Kegiatan Ekonomi

Diposting pada

Pengeritan Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka memenuhi kebutukan hidup. Kegiatan Ekonomi merupakan Kegiatan Produksi, Kegiatan Distribusi dan kegiatan Konsumsi) – Pada dasarnya kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi melputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.


Jenis Kegiatan Ekonomi

Produksi adalah kegiatan menambah faedah ( kegunaan ) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Produksi di bagi menjadi dua macam yaitu produksi barang dan produksi jasa. Kegiatan produksi adalah usaha untuk menghasilkan atau menambah daya guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh: Perusahaan yang memproduksi bahan-bahan makanan seperti minyak goreng, tepung, dll.


  • Produksi

Produksi Barang yaitu kegiatan menambah faedah dengan mengubah sifat dan bentuknya. Hal ini terdiri dari barang konsumsi dan barang modal. Barang konsumsi siap untuk dikonsumsi langsung, barang modal digunakan untuk menghasilkan barang berikutnya.contoh : membuat kerajinan bathok kepala, membuat makanan, dan kebutuhan lainya.

Produksi Jasa yaitu kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubah bentuknya. contoh : sebuah pagelaran seni, angkutan barang, perbankan
Meningkatkan nilai guna barang atau jasa :

  •  Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
  •  Memperoleh  keuntungan sebesar – besarnya.
  •  Memperluas lapangan usaha.
  •  Menjaga kesinambungan usaha perusahaan.
  •  Memenuhi kebutuhan rumah tangga produksi maupun rumah konsumsi
  • Memenuhi kebutuhan sesuai perkembangan zaman dan kemajuan teknologi serta penduduk yang semakin meningkat.
  • Memacu tumbuhnya usaha produksi lain sehingga dapat menyerang pengangguran.
Baca Juga :  Persamaan Kedudukan Warga Negara

  • Distribusi

Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.contoh kegiatan distribusi : kegiatan perdagangan di pasar, toko, minimarket, pelabuhan.

Kegiatan distribusi merupakan usaha menyalurkan atau menyebarluaskan barang dan jasa dari prdusen ke konsumen. Dalam hal ini peranan para pedagang sangat penting, karena penghubung antara produsen dengan konsumen, atau antara prdusen dengan produsen lainnya. Kegiatan distribusi banyak dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran barang dan jasa.
Di indonesia, distribusi ditentukan oleh pemerintah dan masyarakat.

Ada dua sistem distribusi, yaitu:

  • Distribusi langsung : Produsen melakukan penyaluran tanpa perantara
  • Distribusi tak langsung : Penyaluran diakukan pedagang.

Usaha distribusi barang dan jasa meliputi hal-hal berikut:

  • Perdagangan barang, meliputi hasil-hasil pertanian, industri,dan tambang.
  • Distribusi jasa, meliputi uang, alat-alat modal, pariwisata, asuransi.
  •  Distribusi tenaga kerja, misalnya melalui Separtemen Tenaga Kerja, agen, dan calo tenaga kerja.

  • Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. Tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup.Fungsi dari komsumsi adalah agar kelangsungan hidup tetap terjaga, Konsumsi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang guna memenuhi dan melengkapi kebutuhan baik yang berupa barang maupun bentuk jasa.

Konsumen adalah orang yang telah menggunakan hasil produksi di mana merekalah yang sudah memakai dan menghabiskan olahan dari berbagai hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Contoh kegiatan konsumsi yaitu seperti kegiatan yang telah menggunakan bahan makanan untuk keperluan seharinya, kegiatan dalam penggunaan kendaraan, dan pakaian  yang dipakai oleh konsumen untuk menutup tubuh atau sekaligus sebagai bahan pokok untuk kebutuhannya serta rumah (bahan papan) yang ditempati sebagai perlindungan dari gangguan dalam atau dari luar.

Baca Juga :  Karbonasi

Kegiatan konsumsi ini tentu saja bertujuan untuk memenuhi dan melengkapi segala kebutuhan Kegiatan Ekonomi manusia. Sedangkan fungsi dari kegiatan konsumsi adalah memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh pihak konsumen dan menjaga serta melindungi segala kelangsungan hidup.


Pelaku Kegiatan Ekonomi

Setiap pelaku memiliki peranannya masing-masing dalam kegiatan ekonomi. Pelaku ekonomi dapat berperan sebagai : produsen, konsumen maupun distributor


  • Rumah Tangga

Rumah tangga adalah satuan unit terkecil di dalam masyarakat Terdiri dari : ayah, ibu dan anak,  Ada juga orang lain yang menjadi anggota yang sudah menjadi bagian rumah tangga Rumah tangga keluarga adalah bagian dari masyarakat yang terdiri atas individu-individu atau kelompok masyarakat. Rumah tangga membutuhkan barang dan jasa Untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karna itu harus Memiliki PENGHASILAN


  • Masyarakat

Masyarakat adalah : Sekompulan orang yang menempati wilayah Tertentu yang terdiri atas penduduk tetap atau Sementara yang terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama

Masyarakat dapat disebut sebagai :

  • Ruah Tangga Konsumen

bila membeli barang/jasa dari pelaku ekonomi   lain

  • Rumah Tangga Produsen

Bila menyediakan faktor produksi (tenaga kerja,   tanah, modal dan kewirausahaan bagi perusahaan/pemerintah.


Gambar Kegiatan Pelake Ekonomi

kegiatan pelalu ekonomi


Tujuan Kegiatan Ekonomi

Apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi?

Tujuan melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan dengan memanfaatkan sumber daya yang langka.manfaat kegiata ekonomi yang lainnya yaitu untuk membantu sesama manusia ,misalnya pada perayaan ulang tahun sekolah,kamu dapat menyelenggarakan pasar murah.Barang-barang yang dijual dapat kamu kumpulkan dari para donator (penyumbang).Kemudian barang-barang tersebut kamu jual dengan harga yang jauh lebih murah dari pada harga pada umumnya.Tujuan tindakan ini adalah untuk membantu sesama manusia.


Contoh Kegiatan Ekonomi


  • Contoh Bidang Produksi

Contoh kegiatan produksi antara lain : dalam bidang pertanian misalnya, petani mengerjakan sawah. Dalam bidang perikanan misalnya, nelayan menangkap ikan. Dalam bidang industri misalnya, pembuatan roti, minuman. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Baca Juga :  Cara Mengajar yang Baik

  • Contoh Bidang Konsumsi

Contoh kegiatan konsumsi : yang sekaligus habis makanan, minuman. Yang berangsur-angsur habis kegunaannya : menggunakan baju, tas, sepatu, dan lain-lain. Orang yang melakukan kegitan konsumsi disebut konsumen.


  • Contoh Bidang Distribusi

Contoh kegiatan distribusi : barang-barang hasil industri, kebanyakan dibuat di kota, tetapi orang-orang di desa juga membutuhkan barang tersebut seperti : kendaraan, kosmetik, sabun, TV, dan lain-lain. Untuk itu barang barang tersebut harus dibawa ke desa lewat saluran distribusi seperti : pedagang, agen, grosir dan lain-lain. orang-orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.


Demikianlah artikel dari duniapenididikan.co.id mengenai Kegiatan Ekonomi : Jenis, Palku, Gambar, Macam, Tujuan, Contoh, Pengertian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.