Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Diposting pada

Definisi Pasar

Dalam arti sempit, pasar dapat diartikan sebagai tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan beli barang atau jasa. Sedangkan secara luas, pasar merupakan proses di mana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan dan kesepakatan atas tingkat harga berdasarkan permintaan dan penawaran.

Harga keseimbangan dapat disepakati antara pembeli dan penjual karena adanya sikap toleransi dan komunikatif di antara kedua pihak. Contoh pasar dalam arti yang sangat luas yaitu pasar saham, pasar uang, penjualan via internet dan surat kabar yang dilanjutkan dengan interaksi melalui telepon. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pasar merupaka tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga harga dapat ditetapkan.


Struktur Pasar

Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat menengaryuhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi. Struktur pasar di mana perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi  hargza dan barang di pasar. Semakin lemah kemampuan perusahaan-perusahaan tersbut, semakin kompetitif struktur pasarnya.

Struktur pasar di suatu negara dapat bergerak mulai dari struktur pasar persaingan sempurna sampai dengan monopoli. Masing-masing pasar membentuk spektrum pasar seperti pada peraga dibawah ini.

struktur pasar

Syarat Terbentuknya Pasar

  1. Terdapat penjual dan pembeli
  2. Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
  3. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli atau tawar menawar antara pembeli dan penjual

Fungsi Yang Mendasar Pada Keberadaan Pasar

  1. Fungsi Distribusi maksudnya pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
  2. Fungsi Pembentukan Harga maksudnya pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
  3. Fungsi Promosi maksudnya pasar digunakan sebagai ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel, dll.
Baca Juga :  Sistem Saraf Pada Manusia

Peranan Pasar

  1. Sebagai tempat untuk mempromosikan barang.
  2. Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
  3. Sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi.
  4. Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang kebutuhan
  5. Sebagai tempat bagi konsumen untuk menawarkan sumber daya yang dimiliki
  6. Sebagai penunjang kelancaran pembangunan
  7. Sebagai sumber pendapatan negara

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Sebenarnya, apa itu pasar persaingan tidak sempurna? Pengertian pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisir dengan baik dimana tampak sedikit penjual tapi jumlah pembelinya sangat banyak.

Dalam pasar persaingan tidak sempurna (inperfect competition market) hanya ada beberapa penjual yang menguasai pasar sehingga penjual dapat menentukan harga dan mengambil keuntungan yang lebih besar.

Disebut pasar persaingan tidak sempurna ialah karena pasar tersebut telah dianggap ‘cacat’ sehingga timbul ketidakadilan dalam pasar. Di pasar ini umumnya terdapat beragam jenis barang atau jasa yang dijual (heterogen) namun jumlahnya terbatas.

Pasar-Persaingan-Tidak-Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga produknya. Meskipun demikian persaingan tidak sempurna tidak mengatakan secara langsung bahwa suatu perusahaan mempunyai pengawasan mutlak terhadap harga produknya.

Produknya terdiferensiasi atau terbedakan kadang-kadang, perbedaan antar produk itu dalam hal yang kecil,seperti pembungkusnya, warnanya dan sebagainya. Kadang-kadang pula, perbedaan itu cukup esensial atau mendasar, seperti perbedaan dalam bahan baku yang mereka gunakan.

Industry sabun mandi, rokok, obat flu,beras, mie instan, merupakan contoh-contoh yang baik untuk jenis industri ini.Untuk mengatakan pepsi sebagai pesaing tidak sempurna, hal ini harus berartibahwa perusahaan tsb bisa menetapkan harga sekaleng minuman seharga 40 atau50 sen, dan tetap bertahan pada industry tersebut. Jika perusahaan tidak dapat menetapkan harga 40 atau 50 sen, maka perusahaan tersebut akan bangkrut.

