Pengertian Mamalia

Diposting pada

Pengertian Mamalia

pengertian mamalia

Mamalia berasal dari kata Mamae yang artinya kelenjar susu. Mamalia adalah hewan kelas vertebrata(hewan bertulang belakang) yang mempunyai kelenjar susu sehingga binatang betina mamalia dapat menyusui anaknya. Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan.


Ciri-ciri Mamalia

  • Memiliki Kelenjar susu
  • Mempunyai Rambut atau Bulu
  • Sistem Pernafasannya Paru-paru
  • Memiliki Otot diafragma
  • Memiliki 4 serambi kiri dan kanan pada Jantung
  • Suhu tubuh tetap
  • Fertilisasi internal(proses pembuahan di dalam tubuh induk)
  • Memilki Rangka Pembentuk Tubuh

Klasifikasi Ordo Mamalia


  1. Ordo Insektivora

Mamalia ordo insektivora mempunyai ciri khusus yaitu mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang lelebar, cakar yang kuat dan setebal. Mamalia jenis ordo ini termasuk jenis mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora suka memakan serangga. Contohnya hewannya:tapir,rakun,landak,dll.


  1. Ordo Marsupialia

Mamalia ordo marsupilia adalah mamalia yang mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai kantung di bagian perut. Kantung  itu berguna untuk membawa dan menyusui bayi-bayi mereka. Contoh mamalia marsupilia ialah kanguru, kuskus, dan koala. Di dalam kantong tersebut terdapat kelenjar susu berguna untuk wadah membawa bayinya dan juga beguna sebagai tempat menyusui sang bayi.


  1. Ordo Demoptera

Mamalia ordo demoptera adalah mamalia dengan ciri mempunyai parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut didapatkan dari kulit atau membrane sel yang terhubung antara keempat kakinya hewan tersebut. Salah satu contoh hewan yang mamalia jenis ordo demoptera ialah tupai terbang, monyet terbang, dan beberapa jenis serangga.


  1. Ordo Chiroptera

Mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri fisik hampir mirip dengan mamalia ordo demoptera yaitu terdapat selaput membran yang terhubung dengan kaki depan dan belakang. Yang membedakannya mamalia ordo chiroptera adalah mempunyai ciri lain yakni terletak pada ukuran kaki depan yang lebih besar dari kaki bagian belakang. Contohnya adalah kekelawar.


  1. Ordo Primata

Mamalia ordo primata adalah termasuk mamalia jenis omnivora. Selain itu ciri mamalia primata adalah bentuk jari yang lebih besar dan panjang. jari tersebut bertujuan memudahkan dalam memanjat untuk mengambil makanan. Contoh mamalia ordo primate yaitu kera, monyet, gorila, dan orang utan.

Baca Juga :  Asal Usul Suku Dayak

  1. Ordo Carnivore

Ordo carnivore adalah hewan mamalia yang memangsa hewan lain dan memakan dagingnya. Ciri khusus ordo mamalia yaitu mempunyai taring yang tajam untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsanya. Contohnya macan, anjing, harimau, singa dan lainnya.


  1. Ordo Cetacean

mamalia Ordo Cetacean adalah hewan yang hidup di laut. Contohnya adalah paus dan lumba-lumba. Walaupun mamalia laut tidak menyusui anaknya karena tidak mempunyai kelenjar susu, namun termasuk dalam mamalia dikarenakan memenuhi ciri mamalia lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru, dan berkembang biak dengan melahirkan.


  1. Ordo Rodentia

Mamalia Ordo Rodentia termasuk dalam jenis mamalia pengerat yaitu mempunyai gigi seri tumbuh pada rahang bawah dan berbentuk seperti pahatan. Tidak mempunyai Taring dan beberapa geraham depan tidak. Contoh hewan nya: tikus,tupai,marmut.


  1. Ordo Lagomorpha

Ordo lagomorpha merupakan mamalia herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan, daun, dan buah contohnya kelinci.


  1. Ordo Proboscidea

Ordo proboscidea adalah ordo mamalia jenis gajah termasuk semua spesies gajah.


