Macam Adaptasi

Diposting pada

Pengertian Adaptasi

Adaptasi merupakan cara makhluk hidup guna menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup dimana ia tinggal. Adaptasi ini dperlukan guna makhluk hidup dibumi, katena lingkungan dibumi mempunyai gkatakteristik sendiri. Misalnya dikutub suhunya dingin serta banyak terdapt air. Sedangkan di daerah gurun suhunya panas, dan sulit untuk mendapatkan air.

macam adaptasi

Oleh sebab itu ditempat tersebut makhluk hiudp mempunyai bentuk dan juga karakteristtik yang berbeda untk menysuaikan diring dengan lingkungan seperti, beruang kutum yang memiliki butu lebat untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin dan di gurun unta mempunyai punuk sebagai penyimpanan cadangan air.

Habitat adalah lingkunga tempat makhluk hidup berkembang biat. Pada umumnya, makhluk hidup yang sudah beradaptasi dilingkungan tertentu sulit beradaptasi di tempat lain. Kecuali manusia, karena manusia mempunyai otak dan juga pikiran sebagai alat untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang ada. Otak dan pikiran ini dipakai untuk menyesuaikan lingkungan dengan kemauannya. Contohnya ialah dikutup itu dingin maka ia membuat rumah yang berbentuk seperti kubah karena dengan mebuat bentuk seperti itu maka suhu didalamnya akan lebih hangat.


Konsep Dasar Teori Adaptasi

konsep adaptasi datang dari dunia biologi, dimana ada 2 poin penting yaitu evolusi genetik, dimana berfokus pada umpan balik dari interaksi lingkungan, dan adaptasi biologi yang berfokus pada perilaku dari organisme selama masa hidupnya, dimana organisme tersebut berusaha menguasai faktor lingkungan, tidak hanya faktor umpan balik lingkungan, tetapi juga proses kognitif dan level gerak yang terus-menerus.

Adaptasi juga merupakan suatu kunci konsep dalam 2 versi dari teori sistem, baik secara biological, perilaku, dan sosial yang dikemukakan oleh John Bennet (Bennet, 249-250). Asumsi dasar adaptasi berkembang dari pemahaman yang bersifat evolusionari yang senantiasa melihat manusia selalu berupaya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam sekitarnya, baik secara biologis/genetik maupun secara budaya. Proses adaptasi dalam evolusi melibatkan seleksi genetik dan varian budaya yang dianggap sebagai jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan.


Macam-macam Adaptasi

Ada tiga macam adaptasi diantaranya ialah ;


Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup / alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungan tempat linggalnya. Pada adaptasi biasanya bentuk penyesuaian bentuk tubuhnya misalnya pada bentuk paruh, bentuk sayap, bentuk kaki maupun bentuk seluruh tubuh secara keseluruhan.

Adaptasi pada bentuk tubuh berfungsi sebagai penyesuaian bentuk tubuhnya dengan cara ia mendapatkan makanan dan menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan bagaimana ia tinggal di tempat itu.

Baca Juga :  Pengertian Adaptasi

Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Contoh adaptasi morfologi pada hewan, antara lain sebagai berikut :

a. Gigi-gigi khusus

Gigi hewan karnivora atau pemakan daging beradaptasi menjadi empat gigi taring besar dan runcing untuk menangkap mangsa, serta gigi geraham dengan ujung pemotong yang tajam untuk mencabik-cabik mangsanya.

b. Moncong

Trenggiling besar adalah hewan menyusui yang hidup di hutan rimba Amerika Tengah dan Selatan. Makanan trenggiling adalah semut, rayap, dan serangga lain yang merayap. Hewan ini mempunyai moncong panjang dengan ujung mulut kecil tak bergigi dengan lubang berbentuk celah kecil untuk mengisap semut dari sarangnya. Hewan ini mempunyai lidah panjang dan bergetah yangdapat dijulurkan jauh keluar mulut untuk menangkapserangga.

c. Paruh

Elang memiliki paruh yang kuat dengan rahang atas yang melengkung dan ujungnya tajam. Fungsi paruh untuk mencengkeram korbannya


Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan.

a.Daun

Tumbuhan insektivora (tumbuhan pemakan serangga), misalnya kantong semar, memiliki daun yang berbentuk piala dengan permukaan dalam yang licin sehingga dapat menggelincirkan serangga yang hinggap. Dengan enzim yang dimiliki tumbuhan insektivora, serangga tersebut akan dilumatkan, sehingga tumbuhan ini memperoleh unsur yang diperlukan.

b.Akar

Akar tumbuhan gurun kuat dan panjang,berfungsi untuk menyerap air yang terdapat jauh di dalam tanah. Sedangkan akar hawa pada tumbuhan bakau untuk bernapas.


Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi ini tidak bisa dilihat langsung oleh mata kepala sendiri. Karena pada adaptais fisiologi menyangkut fungsi organ bagian dalam tubuh akhluk hidup dengan lingkungannya. Misalnya seprti fungsi jantung manusia guna beradaptasi dengan daerah tinggi.


Adaptasi Fisiologi Pada Manusia

  1. Jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di pantai/dataran rendah.
  2. Ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar dari pada ukuran jantung orang kebanyakan.
  3. Pada saat udara dingin, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine (air seni).

Adaptasi Fisiologi Pada Hewan

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dapat dibedakan menjadi karnivor (pemakan daging). herbivor memakan tumbuhan), serta omnivor (pemakan daging dan turnbuhan). Penyesuaian hewan-hewan tersebut terhadap jenis makanannya. antara lain terdapat pada ukuran (panjang) usus dan enzim pencernaan yang berbeda. Untuk mencerna tumbuhan yang umumnya mempunyai sel-sel berdinding sel keras, rata-rata usus herbrvor lebih panjang daripada usus karnivor:

Contoh yang lain adalah sebagai berikut.

a.Kelenjarbau

Musang dapat mensekresikan bau busukdengan cara menyemprotkan cairan melalui sisi lubang dubur. Sekret tersebut berfungsi untuk menghindarkan diri dari musuhnya.

b.Kantongtinta

Cumi-cumi dan gurita memiliki kantong tinta yang berisi cairan hitam. Bila musuh datang, tinta disemprotkan ke dalam air sekitarnya sehingga musuh tidak dapat melihat kedudukan cumi-cumi dan gurita

c.Mimikri  pada      kadal

Kulit kadal dapat berubah warna karena pigmen yang dikandungnya. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh faktor dalam berupa hormon dan faktor luar berupa suhu serta keadaan sekitarnya.

Baca Juga :  Jenis Adaptasi

Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan

  1. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh serangga mempunyai bunga yang berbau khas.
  2. Tumbuhan tertentu menghasilkan zat khusus yang dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan lain atau melindungi diri terhadap herbivor. Misalnya. semak azalea di Jepang menghasilkan bahan kimia beracun sehingga rusa tidak memakan daunnya.

Adaptasi Tinggkah Laku

Adaptasi tingkah laku merpakan cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Adaptasi ini berhubungan dengan tindakan makhluk hidup untuk beradaptasi atau melindungi diri dari pemangsa. Selain itu adaptasi tingkah laku juga berhubungan dengan kebiasaan makhluk hidup untuk beradaptasi dan mempertahankan hiudpnya di suatu lingkungannya.


Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan

Adaptasi tingkah laku merupakan adaptasi yang didasarkan pada tingkah laku. Contohnya sebagai berikut :

a. Pura-pura tidur atau mati
Beberapa hewan berpura-pura tidur atau mati, misalnya tupai Virginia. Hewan ini sering berbaring tidak berdaya dengan mata tertutup bila didekati seekor anjing.

b. Migrasi
Ikan salem raja di Amerika Utara melakukan migrasi untuk mencari tempat yang sesuai untuk bertelur.

Contoh dari hewan yang beradaptasi dengan tingkah laku:

  1. Bunglon melakukan mimikri, yaitu mengubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungan/tempat hinggapnya. Dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya, bunglon terlindung dari pemangsanya sekaligus tersamar dari hewan yang akan dimangsanya. Dengan demikian, bunglon dapat terhindar dari bahaya dan sekaligus lebih mudah menangkap mangsanya.
  2. Cumi-cumi mengeluarkan tinta/cairan hitam ketika ada bahaya yang mengancamnya. Cumi-cumi juga mampu mengubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungannya.
  3. Secara berkala, paus muncul di permukaan air untuk menghirup udara dan menyemprotkan air. Paus melakukan tindakan demikian karena alat pernapasannya berupa paru-paru tidak dapat memanfaatkan oksigen yang terlarut di dalam air.
  4. Dalam keadaan bahaya, cecak melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekornya. Ekor cecak yang terputus tetap dapat bergerak sehingga perhatian pemangsanya beralih pada ekor tersebut dan cecak dapat menyelamatkan diri.

