Sistem Pendidikan Di Finlandia

Diposting pada

Sejarah Pendidikan di Negara Finlandia

Finlandia atau Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Fennoscandian wilayah utara Eropa. Di sebelah barat berbatasan dengan Swedia, di sebelah timur berbatasan dengan Rusia, dan di sebelah utara berbatasan dengan Norwegia, sementara Estonianya terletak di bagian selatan Teluk Finlandia. Ibu kota Finlandia adalah Helsinki.

Finlandia terkenal dengan pendidikan terbaik di dunia. Ini terbukti dari peringkat PISA ( Program for International Student Assesment ) pada tahun 2003 siswa Finlandia menduduki peringkat pertama dan meraih skor tertinggi di dunia secara konsisten. Tes yang diadakan oleh PISA menguji siswa yang berusia 15 tahunan di sekiatr 40 negara industri seluruh dunia, pengukuran tes dalam PISA yaitu keaksaraan dalam membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan.

Jika dibandingkan dengan Indonesia yang berada pada peringkat paling bawah. Ini artinya negara Finlandia merupakan negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia dengan sistem pendidikan yang baik pula. Sistem pendidikan di Finlandia adalah sebuah sistem egalitarian Nordik, dengan tidak ada uang untuk waktu penuh siswa. Secara hukum semua siswa wajib belajar sembilan tahun dimulai pada usia tujuh tahun dan mereka mendapatkan makan secara gratis. Peraturan tersebut diberlakukan pada tingkat dasar dan menengah.


Tujuan Pendidikan di Negara Finlandia

Tujuan utama sistem pendidikan Finlandia adalah mewujudkan high-level education for all. Tujuan tersebut mengupayakan agar seluruh rakyat Finlandia dapat mengenyam pendidikan hingga tingkatan tertinggi, secara merata, dengan kemampuan, keahlian dan kompetensi yang terbaik. Finlandia membangun sistem pendidikan dengan karakteristik yang dilaksanakan secara konsisten, yakni, free education, free school meals, dan special needs education dengan berpegang teguh pada prinsip inklusivitas.

Pendidikan dasar Finlandia dikembangkan sedemikian rupa agar mampu menjamin kesetaraan kesempatan bagi seluruh rakyat untuk menikmati pendidikan terlepas dari faktor gender, strata sosial, latar belakang etnis dan golongan. Fokus utama sistem pendidikan adalah kemerataan pendidikan guna menunjang tingkat kompetensi rakyat dalam menyokong pembangunan nasional berdasarkan inovasi.

Segenap rakyat Finlandia memiliki hak dasar untuk mengenyam pendidikan secara gratis. Pemerintah wajib menyediakan kesempatan yang setara bagi seluruh warga negara untuk menikmati layanan pendidikan gratis, di setiap jenjang pendidikan, sesuai dengan kemampuan dan  kebutuhannya, terlepas dari latar belakang perekonomian mereka, guna pengembangan diri, keahlian, kompetensi dan kapasitas seluruh warga negaranya. Hak tersebut dijamin dan tertuang dalam Konstitusi Finlandia.

Baca Juga :  Contoh Software

Filosofi Sistem Pendidikan di Finlandia

Finlandia atau Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Fennoscandian wilayah utara Eropa. Di sebelah barat berbatasan dengan Swedia, di sebelah timur berbatasan dengan Rusia, dan di sebelah utara berbatasan dengan Norwegia, sementara Estonianya terletak di bagian selatan Teluk Finlandia. Ibu kota Finlandia adalah Helsinki.

Finlandia terkenal dengan pendidikan terbaik di dunia. Ini terbukti dari peringkat PISA ( Program for International Student Assesment ) pada tahun 2003 siswa Finlandia menduduki peringkat pertama dan meraih skor tertinggi di dunia secara konsisten. Tes yang diadakan oleh PISA menguji siswa yang berusia 15 tahunan di sekiatr 40 negara industri seluruh dunia, pengukuran tes dalam PISA yaitu keaksaraan dalam membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan.