  1. Ordo Artiodactyla

Ordo artiodactyla adalah mamalia berjari genap contohnya kijang, kerbau, banteng, sapi, kambing, jerapah, dan unta.


  1. Ordo Perisodactyla

Ordo perisodactyla adalah mamalia berkuku ganjil contohnya kuda, dan keledai.


  1. Ordo Monotremata

Monotremata termasuk dalam mamalia bertelur seperti platypus, meskipun platypus tergolong hewan bertelur tapi mereka menyusui anaknya.


Sistem Rangka Hewan Mamalia

Sebagian besar mamalia memiliki tujuh tulang leher (tulang di leher ); ini termasuk kelelawar , jerapah , ikan paus , dan manusia. Sedikit pengecualian termasuk manatee dan kemalasan berujung dua , yang hanya memiliki enam serviks vertebra , dan berujung kemalasan tiga dengan sembilan tulang leher.


Sistem Pernafasan Hewan Mamalia

Paru-paru mamalia memiliki tekstur kenyal dan berlekuk dengan epitelium yang memiliki permukaan area yang lebih luas banyak total dari luas permukaan luar paru-paru itu sendiri. The paru-paru manusia adalah khas jenis ini paru-paru.

Pernapasan sebagian besar didorong oleh otot diafragma yang memisahkan dada dari rongga perut, membentuk kubah dengan konveksitas ke arah thorax. Kontraksi diafragma rata kubah meningkatkan volume rongga di mana paru-paru tertutup. Udara masuk melalui hidung dan rongga mulut, mengalir melalui laring, trakea dan bronchi dan memperluas alveoli .

Relaksasi diafragma memiliki efek sebaliknya, pasif recoiling saat bernafas normal. Selama latihan, dinding perut kontrak , meningkatkan tekanan visceral pada diafragma, sehingga memaksa udara keluar lebih cepat dan tegas. The tulang rusuk sendiri juga dapat memperluas dan kontrak rongga dada sampai tingkat tertentu, melalui aksi lainnya aksesori pernafasan otot dan pernapasan. Akibatnya, udara tersedot masuk atau diusir keluar dari paru-paru, selalu bergerak ke bawah gradien tekanannya. Jenis paru-paru ini dikenal sebagai paru-paru puputan sebagai menyerupai pandai besi puputan . Mamalia mengambil oksigen ke dalam paru-paru mereka, dan membuang karbon dioksida.

Baca Juga :  Contoh hewan vetebrata

Sistem Saraf Hewan Mamalia

Semua mamalia memiliki otak neokorteks , suatu wilayah otak yang unik untuk mamalia. mamalia plasenta memiliki corpus callosum tidak seperti monotremes dan marsupial. Ukuran dan jumlah daerah kortikal ( Brodmann area s ‘) adalah paling tidak dalam monotremes (sekitar 8-10) dan sebagian besar di plasental (hingga 50).


Sistem Integumen Hewan Mamalia

Ini sistem yg menutupi terdiri dari tiga lapisan: yang terluar epidermis , yang dermis , dan hipodermis .

The epidermis biasanya 10-30 sel tebal, fungsi utamanya adalah untuk memberikan lapisan tahan air. sel terluar Its selalu hilang; sel-sel yang paling bawah terus membagi dan mendorong ke atas. Lapisan tengah, dermis, adalah lima belas sampai empat puluh kali lebih tebal dari epidermis. Dermis terdiri dari banyak komponen seperti struktur tulang dan pembuluh darah. hipodermis ini terdiri dari jaringan adiposa . Tugasnya adalah untuk menyimpan lemak, dan untuk menyediakan bantalan dan insulasi. Ketebalan lapisan ini bervariasi dari spesies ke spesies.

Meskipun mamalia dan hewan lainnya telah silia yang dangkal mungkin menyerupai itu, tidak ada binatang lain kecuali mamalia memiliki rambut . Ini adalah karakteristik definitif kelas. Beberapa mamalia memiliki sangat sedikit, tapi tetap saja, pemeriksaan seksama mengungkapkan karakteristik tersebut, sering di bagian tubuh mereka tidak jelas. Tidak ada yang dikenal memiliki rambut yang secara alami berwarna biru atau hijau meskipun beberapa Cetacea, bersama dengan mandrills tampaknya memiliki warna kulit biru. Banyak mamalia ditunjukkan sebagai memiliki rambut biru atau bulu, tetapi dalam semua kasus yang diketahui, telah ditemukan untuk menjadi warna abu-abu. The -berujung kemalasan dua dan beruang kutub mungkin tampak memiliki bulu hijau, tetapi warna ini disebabkan oleh ganggang pertumbuhan.