Baca Juga :  Penyebab Terjadinya Inflasi Dalam Suatu Negara

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

  • Tidak terlalu sulit untuk mengetahui bahwa sebuah pasar termasuk di dalam pasar persaingan tidak sempurna, yakni dengan melihat karakteristiknya. Berikut ini ialah ciri-ciri pasar persaingan tak sempurna tersebut:
  • Di dalam pasar hanya ada beberapa penjual, akan tetapi  jumlah pembelinya sangat banyak.
  • Terdapat unsur monopoli karena penjual dapat menentukan sendiri harga produk yang dijual.
  • Interaksi ekonomi atau yang kita kenal dengan permintaan dan penawaran kurang memiliki fungsi dalam penentuan harga.
  • Produses atau penjual baru cenderung agak sulit masuk ke dalam pasar karena para pembeli biasanya lebih memilih belanja ke penjual lama.
  • Beberapa produsen lama cenderung bekerjasama untuk menjatuhkan produsen yang  baru dan menimbulkan ketidakadilan.
  • Terdapat banyak jenis barang atau jasa namun sulit untuk mendapatkan barang alternatif dengan peranan  yang sama.

Macam-Macam Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Bentuk pasar ini terdiri dari beberapa macam, yakni pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni. Berikut penjelasannya:


  • Pasar Monopoli

Pasar monopoli ialah suatu pasar yang dikuasai oleh satu produsen besar yang bisa melayani permintaan seluruh konsumen. Umumnya produsen besar ini tidak perlu lagi melakukan promosi karena sudah dikenal oleh masyarakat.

Produsen pada jenis pasar monopoli juga telah menetapkan hak cipta dan hak administrator terhadap produk mereka. Hal tersebut membuat perusahaan lain sulit tuk berkembang karena tidak dapat membuat produk sejenis.


Beberapa contoh perusahaan di pasar monopoli adalah:

  • Perusahaan Listrik Negara (PLN)
  • Telkom Indonesia
  • Perusahaan Minyak Bumi dan Gas

  • Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik ialah suatu pasar yang di dalamnya terdapat banyak produsen dengan produk yang sama, namun semua produk tersebut masih mempunyai  kualitas tersendiri. Pada pasar ini, para produsen bisa masuk dan keluar dengan mudah sehingga jumlah penjualnya tidak terbatas. keberhasilan masing-masing produsen ditentukan oleh kemampuannya dalam berinovasi, kreativitas, dan promosi yang dilakukan.

Dalam penentuan harga produk didasari oleh segi keunggulan, fungsi, kemasan, dan lain-lain. Sehingga harga barang di yang ada dipasar monopolistik sangat lah beragam dan bukan penentu dalam peningkatan angka penjualan.

Baca Juga :  Nama Menteri Luar Negeri Yang Sekarang

Beberapa contoh pasar monopolistik adalah:

  • Pasar perabotan rumah tangga
  • Pasar makanan kemasan
  • Pasar pakaian
  • Pasar aneka minuman rasa

  • Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli merupakan suatu pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen atau penjual dan jumlah pembelinya banyak. Produk yang dijual di pasar ini sifatnya sama walaupun penjualnya berbeda-beda.

Persaingan di pasar oligopoli agak ketat karena angka penjualan dipengaruhi oleh banyak faktor. Penjual baru di pasar ini biasanya cukup sulit untuk berkembang karena pembeli cenderung lebih memilih penjual lama.

Beberapa contoh pasar Oligopoli adalah:

  • Industri rokok
  • Industri baja
  • Industri sabun
  • Industri pasta gigi

  • Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni merupakan suatu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual, namun jumlah pembelinya sangat lah sedikit atau tunggal. Produk yang dijual di pasar ini mempunyai kualitas bagus karena pedagang berlomba-lomba menjadi yang terbaik agar tidak kalah untuk bersaing.

Pada pasar monopsoni, pembeli sangat diuntungkan karena bisa menentukan harga barang. Akan tetapi, tentu saja penjual tetap berusaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.


  • Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni merupakan suatu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan beberapa pembeli. Produk yang dijual di pasar Oligopsoni biasanya ialah bahan mentah atau hasil alam. Dan konsumen biasanya ialah pedagan yang akan mengolah bahan mentah tersebut untuk dijual kembali.

Harga barang atau jasa di pasar ini cenderung stabil dan lebih ditentukan oleh konsumen. Akan tetapi, tentu saja para produsen berusaha untuk bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pasar Persaingan Tidak Sempurna : Pengertian, Definisi, Struktur, Syarat, Fungsi Mendasar, Peran, Ciri dan Macamnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.