Darah Penghasil Marmer

Diposting pada

Pengertian Marmer

Marmer umumnya tersusun oleh mineral kalsit dengan kandungan mineral minor lainya adalah kuarsa, mika, klhorit, tremolit, dan silikat lainnya seperti graphit, hematit, dan limonit. Nilai komersil marmer bergantung kepada warna dan tekstur.  Marmer yang berkualitas sangat tinggi adalah berwarna putih sangat jernih, sebab kandungan kalsitnya lebih besar dari 90 %.

batu marmer

Marmer yang berwarna abu-abu dihasilkan dari kandungan grapit pada batuan tersebut, pink dan merah akibat adanya kandungan hematit,  kuning dan krem sebagai pengaruh dari kandungan limonit.  Marmerpun dicirikan pula oleh gores  arah jarus dan lapisan grapit atau silikat gelapnya. Berdasarkan besar butirnya, tekstur berkisar dari halus hingga kasar.  Sifat sifat lainnya yang berpengaruh terhadap kualitas marmer adalah porositas, kekuatan regangan dan kekuatan terhadap cuaca.

Marmer merupakan bahan galian yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas, bahkan cukup gencar pula muncul ke permukaan yang menimbulkan sensasi pencarian marmer yang dapat tembus cahaya dengan harga penawaran sangat menggiurkan, walaupun hanya sebatas orang-per orang dan diliputi misteri, hobi dan aspek mistik lainnya.

Sebagai bahan galian yang mempunyai nilai jual tinggi karena rona yang sangat indah, artistik, dan aspek kuat tekan dan geser yang tinggi menjadikan bahan galian ini mempunyai pangsa pasar yang  relatif tinggi hingga pada pasar menengah.

Penggunaan marmer biasanya untuk meja, tegel, hiasan dinding, pelengkapan rumah tangga sepeti guci, lampu hias dan lain sebagainya. Untuk tegel, dinding dan meja memerlukan diameter yang besar dan kualitas yang sangat baik dalam artian sedikit sekali adanya retakan dan kandungan minerl bijihnya, sehingga akan menimbulkan kesan dingin walaupun kenas sinar matahari sekalipun.

Baca Juga :  Peran Pers Dalam Masyarakat

Cara Pengolahan Batu Marmer

Untuk mengetahui besarnya cadangan suatu tubuh marmer maka biasanya dilakukan eksplorasi geofisika agar diketahui baik penyebaran horizontal maupun vertikal, kemudian dbuat sumur uji dan pemboran untuk mengetahui  ketebalan lapisan. Untuk mengetahui kualitas marmer di suatu lokasi maka diambil sampel yang diuji di laboratorium baik fisika maupun kimia, secara mikroskopis.

Sebelum keluar teknologi baru,  penambangan marmer dilakukan dengan 2 tahapan yaitu:

  • Land clearing (pengupasan), yaitu kegiatan pengupasan lapisan tanah dengan menggunakan buldozer dan ekskavator menggali tanah yang menutupi tubuh batuan guna menyiapkan kegiatan penambangan
  • Kegiatan produksi, yaitu proses pemolaan, pemboran, pemahatan, dan seleksi tiap blok dan mengangkutnya ke lokasi pengolahan selanjutnya.

Manfaat/ Kegunaan Batu Marmer

Penggunaan marmer atau batu pualam tersebut biasa dikategorikan kepada dua penampilan yaitu tipe ordinario dan tipe staturio. Tipe ordinario biasanya digunakan untuk  pembuatan tempat mandi, meja-meja toilt, lanati, dinding dan sebagainya, sedangka tipe staturio sering dipakai untuk seni pahat dan patung (Asril, 1994).

Berikut beberapa kegunaan batu marmer :

  1. Marmer biasanya di gunakan sebagai kerajinan seperti prasasti marmer dan patung marmer. Marmer Putih telah digunakan dalam patung berharga sejak jaman klasik. Tipe marmer yang sering digunakan yaitu tipe staturio.
  2. Batu marmer sangat disukai sebagai batu ornament. Batu marmer  tipe ordinorio yang berwarna putih sering digunakan untuk pembuatan tempat mandi, meja-meja, toilet, lantai, dinding dan sebagainya.
  3. Digunakan untuk alat menulis.
  4. Digunakan untuk batu nisan.

Daearh Persebaran Penghasil Batu Marmer di Indonesia

Saat ini daerah penghasil marmer di Indoneasia sudah tersebar luas, antara lain : lampung, jawa tengah, bandung, Sulawesi, Kalimantan, Bangka dan kupang. Namun mermer terbaik terdapat di Sulawesi selatan.

Baca Juga :  Asas Kewarganegaraan

Jenis Batu Marmer

  1. Jenis Ornamental MarbleJenis Ornamental Marble
  2. Jenis Marmer Cipolin
  3. Jenis Marmer Onyx
  4. Jenis Statuary Marble
  5. Jenis Breccia Marble
  6. Jenis Marmer Limestone
  7. Jenis Shell Marble
  8. Jenis Marmer Budidaya
  9. Jenis Ruin Marble

Harga dan Ukuran Batuan Marmer

  1. Crema Iks slab m2 653.100
  2. Crema Iks 60×60 m2 619.100
  3. Crema Mangilu slab m2 1.020.450
  4. Crema Mangilu 60×60 m2 953.800
  5. Travertine Cream slab 1.800.450
  6. Snow White slab 2.100.450
  7. Black Gold 60P 1.200.450
  8. Nero Assoluto slab 1.250.450
  9. Statuario slab 3.550.450
  10. Saint Laurent slab 900.450
  11. Dark Emprador slab 1.370.450
  12. Light Emprador slab 1370.450
  13. Nero Marquina 60P 850.450
  14. White Carara slab 1.450.450
  15. Serpegiante Grey slab 1.273.450
  16. Portoro Silver slab 1.200.450

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Darah Penghasil Marmer : Harga, Gambar, Jenis, Manfaat, Proses Terbentuknya, Motif, Ciri, Ukuran, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.