Jika dibandingkan dengan Indonesia yang berada pada peringkat paling bawah (Prayudi,2008). Ini artinya negara finlandia merupakan Negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia dengan sistem pendidikan yang baik pula. Sistem pendidikan di Finlandia adalah sebuah system egalitarian Nordik, dengan tidak ada uang untuk waktu-penuh siswa.

Secara hukum semua siswa wajib belajar sembilan tahun dimulai pada usia tujuh tahun dan mereka mendapatkan makan secara gratis. Peraturan tersebut diberlakukan pada tingkat dasar dan menengah. Di bidang pendidikan pendidikan, Forum Ekonomi Dunia meletakkan kualitas Finlandia pada peringkat pertama di dan peringkat kedua dalam matematika dan ilmu pendidikan.


Struktur Pendidikan Finlandia

Tujuan utama dari kebijakan pendidikan Finlandia adalah semua warga mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal menerima pendidikan, tanpa memperhitungkan usia, tempat tinggal, situasi keuangan, jenis kelamin atau orang tua. Pendidikan dianggap sebagai salah satu hak-hak dasar semua warga negara.

  1. Pertama, ketentuan tentang pendidikan dasar menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan pendidikan dasar secara gratis, yang juga merupakan ketentuan wajib belajar.
  2. Kedua, pejabat publik juga berkewajiban untuk menjamin setiap orang berkesempatan sama dalam memperoleh pendidikan lainnya selain pendidikan dasar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan khusus, dan untuk mengembangkan diri agar terhindar dari kesulitan ekonomi. Pejabat publik wajib menyediakan untuk kebutuhan pendidikan di Finlandia (edu.fi,2009).

Jenjang Pendidikan di Finlandia

  1. Pra pendidikan dasar
  2. Pendidikan dasar dan menengah
  3. Tertiary pendidikan
  4. Pendidikan tinggi
  5. Pendidikan dewasa.

Baca Juga :  Sistem Pendidikan dan Problematika Indonesia

Pra Pendidikan Dasar 

Wajib belajar dimulai pada tahun ketika seorang anak menjadi tujuh tahun. Selama sebelum usia anak menginjak usia wajib belajar, anak dapat berpartisipasi dalam pendidikan anak usia dini. Pihak yang berwenang dapat memberikan pra-pendidikan dasar di sekolah, hari-pusat perawatan, dan perawatan keluarga sehari di rumah atau tempat lain yang sesuai.

Partisipasi dalam pendidikan anak usia dini adalah sukarela tetapi di kota berkewajiban untuk memberikan pendidikan anak usia dini. Di Indonesia wajib belajar dimulai pada tahun ketika anak berusia enam tahun. Pra-pendidikan dasar atau dinamakan dengan pendidikan usia dini diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun dan bukan merupakan prasyarat untuk mengikuti pendidikan dasar (Suparyo,2005:77).


Sistem Pendidikan Finlandia

pemerintan finlandia memastikan seluruh warga nya mendapatkan hak pendidikan yang sama. Mayoritas sekoalh di finlandia merupakan sekolah negri. Sekolah swasta tidak banyak berbeda secara kualitas dan proses belajar-mengajarnya dibandingkan denga sekolah negri. Kementrian penddikan bertanggung jawab nalam meramu kerangka kebijakan sistem dan juga implementasi kependidikan di finlandia, sedangkan implementasinya sendiri ialah tanggung jawab dari agensi kependidikan nasional finlandia.

Sistem Pendidikan

  1. Akses merata ke pendidikan

Pendidikan formal di finlandia sepenuhnya ialah dipegang oleh pemerintah dan juga disediakan secara gratis untuk semua warga negara finlandia segala usia dan tingkat pendidikan. Fasilitas gratis ini meliputi saranan dan prasarana belajar, makan harian disekolah, juga transportasi bagi murid yang tinggal jauh dari sekolah kecuali bagi murid pendidikan menengah atas yang perlu membeli buku cetaknya sendiri dan bagi perseta pendidikan orang dewasa yang mungkin perlu membayar makannya sendiri.


