Keuntungan Letak Astronomi Indonesia

Diposting pada

Pengertian Letak Astronomi Indonesia

Pengertian letak astronomis Indonesia adalah posisinya jika dilihat melalui garis imajiner. Garis imajiner horizontal yang membentang melingkari bumi dinamakan garis lintang, sedangkan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal dinamakan garis bujur. Garis imajiner tadi masing-masing dibagi lagi menjadi dua, garis lintang dengan sisi selatan dan utara, kemudian titik tengahnya biasa disebut dengan garis khatulistiwa. Begitu juga dengan garis bujur yang dibagi menjadi barat dan timur, lalu titik tengah dari garis bujur ini disebut dengan zona waktu atau GMT.

letak astronomi indonesia


Dampak Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis indonesia memberikan berbagai dampak yang bisa dirasakan secara langsung. Dampak letak astronomis Indonesia dapat memberikan keuntungan bagi kehidupan di dalamnya, seperti di bawah ini.


  • Hanya Memiliki Dua Musim

Letak indonesia secara astronomis yang dilewati garis khatulistiwa membuatnya menjadi negara tropis, dan hanya dilewati oleh dua musim. Sehingga bila ada perubahan cuaca hanya dari musim kemarau dan penghujan saja, bahkan saat musim penghujan telah datang, sesekali Anda masih bisa menemui sinar matahari.

Keuntungan letak astronomis Indonesia tentunya sangat terasa bagi kelangsungan makhluk di dalamnya, Anda jadi tidak perlu merasakan suhu ekstrem di musim dingin ataupun panas yang menyengat di musim panas. Kondisi ini juga menyebabkan negara beriklim tropis cenderung memiliki sumber pangan yang selalu tersedia, karena tidak adanya kendala pertanian yang disebabkan oleh  perubahan musim.

Baca Juga :  Mengenal Kebijakan Fiskal

  • Iklim Tropis Yang Menguntungkan Lahan Pertanian

Pengaruh letak astronomis Indonesia ini tentu saja sangat menguntungkan para petani. Letak astronomis Indonesia membuat negara ini dibekali dengan curah hujan yang tinggi, sehingga membuat struktur tanah menjadi subur dan tidak pernah kekeringan. Hal ini lah yang mendorong banyak daerah dijadikan sebagai lahan pertanian maupun perkebunan, sehingga Indonesia dikenal sebagai negri agraris dan cocok ditanami segala jenis tanaman.

  • Memiliki Beragam Kekayaan Flora Dan Fauna

Keuntungan letak astronomis Indonesia yang menyebabkannya beriklim tropis juga membuat negri ini kaya akan kekayaan alam. Di Indonesia terdapat banyak hutan hujan tropis yang menjadikannya sebagai paru-paru dunia. Selain itu terdapat pula berbagai ragam flora dan fauna yang tersebar di penjuru Indonesia. Disisi lain kelebihan letak astronomis Indonesia ini juga membuatnya punya banyak tempat wisata alam yang indah dan eksotis.


Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Letak Indonesia secara astronomis berada pada 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Berarti letak astronomis Indonesia membentang dari titik 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan, serta dimulai dari 95 bujur timur ke 141 bujur timur. Karena memiliki wilayah yang membentang dari bagian utara bumi sampai selatan dapat disimpulkan bahwa Indonesia secara astronomis melewati garis khatulistiwa. Sedangkan dari garis bujurnya letak Indonesia secara keseluruhan berada di bumi bagian timur.

Hasil dari letak astronomis ini bisa digunakan untuk menentukan titik koordinat. Dampak letak astronomis Indonesia ini dapat memberi pengaruh terhadap kondisi iklim, persebaran flora dan fauna, serta curah hujan dan cuaca.

Letak Indonesia secara astronomis ini juga menyebabkan adanya pembagian zona waktu dengan masing-masing selisih 1 jam, seperti Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan Waktu Indonesia Timur. Pengaruh letak astronomis Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa juga menjadikan negara ini beriklim tropis dengan dua musim saja, yaitu musim kemarau dan penghujan.

Baca Juga :  Indonesia

Keuntungan letak astronomis Indonesia

  • Sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu udara tidak ekstrim (tidak jauh berbeda antarmusim) sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam dan di luar rumah.
  • Lama siang dan malam juga hampir sama, yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam.
  • Iklim tropis yang menyebabkan hujan datang setiap tahun

Letak Astronomis Indonesia

Secara astronomis, Indonesia terletak antara 95O BT – 141O BT dan 6O LU – 11O LS. Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5O LU dan 23,5O LS.


Perbedaan Waktu di Indonesia

  • WIB +7 JAM GMT
  • WITA +8 JAM GMT
  • WIT +9 JAM WIT

Pengaruh Letak Geografis Terhadap Hasil Perkebunan di Indonesia

Hasil perkebunan tersebut diekspor ke berbagai Negara sehingga menjadi sumber devisa bagi Indonesia seperti cengkeh, kayu cendana, pala, lada dll.


Perbedaan Iklim Berdasarkan Iklim Matahari

  • Iklim dingin
  • Iklim subtropics
  • Iklim tropis

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Cara Melestarikan Lingkungan : Manfaat, Pengertian, Contoh, Cara, Usaha, Penyebab, Dampak, Fungsi, Ciri, Gambar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.