Penertian Kerja Keras

Diposting pada

Pengertian Kerja Keras

Kerja keras adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakan atau memperhatikan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. Kerja keras dapat diartikan bekerja mempunyai sifat yang bersungguh-sungguh untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai. Mereka dapat memanfaatkan waktu optimal sehingga kadang-kadang tidak mengenal waktu, jarak, dan kesulitan yang dihadapainya. Mereka sangat bersemangat dan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal.


Ciri-Ciri Orang Yang Bekerja Keras

Untuk meraih kesuksesan,berikut adalah ciri-ciri orang kerja keras ialah sebagai berikut:

  1. Tekun dan ulet.tekun artinya terus menerus mengerjakan tugasnya sampai tuntas dan ulet artinya tahan banting terhadap berbagai tekanan dan hambatan pekerjaan.Allah akan merubah keadaan seseorang apabila ia juga berusaha dengan sungguh-sungguh.Ia akan selalu tetap fokus untuk melakukan sesuatu yang tentunya dapat menjadikan wahana untuk meraih kesuksesannya.
  2. Teliti, cermat dalam setiap melakukan sikap dan perbuatan serta setiap pekerjaan,tidak terburu-buru,namun perlu perhitungan dan pengkajian baik buruknya.Seorang pekerja keras selalu hati-hati dan penuh pertimbangan dalam menyelesaikan atau memberikan keputusan.Dia selalu berfikir apakah yang dia kerjakan itu ada manfaatnya atau tidak.Jika ada manfaatnya maka akan dia lakukan,akan tetapi bila tidak maka dia tinggalkan.Hal inilah yang membuat seseorang yang kerja keras memiliki pola hidup yang jelas,baik sekarang maupun yang akan datang.
  3. Menghargai waktu,bekerja keras itu, bekerja dengan penuh semangat ,penuh motivasi tinggi.Tidak gampang putus asa,merasa puas,sehingga tidak ada rasa capai.Memaksimalkan waktu yang ada,menggunakan tenaga semaksimal mungkin dan belum berhenti ketika pekerjaan belum benar-benar selesai.Tidak terpengaruh oleh lingkungan dan tetap fokus bekerja.Dengan bekerja keras,pekerjaan akan cepat selesai dan hasil akan lebih cepat dari rekan yang lain.Namun,efeknya kita menjadi kurang sosialisasi karena asyik bekerja.
  4. Bekerja cerdas.bekerja saja belum cukup untuk meraih impian karier dan penghasilan tinggi dalam bekerja,dengan kerja cerdas pekerjaan akan selesai lebih sempurna dan hemat waktu.
  5. Disiplin.disiplin adalah sikap patuh kepada waktu dan peraturan yang ada.
  6. Sabar.sabar adlah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi,kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.
  7. Ikhlas.ikhlas adalah sebuah sikap yang menerimadengan hati yang tulus,tanpa pamrih dalam melakukan sesuatu.
  8. Tawakala
  9. Berdoa
Baca Juga :  Ligamen

Cara Bekerja Keras

  1. Visi dan Misi

Visi yang berkaitan dengan eksistensi kemudian akan melahirkan cara kita mengambil posisi, membuat formulasi tentang tujuan, dan kemudia mengarahkan seluruh perilaku diri kepada sesuatu yang kita inginkan. Dalam misi mempunyai cakupan yang erta dengan cara pandang terhadap makna keberadaan, eksisitensi diri, maka setiap pribadi muslim harus menyadari keberadaanya. Visi seorang muslim harus jelas dan transparan. Etos kerja muslim yang dilandasi denga visi dan misi hidup dan kemudian menjadi satu sikap hidupnya maka dia akan tampil sebagai manusia teladan yang selalu bekerja keras.


  1. Jihad dan Tauhid Sebagai Motivasi

Jihad secara umum adalah kesungguhan untuk mengerakkan segala kekuatan dan potensi dalam melaksanakan sesuatu dan meninggikan martabat sebagai manusia yang mengeban misi sebagai rahmatan lil ‘alamin. Dalam kaitan denga bekerja, jihad menjadi kekuatan yang secara abadi harus terus menyala serta digali dan diuji potensinya sehingga mampu mengeluarkan energi yang signifikan.


  1. Cara Membiasakan Perilaku Kerja Keras

Agar terbiasa bekerja keras dalam mengerjakan sesuatu, lakukanlah beberapa hal berikut ini.

