Mind Map Adalah

Diposting pada

Pengertian Mind Mapping

berbicara menganai mind mapping, tenti kalian sudah sering mendengarnya. Akan tetapi apakah kaliah sudah mengetahuai apa arti dari in mapping itu sendiri? Perlu kita ketahui, mind mapping ialah sebuah metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan memalu pemetaan peta pikiran bentuk percabangan yang dituangkan langsung kedalam media tulis. Mind mapping pada umummnya berupa cuatu percabangan bagan-bagan. Manfaat dari metode pencatatan ini menggunakan mind mapping tersebut diantaranya ialah untuk mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci, mudahnya kita mengingat suatu informasi utama karena tema utama terdefinisi dengan jelas di tengah.

Mind Map Adalah


Manfaat Penggunaan Mind Mapping

Konsep mind mapping ini dikategorikan ke dalam teknik kreatif, karena pembuatan mind maping ini membutuhkan pemanfaatan imajinasi dari si pembuatnya. Siswa yang kreatif akan lebih mudah membuat mind mapping ini. begitu pula, dengan semakin sering siswa membuat mind mapping, dia akan semakin kreatif. Mind mapping sangat efektif bila digunakan untuk memunculkan ide tersebut. Catatan yang siswa buat membentuk sebuah pola gagasan yang saling berkaitan, dengan topik utama ditengah dan sub topik dan perincian menjadi cabang-cabangnay teknik ini dikenal dengan nama Radian Thingking (Deporter dan Hernacki,2011:152)

Mind mapping akan sangat bermanfaat dalam pembelajaran terutama dalam keterampilan mencatat dan mengingat, antara lain:

  1. Membuat kemampuan otak untuk berkonsentrasi
  2. Memungkinkan esemsi materi menjadi jelas
  3. Seacara visual realatif lebih jelas urutan dan informasinya
  4. Membuat sambungan antara ide-ide agar mudah untuk dilihat
  5. Meningkatkan daya ingat menjadi Long term memory
  6. Meningktkan keyakinan dalam kemampuan untuk belajar

Jenis-jenis Mind Mapping

Kita mengenal beberapa jenis mind mapping yang secara umum banyak digunnakan, berikut inni ialah beberapa jenis mind mapping, diantaranya ialah.


  1. Mind Map Silabus

Janis mind mapping pertama yang perlu kita ketahui ialah mind map silabus atau mind map makro. Mind mapping selabus merupakan jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apa yang dipelajarai dan juga biasanya mind mapping ini juga dibuat dengan ikuran besar dan ditempel di dinding.

Baca Juga :  Apa Itu Arti Perusahaan

  1. Mind Map Bad

Kemudian ada jenis mind mapping berikutnya yaitu mind mapping map bad. Mind mapping ini dibuat berdasarkan rangkaian bab yang sudah dipelajari, akan tetapi harus diringkas poin pening atau garis besarnya saja untuk mudah mengingatnya.


  1. Mind Map Paragraf

Jenis mind map paragraf ini bisa memberikann informasi secara lengkap karena selain dapat melihat ringkasan setiap bab, kita juga bisa mengetahui deail penjelasannya. Nah, keuntungan menggunakan mind mapping paragraf ini ialah mind map inni bisa dibuat dibuku teks kecil lho guys


Langkah-langkah Penerapan Map Mapping

Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran dengan mind mapping ini adalah:

  1. Mempelajari konsep suatu materi pelajaran,
  2. Menentukan ide-ide pokok,
  3. Membuat peta pikiran,
  4. Mempresentasikan didepan kelas,

Cara Membuat Mind Mapping Yang Menarik

Seperti yang kita ketahui, mind map adalah media berfikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara lami. Mind map ini mmemungkinkan otak untuk menggunakan semua gambar dan juga sosiasi dalam pola radial dan juga jaringan sebagaimana otak dirancang.


  1. Berikut Ini Beberapa Hal Yang Penting Dalam Membuat Mind Mapping

Pastikan tema utama terletak pada tengah-tengah, memang hal ini agak sulit, akan tetapi untuk memudahkan kita untuk membuat banyak percabangan akan lebih baik apabila mind mapping berinti di tengah.

  • Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang massih berkaitan dengan tema utama
  • Cari hubungan anra setiap tema dan juga tadai dengan garis warna atau simbol gambar
  • Gunakan lah variasi guruf besar maupun huruf kecil
  • Buat lah warna tlisan atau simbol gambar dengan warna yang beragam
  • Jangan langsung membuat mind map di kertas yang digunakan untuk menngambar, draf peta pikiran terlebih dahulu dikertas buram
  • Rencanakan tempat peletakan bagan dan percangan dengan sebaik-baiknya

Beberapa Contoh Mind Map Unik

Berbidata entang mind mapping, menurut sang pengembang, tony buzan, mind mapping ialah suatu teknik mencatat yang menonjolkan sisi kreatifitas sehingga efektif dalam meletakan pikiran. Berikut ini kami akan memberikann beberapa contoh dari mind mapping unik yang pernah dibuat

  • Mind mapping uni pertama ialah barain fucntions yang dibuat oleh paul foreman
  • Creativity tips oelh tony buzan
  • Habit transformation oleh adam sicinski
  • Procrastination buster oleh jane genovese
  • Work smart oleh tthum cheng chong
Baca Juga :  Apa itu Diskusi