  1. Dukungan penuh bagi pelajar

Finlandia berfokus pada optimalisasi kemampuan individu setiap pelajar. Mereka kana memastikan ini malalui kerangka pembinaan dan juga konseling yang bertujuan untuk mendukung, membantu dan juga membina murid agar bisa mencapai kemampuan terbaiknya secara akademis maupun juga secara keterampilan hidup, seperti kemampuan berpikir kritis, panjang, juga membuat keputusan.


  1. Otonomi tinggi

Setiap institusi penididikan mendpat kelulusan dalam menjalankan proses belajar mengajar, selama memenuhi kerangka regulasi kependidikan yang di tentukan oleh kementrian kerangka legulasi kependidikan ini yang telah dientukan kementrian pendidikanyang mempunyak definsisi unum tentang kualitas dan juga efektivitas pendidikan


  1. Evaluasi siswa dan institusi pendidikan

Evaluasi utama siswa ialah evaluasi berkelanjutan oleh guru terkait selama tahun ajaran berlangsung. Setiap siswa akan mendapatkan laporan hasil belajar setidaknys sekali dalam setahun.


  1. Pendidikan kebutuhan khusus

Sistem pendidikan di finlandia bersifat inklusif, yakin, tidak ada pembedaan sistem pendidikan antara bembelajaran reguler dengan sistem pembelajaran khusus. Murid berkebutuhan khusus tetap bersekolah di sekolah umum bersama dengan siswa reguler dan juga berhak mendapatkan bantuan dan juga dukungan tabahan yang bentujuan membuka peluang bagi siswa berkebutuhan khusus.

Baca Juga :  Penyidik Adalah

Tingkat Pendidikan Finlandia

Berikut ini ialah beberapa tingkatan pendidikan di finlandia


  1. Pendidikan prasekolah

Pendidikan prsekolah finlandia terdiri dari dua jenis yaitu penididikan usia dini yakni usia 0-5 yang bersifat pilihan dan penididkan dasar yakni usia 6 th yang bersifat wajib. Semua fasilitas buku sekolah, makanan harian dan juga transportasi bagi murid yang tiggal jauh dari lokasi seklah ditanggung oleh pemerintah


  1. Penididikan usia dini

Adalah penididikan menyeluruh yang terdiri dari pengasuhan, pendidikan dan juga pengajaran kepada balita dengan tujuan untuk mendidik mereka guna mempunyai keterampilah hidup dan juga dasar akademis serta memastikan perkembangan sesuai dengan standar usia masing-masing.


  1. Pendidikan dasar

Pendidikan dasari di finlandia adalah fase wajib belajar sembilan tahun bagi setiap anak yang berusia 7-16 tahun. Setiap siswa masuk ke sekolah dekat rumah yang ditunjuk oleh pemerintah masuk ke sekolah dekat rumah yang ditunjuk oleh pemerintahnya, walaupun dia berada pada kota besar orang tua bisa memilih sekolah untuk anaknya dalam batasan tertentu.


  1. Pendidikan menegah atass

Pendidikan menengah atas di finlandia ini erdiri dari dua jenis yaitu pendidikan umum dan penididkan vokasi. Fasilitas uum disediakan gratis oleh pemerintah, akan tetapi muridnya mungkin harus membeli buku sekolahnya sendiri-sendiri. Prosen penerimaan siswa di pendidikan menengah atas bergantung pada banyak hasil evaluasi siswa selama di tingkat pendidikan dasar serta nilai yang tercantum di sertifikat kelulusan pendidikan dasar.


  1. Pendidikan tinggi

Finlandia mempunyai dua jenis universitas yakni universitas umum dan juga niversitas ilmu terapan. Universitas umum ini mengedepankan riset dan inftruksi ilmiah, sedangkan universitas ilmu terapan memprioritaskan penerapan ilmu secara praktis, jumlah kursi yang tersedia di pendidikan tinggi finlandia ini tidak mampu memenuhi jumlah calon mahasiswa yang ingin masuk sehingga standar penerimaan mahasiswa di penididikan tinggi finlandia ini sangat kompetitif.


deikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Sistem Pendidikan Di Finlandia : Sejarah, Tujuan, Filosofi, Struktur, Beserta Tingkatannya, semoga artike ini bermanfaat bagi anda semua.