Meristem Apikal

Diposting pada

Pengertian Meristem Apikal

jaringan meristem

Meristem apikal disebut juga meristem ujung karena terdapat di ujung akar dan ujung batang. jadi meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang. Meristem ujung yang terdapat pada ujung akar memungkinkan membuat jalinan di dalam tanah sehingga memperoleh air yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Adapun pada ujung batang dihasilkan sel-sel baru yang akan membentuk daun.

Meristem apikal terdapat pada tumbuhan paku-pakuan, biji terbuka, maupun tumbuhan biji tertutup. Dalam keadaan khusus, meristem apikal pada tumbuhan berbunga dapat membentuk kuncup bunga yang akan berkembang menjadi bunga sebagai alat perkembangbiakan secara generatif.

Jaringan meristem diujung batang menghasilkan sel-sel baru dan menumbuhkan primordial daun yang kelak tumbuh menjadi daun. Titik pada batang sebagai tempat berkembangnya daun dinamakan bongkol. Jarak antar bongkol di ujung batang tanaman sangat berdekatan, sedangkan daun-daun berkembang dengan cepat. Hal itu menyebabkan daun-daun tumbuh diatas meristem ujung pembentuknya. Jaringan meristem yang terakhir membentuk kuncup lateral, berkembang pada bongkol-bongkol. Kuncup lateral akan tumbuh dan berkembang membentuk cabang-cabang baru. Jaringan meristem ujung akar menghasilkan sel-sel baru dan terus memperpanjang akar.


Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan

Jaringan meristem di bagi menjadi tiga berdasarkan asal terbentuknya. Yaitu:


  1. Jaringan Meristem Primer

Jaringan meristem primer ini terletak pada ujung batang dan ujung akar. Jaringan meristem ini berkembang dari sel embrional. Sesuai dengan namanya jaringan meristem primer ini menyebabkan pertumbuhan primer.  Fungsi jaringan ini meristem primer ini adalah pohon menjadi lebih besar dan menjadi tinggi. Akar tumbuhan menjadi lebih panjang, tumbuhan semakin lebat.

Baca Juga :  Apa itu Konjungsi

  1. Jaringan Meristem Sekunder

Jaringan meristem sekunder berasal dari jaringan dewasa yang sudah tidak berkembang lagi, tapi masih dapat bersifat embrional. Jaringan meristem sekunder ini bisa kita lihat yaitu kambium gabus. Jaringan meristem sekunder terdapat pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka. Sehingga fungsi jaringan meristem sekunder adalah memperbesar tumbuhan. Oleh karena itu tumbuhan dikotil dapat tumbuh besar. Sedangkan tanaman monokotil

tidak mempunyai jaringan meristem sekunder sehingga tida dapat tumbuh besar dan bercabang.


  1. Jaringan Promeristem

Pada saat tumbuhan masih dalam bentuk embrio, jaringan promeristem ini sudah ada. Sehingga saat biji tumbuhan tumbuh atau berkecambah. Jaringan meristem ini akan membentuk menjadi jaringan meristem primer. Jadi fungsi jaringan promeristem ini adalah membentuk jaringan primer.


  • Meristem Apical

Meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan pada ujung batang. Meristem apikal selalu menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang.Pertumbuhan memanjang akibat aktivitas meristem apikal disebut pertumbuhan primer.

  1. Letak : Ujung akar & batang
  2. FUNGSI : Memperpanjang ujung

  1. Meristem Interkalar

Meristem interkalar atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara
jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Pertumbuhan sel meristem interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.

  1. Letak : Tepi Batang & akar
  2. FUNGSI : Meningkatkan diameter

  • Meristem lateral

Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan skunder.
Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan skunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang.

  1. Letak : Pangkal ruas batang Pertumbuhan
  2. FUNGSI : Memperpanjang ruas

Macam-Macam Jaringan Meristem Berdasarkan Asalnya

Macam-macam jaringan meristem bedasarkan asalnya terbagi atas 3 bagian yakni Promeristem, Meristem Primer dan Meristem Sekunder, penjelasan dari ketiga bagian tersebut dalam dillihat dibawah ini..


  1. Promeristem

Promeristem adalah jaringan yang telah ada pada saat tumbuhan masih dalam keadaan fase embrio atau masih dalam tingkat embrio.

Baca Juga :  Pengertian Asas Diskresi

  1. Meristem Primer

Meristem Primer adalah jaringan yang ditemukan pada tumbuhan dewasa yang sel-selnya masih membelah yang terdapat pada bagian ujung akar dan bagian ujung batang, sehingga menyebabkan tumbuhan tumbuh dengan tinggi.


  1. Meristem Sekunder 

Meristem Sekunder adalah jaringan ini merupakan jaringan yang berasal dari meristem primer yang merupakan hasil perkembangan dari meristem primer, contonya kambium.


Definisi Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang sel –selnya mampu membelah diri dengan cara mitosis secara terus menerus ( bersifat embrional) untuk menambah jumlah sel – sel tubuh pada tumbuhan. Meristem terdapat pada bagian – bagian tertentu saja pada tumbuh – tumbuhan.


Ciri – ciri Jaringan Meristem

  1. Bentuk dan ukurannya selnya sama (kubus)
  2. Dinding Selnya Tipis
  3. Selnya penuh dengan protoplasma
  4. Isi sel tidak mengandung zat makanan
  5. Sel muda dan belum mengalami diferensiasi dan spesialisasi, berdinding tipis, protoplasma banyak, vakuola kecil, inti besar, plastida belum matang dan berbentuk sama ke segala arah

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Meristem Apikal : Pengertian, Fungsi, Letak, Macam, Definisi, Ciri, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.