Adaptasi Tingkah Laku Pada Tumbuhan.

  1. Pada saat lingkungan dalam keadaan kering, tumbuhan yang termasuk suku jahe-jahean akan mematikan sebagian tubuhnya yang tumbuh di permukaan tanah.
  2. Pada musim kemarau. tumbuhan tropofit, misalnya pohon jati dan randu, menggugurkan daunnya.

Contoh-contoh Adaptasi

Adaptasi ini di bagi menjadi tiga bagian. Diantaranya ialah contoh, adaptasi morfologi, contoh adaptasi fisiologi dan juga contoh adaptasi tingkah laku.


Contoh Adaptasi Morfologi

Contoh adaptasai morfologi pada makhluk hidup darat ;

  • Tubuhan xerofit misalnya kaktus yang mempunyai batang yang tebal guna menyumpan air, mempunyai daun yang berduri yang berguna untuk mengurangi penguapan air, dan juga mempunyai akar panjang dan juga menyebar agar lebih mudah mencari air.
  • Kelinci gurun memiliki telingan yang cukup besar dibandingkan dengan yang lainnya, ini dikarenakan untuk mendinginkan tubuhnya. Karena pada saat daerah kelinci tersbut mengalir melewati telinga, maka darah melepaskan panas ke sekelilingnya.
  • Katak gurun mempunyai kaki bertanduk yang berguna untuk menggali lubang hingga mencapai tiga meter. Lubang ini di pakai untuk melindungi diri dari pannas gurun.
Baca Juga :  Proses Sosial

Contoh Adaptasi Fisiologi

Contoh adaptasi fisiologi diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Saat berada di daerah tinggi misalnya seperti di puncak gunung manusia akan memproduksi buti daram merah lebih banyak ini agar lebih banyak mengikat oksigen. Ini dikarenakan di dataran tinggi tekanan atmofirnya lebih kecil dai pada didataran yang rendah sehingga hanya sedikit sekali olsigen yang bisa masuk ke tubuh manusia.
  • Ikan yang dhiup di air asin akan lebih pekat mengeluarkan urin dari pada dengan ikan yang hidup di air tawar. Ikan yang hiudp diair asin akan mengeluarkan urin yang lebih pekat ini agar jumlah garam di tubuh ikan tersebut tidak berlebihan.

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Berikut ini beberapa contoh adaptasi tingkah laku ;

  1. Bunglon akan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungannya. Ini agar lebih mudah mendapatkan mengsanya.
  2. Ikan paus dan lumba-lumba secara berkala akan muncul ke permukaan air guna bernafas. Karena paus dan lumba-lumba ini ialah hewan mamalia yang bernafas dengan paru-paru.
  3. Raying yang kulitnya sudah mengelupas akan dimakan kembali oleh tayap. Hal ini dilakukan karenan di dalam kulit rayap ada usus rayap yang ikut mengelupas dan usus tersebut mempunyai flagelata yang menghasilkan enzim selulosa yang bisa mencernakan kayu.
  4. Selain itu, rayap muda juga menjilati dubur rayao dewasa dengan tujuan mendapatkan enzim sellulose untuk mencernakan kayu

Maladaptasi

Lingkungan selalu berubah – ubah . Kadang perubahan terjadi dengan cepat , kadang pula lambat . Perubahan besar yang terjadi dengan cepat mudah terlihat dan orang selalu berusaha mengadaptasikan dirinya terhadap perubahan tersebut . Tetapi terkadang usaga tersebut tidak selaluberhasil . Perubahan yang terjadi sedikit – demi sedikit secara perlahan sukar untuk terlihat .

Dan akibatnya adaptasi tidak terjadi . Dapat juga orang enggan untuk melakukan adaptasi . Adaptasi yang tidak berhasil , menghasilkan sifat yang tidak sesuai dengan lingkungan . Demikian pula tidak adanya adaptasi meninggalkan sifat yang tidak sesuai lagi . Sifat yang tidak sesuai itu disebut maladaptasi . Maladaptasi mengurangi kementakan untuk kelangsungan hidup . Hal ini banyak terjadi pada manusia dalam kaitannya bertetangga dan bermasyarakat .


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Macam Adaptasi : Pengertian, Konsep Dasar Teori, Morfologi, Fisiologi, Tingkah Laku, Maladaptasi Beserta Contohnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua yang membacanya.