Kerjasama Internasional

Diposting pada

Manfaat Kerja Sama Internasional Bagi Indonesia

  1. Masalah politik dan keamanan Indonesia dapat diselesaikan dalam Lembaga Internasional.
  2. Melalui kerja sama Internasional ( PBB ) , Lembaga Internasional tersebut berperan sebagai pihak penengah dan sebagai pihak yang menghentikan perselisihan antar negara.
  3. Masalah wilayah pemerintahan Indonesia dapat diselesaikan dengan adanya PBB.
  4. Dengan adanya kerja sama Internasional ( PBB ) dapat melahirkan dokumen-dokumen yang bermanfaat bagi kehidupan kenegaraan Indonesia terutama dalam penegakan HAM.
  5. Dengan kerja sama Internasional yang terwujud dalam organisasi Internasional di bawah PBB masalah politik, sosial, budaya, ekonomi, maupun hukum dapat terselesaikan.

kerjasama internasional

Dewan Keamanan PBB berperanan sangat penting selama masa perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949) dan juga pada masa perang serta diplomasi pembebasan Irian Barat (Papua Barat) sekitar tahun 1960-1962 dari tangan Belanda.

Pada tanggal 21 Juli 1947 terjadi agresi militer Belanda I terhadap wilayah Jawa dan Sumatra, atas usul India dan Australia, DK PBB memerintahkan penghentian tembak menembak pada tanggal 4 Agustus 1947. DK PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri dari Australia, Belgia dan Amerika Serikat, yang kemudian memfasilitasi Perjanjian Renville dan Konferensi Meja Bundar antara RI dan Belanda setelah terjadinya Agresi Militer kedua oleh Belanda pada tanggal 19 Desember 1948.

Berbagai produk yang dihasilkan PBB juga sangat bermanfaat bagi negara kita, misalnya Universal Declaration of Human Rights, 10 Desember 1948, Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik 1966 dan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya 1966.


Contoh Organisasi Dalam Kerja Sama Internasonal


Organisasi Internasional

Organisasi internasional adalah suatu organisasi yang dibuat oleh anggota masyarakat internasional secara sukarela atau atas dasar kesamaan yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian dalam tata hubungan internasional.Organisasi internasional juga suatu bentuk organisasi dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yang juga merupakan isi dari perjanjian atau charter. Contoh organisasi internasional yaitu :

  1. PBB
Baca Juga :  Kerjasama Bilateral

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB (United Nations atau UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC. Sidang umum yang pertama dihadiri wakil dari 51 negara dan baru berlangsung pada 10 Januari 1946 di Church House, London.


Bentuk-bentuk Kerjasama Internasional

Dalam kerjasama internasional terdapat beberapa bentukAda empat bentuk kerjasama internasional yaitu :


  • Bilateral

Kerja sama bilateral merupakan kerja sama antar dua negara. Misalnya, kerja sama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan Singapura atau Amerika dengan Arab Saudi. Kerja sama bilateral bertujuan untuk membina hubungan yang telah ada serta menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan negara mitra. Kerjasama bilateral yang diputuskan secara sepihak, pemutusannya disebut secara unilateral.


  • Multilateral

Organisasi multilateral, yaitu organisasi yang menghimpun tiga negara atau lebih berdasarkan pertimbangan tertentu, dimana negara yang bekerjasama saling membantu, seperti ASEAN.


  • Regional

Kerja sama regional merupakan kerja sama antara negara-negara sewilayah atau sekawasan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan perdagangan bebas antara negara di suatu kawasan tertentu. Bentuk kerja sama regional sudah dijajaki oleh PBB melalui pembentukan komisi regional yang dimulai dari Eropa, Asia Timur dan Amerika Latin. Komisi ini mengembangkan kebijakan bersama untuk masalah pembangunan khususnya pada bidang ekonomi. Kerja sama secara regional biasanya lebih pada hubungan dengan lokasi negara serta berdasarkan alasan historis, geografis, teknik, sumber daya alam dan pemasaran.


  • Internasional

Kerjasama internasional adalah bentuk kerjasama yang mencakup banyak negara dan bernaung di bawah satu bendera PBB. Kerjasama ini bertujuan saling membantu di bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Misalnya IMF, WTO, dan lain-lain.


Tujuan Awal Munculnya Kerjasama Ekonomi Antar Wilayah

  1. Mencukupi kebutuhan dalam negeri
  2. Meningkatkan produktivitas dalam negeri
  3. Memperluas lapangan kerja
  4. Meningkatkan Pendapatan Negara melalui Ekspor
  5. Memperkuat rasa persahabatan antar Negara
  6. Membantu pertumbuhan ekonomi antar negara
  7. Menyeimbangkan Neraca Pembayaran
  8. Melindungi Industri Dalam Neger

Macam Dan Organisasi Kerjasama Internasional

Berdasarkan jumlah negara yang mengikuti kerja sama, dapat dibedakan menjadi tiga
macam bentuk kerja sama, yaitu:


  • Kerja Sama Bilateral

Kerja sama bilateral adalah kerja sama yang dilakukan antara dua negara. Kerja sama ini biasanya dalam bentuk hubungan diplomatik, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan.