  1. Bekerja harus dilandasi niat yang baik. Niatkan untuk beribadah kepada Allah swt.
  2. Awali suatu pekerjaan dengan menyebut nama Allah.
  3. Kerjakan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh.
  4. Akhiri dengan menyebut nama Allah.Serahkan segalanya kepada Allah swt ( Tawakal ) .

Contoh Kerja Keras

Ali duduk di kelas VII Sekolah Menengah Pertama di daerahnya. Sebagai seorang pelajar Ali selalu rajin belajar. Malam hari ia belajar dan siang hari sepulang sekolah ia mengerjakan tugas yang diberikan guru. Sisa waktu yang dimilikinya dipergunakan untuk membantu kedua orang tuanya yang berjualan dan belajar Al-Qur’an di masjid. Tidak ada sedikit pun waktu yang dibiarkannya berlalu tanpa sesuatu yang bermanfaat.

Baca Juga :  Manfaat Warming Up

Keutamaan Kerja Keras

Bekerja keras sangat penting untuk dilakukan. Di antara alas an pentingnya bekerja keras adalah hal-hal sebagai berikut.

  1. Menunjukkan telah mengoptimalkan potensi dirinya. Manusia telah dikaruniai akal, rasa, dan karsa sehingga harus menjaga harkat dan martabat dirinya.
  2. Seseorang dapat mengubah nasib dirinya agar menjadi lebih baik. Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu sendiri yang mengubahnya.
  3. Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.
  4. Dapat hidup mandiri sehingga tidak menjadi beban orang lain.
  5. Turut serta dalam memajukan lingkungan sekitar dan negara.
  6. Menunjukkan persiapan agar dapat menggapai kesuksesan pada hari esok. Pekerja keras selalu melakukan perencanaan dan usaha keras dalam hidupnya. Meskipun hasilnya tidak dapat ia petik langsung, tetap dapat dimanfaatkan untuk generasi sesudahnya. Dengan berbagai keutamaan dari kerja keras, menunjukkan sifat ini sangat penting untuk dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja keras kita akan dapat memperoleh kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.
  7. Bekerja Keras dalam Keseharian

Sikap kerja keras harus diwujudkan dalam kehidupan nyata. Caranya dengan menjalankan sesuatu secara sungguh-sungguh, istiqamah, dan tidak mudah menyerah. Bekerja keras harus dilakukan, meskipun memulainya dari hal-hal yang kecil dan terbatas. Sikap kerja keras dapat

dilakukan dalam berbagai lingkungan, misalnya keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Bekerja keras dalam lingkungan keluarga dapat dilakukan dengan cara berikut.

  1. Bekerja dengan sungguh-sungguh di rumah untuk membantu orang tua.
  2. Memanfaatkan waktu luang untuk belajar.
  3. Tidak membuang waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak berguna.
  4. Membelanjakan uang dengan hati-hati dan gemar menabung.
  5. Berhemat dalam segala hal, misalnya dalam penggunaan energi, seperti listrik, gas, bahan bakar minyak, dan air.
Baca Juga :  Contoh Limbah Organik

Manfaat Keras Dalam Perkuliahan


  • Memiliki Pengetahuan Yang Lebih Dalam Bidang Yang Kita Minati

Hal yang seharusnya dilakukan oleh kita sebagai mahasiswa di kos atau rumah kita setelah pulang dari kampus adalah menambah pengetahuan terhadap materi yang telah diajarkan di kampus. Misalnya, jika di kampus dosen mengajarkan materi kuliah algoritma dan struktur data, maka setelah kelas tersebut, kita sebagai mahasiswa hendaknya mencari literatur-literatur lain yang menyangkut materi kuliah algoritma dan struktur data.


Memiliki Kemampuan Pengembangkan Diri dan Intelktualitas

Dengan kita bekerja keras dalam perkuliahan, maka kita dapat mengembangkan intelektualitas kita. Cara kita menjawab soal-soal ujian pada saat kuliah akan menunjukkan piola pikir dan keintelektualan kita. Orang mengatakan bahwa mahasiswa adalah kaum intelektual. Jadi jangan rusak pandangan tersebut dengan menunjukkan perilaku yang tidak intelek jika kita mengaku sebagai kaum intelek. Kita harus menjadi manusia yang lebih berkualitas dibanding dengan mahasiswa lainnya.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Penertian Kerja Keras: Manfaat, Ciri, Cara, Contoh Dan Keutamaannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.