Sintax Model Pembelajaran Mind Mapping

  1. Interpretasi (interpreting) yaitu siswa dapat memberikan penjelasan tentang konsep sesuai dengan bahasa sendiri.
  2. Mencontohkan (examplifying) yaitu siswa dapat memberikan contoh ataupun noncontoh dari konsep.
  3. Mengklasifikasikan (classifying) yaitu siswa mengelompokkan konsep berdasar katergori atau definisi yang ada.
  4. Menggeneralisasikan (summarizing) yaitu siswa dapat menentukan konsep yang umum beserta sub konsep atau poin-poin khusus yang ada di dalamnya.
  5. Membandingkan (comparing) yaitu siswa menghubungkan dari konsep-konsep yang saling berkaitan.
  6. Inferensi (inferring) yaitu siswa menggambarkan informasi logis yang berupa konsep.
  7. Menjelaskan (explaining) yaitu siswa menjelaskan dengan menggunakan sebab-akibat.

Langkah-Langkah Membuat Mind Mapping

  1. Tentukan tema atau topik dari mind map, tulis topik tersebut pada bagian tengah kertas kosong yang diletakkan mendatar (landscape). Memulai penulisan dari pusat memberikan kebebasan otak untuk menyebar ke segala arah dan mengekspresikan dirinya lebih bebas dan alami.
  2. Gunakan pula gambar untuk topik utama. Sebuah gambar atau foto akan mempunyai seribu kata yang membantu otak dalam menggunakan imajinasi yang akan diungkapkan. Sebuah gambar sentral akan lebih menarik, membuat otak tetap terfokus, membantu otak berkosentrasi, dan mengaktifkan otak.
  3. Gunakan berbagai warna. Bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna membuat Peta pikiran (mind mapping) lebih hidup, menambah energi pada pemikiran yang kreatif, dan menyenangkan.
  4. Cari topik-topik cabang yang berhubungan dengan topik utama. Tuliskan pula dengan satu kata kunci untuk tiap-tiap topik cabang. Menghubungkan tiap-tiap topik cabang, akan membantu memahami dan mengingat lebih banyak dengan mudah.
  5. Gunakan gambar atau kode-kode sederhana untuk tiap topik cabang.
  6. Cari hubungan antara topik cabang dengan topik utama. Gambar hubungan dengan membuat garis lengkung yang menghubungkan antara topik cabang dengan topik utama menggunakan pensil warna.
  7. Sisakan ruangan kosong pada kertas untuk penambahan tema/gagasan/topik. Ruang kosong digunakan untuk menempatkan ide yang tiba-tiba muncul.

Kelebihan Model Pembelajaran Mind Mapping

  1. Dapat mengemukakan pendapat secara bebas.
  2. Catatan lebih berfokus kepada inti materi.
  3. Mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan.
  4. Merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunaan garis lengkung, warna dan gambar.
  5. Membantu seseorang membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat.
  6. Dapat mengoptimalkan otak kanan dan otak kiri, karena mind map bekerja dengan gambar, warna dan kata-kata sederhana.
  7. Pembelajaran terkesan lebih efektif dan efisien.
  8. Dapat meningkatkan daya kreatifitas siswa dan guru.
  9. Mempertajam daya analisa dan logika siswa, karena siswa tidak lagi dituntut untuk mencatat buku sampai habis kemudian menghafalnya.
Baca Juga :  Coelenterata

Kekurangan Model Pembelajaran Mind Mapping

  1. Hanya siswa yang aktif yang terlibat.
  2. Tidak sepenuhnya murid yang belajar.
  3. Jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan

Penerapan dalam Pembelajaran Fisika

Dalam pembelajaran fisika, Model ini sangat cocok untuk diterapkan di tingkat SMA. Hal ini disebabkan karena pada tingkatan SMA, siswa banyak mempelajari tentang konsep fisika dan perhitungan-perhitungan yang tentunya sulit untuk dipelajari jika tidak memahaminya. Guru sebaiknya menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan keterampilan proses. Pendekatan deduktif digunakan supaya saat penyampaian materi tidak memerlukan waktu yang banyak.

Pendekatan keterampilan proses digunakan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk mengamati, menggolongkan, menafsirkan, meramalkan, menerapkan, merencanakan penelitian, mengkomunikasikan hasil perolehan tersebut. Salah satu materi yang cocok yaitu usaha dan energi. Metode yang akan digunakan untuk model pembelajaran Mind Mapping yaitu metode ceramah, metode diskusi dan metode tanya-jawab. Berikut skenario yang akan dilakukan pada pembelajaran usaha dan energi :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai pada pembelajaran usaha dan energi.
  2. Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 2-3 orang untuk membuat mind map.
  3. Guru menjelaskan cara membuat mind map.
  4. Guru meminta siswa membaca materi usaha dan energi lalu mendiskusikannya dengan teman sekelompok sebelum membuat mind map.
  5. Tiap kelompok membuat mind map.
  6. Tiap kelompok menunjukkan hasil mind map dan menjelaskan kepada teman sekelasnya.
  7. Tiap kelompok mengadakan sesi tanya-jawab tentang materi usaha dan energi yang telah dibuat dalam bentuk mind map.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.di mengenai Mind Map Adalah : Pengertian, Manfaat, Jenis, Langkah, Cara Membuat, Contoh, Sintax Model,Kelebihan Pembelajran, Kekurangan, dan Penerapan Dalam Fisika semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.