Baca Juga :  Asal Usul Salatiga

  • Kerja Sama Regional

Kerja sama regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu kawasan atau wilayah. Kerja sama ini biasanya dilakukan karena adanya kepentingan bersama baik dalam bidang politik, ekonomi, dan pertahanan. Contoh kerja sama regional antara lain:

  • ASEAN
  • Liga Arab

  • Kerja Sama Multilateral

Kerja sama multilateral adalah kerja sama yang dilakukan beberapa negara. Contoh kerjasama ini antara lain

Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Berdasarkan bidangnya, kerjasama antar negara dapat dibedakan menjadi:

Kerjasama Bidang Ekonomi
Kerjasama Ekonomi adalah kerjasama yang menititik beratkan pada kepentingan ekonomi negara-negara anggotanya, contohnya:

  • APEC(Asia Pacific Economic Communication), yaitu kerjasama ekonomi yang dilakukan negara-negara di Asia dan Pasifik
  • MEE(Masyarakat Ekonomi Eropa), yaitu kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara Eropa

Kerjasama Bidang Sosial
Kerjasama ini adalah kerjasama antar negara yang berjalan dibidang sosial, contohnya

  • WHO(World Health Organization) adalah kerjasama yang dilakukan oleh PBB untuk mengatur masalah kesehatan di dunia
  • UNICEF(United Nation Children and Education Fund) adalah organisasi dibawah PBB yang berjalan di bidang pembiayaan sekolah-sekolah di negara kurang mampu
  • ILO(International Labour Organization) yaitu organisasi dibawah PBB yang mengatur masalah Buruh/tenaga kerja
    Kerjasama Bidang Politik/Pertahanan
    adalah kerjasama yang mengarah pada kerjasama pada bidang pertahanan
  • SEATO(South East Asia Treaty Organization) adalah organisasi di Asia Tenggara untuk membentung paham komunisme
  • ANZUS(Australia, New Zealand,dan United State)adalah organisasi yang digunakan untuk membentuk arus komunisme di kawasan AS, Australia, dna Selandia Baru
  • NATO(North Atlantic Treaty Organization) adalah organisasi di kawasan Atlantik utara untuk membentung arus komunisme
  • CENTO(Central Treaty Organization)adalah organisasi di kawasan Timur Tengah untuk membentung arus komunisme
    Pakta Warzawa adalah organisasi yang dibentuk Uni Soviet untuk membendeng pengaruh AS di Eropa

Teori Kerjasama Internasional

Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia. Kerja sama internasional, yang meliputi kerja sama di bidang politik, sosial, pertahanan keamanan, kebudayaan, dan ekonomi, berpedoman pada politik luar negeri masing-masing.


Prinsip Kejasama Internasional

Pentingnya kerjasama internasional bagi suatu negara .Hubungan kerjasama antara negara (Internasional) di dunia di perlukan guna memenuhi kebutuhan hidup dan eksistensi keberadaan suatu negara dalam tata pergaulan internasional di samping demi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan hidup yang merupakan dambaan setiap manusia dan negara,sudah barang tentu memiliki kelebihan ,kekurangan dan kepentingan yang berbeda .Hal inilah yang mendorong dilakukanya hubungan dan kerjasama internasional .Kerjsama antar bangsa di dunia didasari atas sikap saling menghormati dan saling mengutamakan sifat hubungan internasional.

Baca Juga :  Hubungan Internasional Indonesia

  • Persahabatan

Dengan adanya hubungan internasional muncullah kerjasama saling membantu sesame negara.


  • Persengketaan

Artinya pertentangan karena terlalu kompak antar negara


  • Permusuhan

Karena saling menjatuhkan maka akan timbul permusuhan


  • Peperangan

Adalah sikap tidak terpuji tak dapat menahan amarah antara negara ada peperangan melalui media seperti majalah tentang negara lain dan ada secara langsung.


  • Sarana-sarana Hubungan Internasional

Sarana yang dipergunakan dalam melakukan politik luar negeri adalah diplomasi ,propaganda,bidang-bidang aktifitas ekonomi dam militer


Asas-Asas Hubungan Internasional


  • Asas Teritorial

Yaitu hak dari suatu negara atas wilayahnya ,berhak menegakan hukum terhadap barang dan semua orang yang berada di wilayahnya.


  • Asas Kebangsaan

Yaitu kekuasaan bangsa atas warga negaranya ,setiap warga negara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya.


  • Asas kepentingan umum

Yaitu negara dapat melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.Negara dapat menyesuaikan diri dengan semua peristiwa yang ada hubunganya dengan kepentingan umum.


Lembaga Kerjasam Internasional

Bentuk kerjasama internasinal terbagi menjadi 4 (empat) macam yaitu sebagai berikut :

Kerjasama Bilateral
Kerjasama bilateral adalah kerjasama yang dilakukan antara 2 negara.Kerjasama ini biasanya dalam bentuk hubungan diplomatik,perdagangan,pendidikan dan kebudayaan.

Kerjasama Regional
Keerjasama regional adalah kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu kawasan atau wilayah.Contoh : ASEAN dan Liga Arab

Kerjasama Multilateral
Kerjasama multilateral adalah kerjasama yang dilakukan beberapa Negara.Contoh:Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Kerjasama Internasional
Kerjasama Internasional adalah kerjasama antara negara –negara di seluruh dunia.

Sedangkan untuk kerjasama di bidang lain seperti :

  1. Kerjasama di bidang ekonomi,FAO,IMF,IBRD,UNCTAD
  2. Kerjasama dibidang sosial, misalnya ILO, IRO,UNICEF,WHO.
  3. Kerjasama di bidang kebudayaan ,misalnya pendidikan IPTEK
  4. Kerjasama di bidang pertahanan misalnya: SEATO,ANZUZ,NATO,CENTO.

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Manfaat Kerjasama Internasional : Contoh,, Bentuk, Tujuan, Manfaat, Macam, Teori, Organisasi, Prinsip, Asas, Lembaga, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.