Sistem Reproduksi Hewan Mamalia

Kambing ,anak-anak akan tinggal bersama ibu mereka sampai mereka disapih

Sebagian besar mamalia melahirkan hidup muda ( vivipary ), tapi sedikit, yaitu monotremes , meletakkan telur . The platypus dan moncong menyajikan tertentu sistem penentuan seks yang berbeda dari vertebrata lainnya.

Beberapa kelenjar mamalia yang dikenal sebagai kelenjar susu yang khusus untuk menghasilkan susu , cairan yang digunakan oleh bayi yang baru lahir sebagai sumber nutrisi utama mereka. The monotremes bercabang awal dari mamalia lain dan tidak memiliki puting terlihat pada kebanyakan mamalia, tetapi mereka memiliki kelenjar susu.

Baca Juga :  Cara Mengajar yang Baik

Hewan vivipar mamalia digolongkan dalam Theria subclass dan dibagi menjadi dua infraclasses: Metatheria (yang hanya Marsupialia bertahan hidup), dan Eutheria. Marsupialia, atau marsupial , memiliki pendek kehamilan periode dan melahirkan belum dikembangkan muda yang terkandung dalam seperti kantung kantong ( marsupium ) yang terletak di depan ibu perut . Eutherians, umumnya dikenal sebagai plasental , adalah mamalia yang melahirkan lengkap dan sepenuhnya dikembangkan muda. Hal ini biasanya ditandai dengan lama kehamilan periode. Sebagian besar spesies mamalia diklasifikasikan sebagai eutherians.


Sistem Pencernaan

Proses pencernaan makanan dapat terjadi secara mekanik dan kimia. Pencernaan mekanik adalah proses yang mengubah makanan menjadi bagian-bagian yang kecil. Sedangkan pencernaan secara kimia adalah suatu proses pengubahan makanan dengan bantuan enzim pencernaan.

Hewan mamalia misalnya sapi mempunyai lambung yang tersusun dari empat bagian yaitu perut besar (rimen), perut jala (reticulum) perut kilab (omosum), dan perut masam (obomasum). Makanan yang berupa rumput dan sebangsanya dari mulut melewati kerongkongan masuk ke dalam perut besar, dari perut besar makanan kembali ke mulut untuk dimumah, setelah dimumah makanan ditelan dan masuk ke dalam perut jala, kemudian ke perut kilab dan akhirnya ke perut masam.


Cara Perekembangbiakan Hewan Mamalia


  • Melahirkan (Vivipar)

Vivipar adalah cara berkembangbiak pada hewan dengan cara melahirkan anak

Cara bereproduksi Mamalia dikenal dengan cara beranak (vivipar). Individu baru disimpan di dalam alat khusus yang disebut uterus (rahim) dan dilengkapi dengan makanan untuk janin yang disebut plasenta. Beranak dapat ditandai dengan adanya proses melahirkan, yaitu keluarnya anak bersama dengan plasentanya. Di dalam uterus, zigot berkembang sampai menjadi janin kemudian bayi.Waktu untuk berkembangnya janin dalam uterus disebut kehamilan.Masa kehamilan berbeda-beda pada setiap kelompok Mamalia.Pada ordo Marsupialia, contohnya kanguru dan koala, anak lahir dalam bentuk embrio, kemudian berkembang menjadi janin di dalam kantung induknya.


  • Bertelur (Ovipar)

Ovipar adalah cara berkembangbiak hewan dengan cara bertelur yang menetas di luar tubuh induknya.


demikianlah artikel dari dunia dunia.pendidikan.co.id menganai Pengertian Mamalia : Ciri, Klasifikasi Ordo, Sistem Rangkan, Pernapasan, Saraf, Integumen, Reproduksi, Pencernaan Dan Cara Perkembangbiakan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.