “Bersekutu Bertambah Mutu”.

lambang malaysia


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Julukan Negara Malaysia : Kepala Negara, Bentuk, Peta, Karakterisitk, Batas, Penduduk, Lambang, Sejarah, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.