Pengertian Mandiri

Diposting pada

Pengertian Mandiri

Menurut Elizabeth B. Hurlock dalam buku psikologi perkembangan (2001), kemandirian adalah sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.

pengertian-mandiri

Mandiri berarti bebas dari ketergantungan terhadap orang lain , mampu mengatur tingkah laku secara pribadi, mampu mengambil keputusan dan berani bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan.


Ciri-Ciri Mandiri

Ciri-ciri seseorang dikatakan mandiri adalah yang memiliki semua kemampuan di bawah ini (bukan salah satu kemampuan, tetapi semua kemampuan).

  1. Memiliki kemampuan untuk selalu berusaha berinisiatif dalam segala hal.
  2. Memiliki kemampuan mengerjakan tugas yang dipertanggung-jawabkan padanya.
  3. Memperoleh kepuasan dari kegiatannya (yang dikerjakannya).
  4. Memiliki kemampuan mengatasi rintangan yang dihadapinya dalam mencapai kesuksesan.
  5. Memiliki kemampuan untuk selalu bertindak jujur dan benar sesuai hak dan kewajibannya.
  6. Memiliki keinginan untuk membantu orang lain atau melakukan tindakan yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.
  7. Memiliki kemampuan berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif terhadap sesuatu yang dikerjakannya atau diputuskannya, baik dalam segi manfaat atau keuntungannya, maupun segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya.
  8. Tidak merasa rendah diri jika harus berbeda pendapat dengan orang lain, berani mengemukakan pendapatnya walaupun berbeda, dan mampu menerima pendapat yang lebih benar.

Manfaat Hidup Mandiri


  1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Dengan menerapkan hidup mandiri manfaat yang pertama yang akan anda dapatkan adalah memiliki rasa percaya diri. Percaya diri ini didapatkan dari hidup anda yang tidak bergantungan dengan orang lain dan selalu percaya bahwa anda pasti bisa melakukannya dan melewatinya sendiri tanpa ada halangan apapun asalkan anda mau berusaha. Rasa percaya diri ini sangatlah penting dalam kehidupan sosial dan pekerjaan anda nantinya.

Baca Juga :  Hakikat PKN

  1. Belajar Menganalisa

Jika anda sudah terbiasa hidup mandiri maka manfaat lain yang anda dapatkan adalah mampu mudah menganalisa peristiwa yang terjadi. ini mungkin tidak akan terasa dan tidak anda sadari bahwa anda mulai bisa menganalisa hubungan sebab akibat, aksi dan reaksi dan sebagainya. Tentu saja dengan bisa menganalisa peristiwa yang seperti ini akan membuat anda  menjadi lebih bijaksana dan tidak gegabah dalam mengambil tindakan serta keputusan. Anda akan menjadi orang yang arif dan selalu berfikir matang sebelum melakukan sesuatu hal.


  1. Bertanggung Jawab

Karena hidup mandiri menuntut anda untuk bisa membuat keputusan yang baik oleh diri sendiri maka anda juga secara tidak langsung akan memiliki sikap bertanggung jawab. Segala keputusan dan apapun perbuatan yang anda lakukan , anda akan selalu senantiasa menanggung resikonya entah itu baik atau buruk. Anda akan bertanggung jawab penuh dan tidak pernah mau memberikan tanggung jawab yang harus anda lakukan kepada orang lain.


  1. Mengembangkan Daya Tahan Mental

Manfaat lainnya yang akan anda dapatkan dari hidup mandiri ini adalah mampu meningkatkan daya tahan mentalnya. Anda akan menjadi lebih tahan banting saat anda mengalami masalah dan persoalan pelik dalam kehidupan. Segala masalah yang ada akan anda hadapi dengan baik dan anda sudah terbiasa pada hal demikian.


  1. Menjadi Kreatif

Hidup mandiri juga menuntut anda untuk menjadi kreatif. Hal ini disebabkan karena segala permasalahan harus segera diselesaikan namun anda juga harus tetap maju untuk menjalani hidup ini. dengan itu anda akan menjadi lebih kreatif dalam menemukan jalan keluar dan membuat permasalahan anda akan menjadi selesai dengan baik.


  1. Memiliki Pemikiran Kritis

Anda juga akan memiliki pemikiran yang lebih kritis dibandingkan dengan orang yang tidak mandiri. Orang yang mandiri akan lebih kritis pada hal apapun karena adanya perubahan hal kecilpun bisa mengubah kehidupan orang mandiri sehingga segalanya harus dipikirkan dengan baik dan tidak boleh dilakukan secara sepihak saja.

Baca Juga :  Pengertian Refrigerasi

Cara Hidup Mandiri

Cara hidup mandiri dapat dilakukan dengan hal-hal kecil, diantaranya:


  1. Berhemat

Berhematlah jika anda ingin hidup mandiri. Hemat disini tidak selalu hemat masalah uang namun juga hemat pada waktu, perlengkapan, make up dan lainnya. dengan berhemat anda akan menjadi lebih mandiri karena kebutuhan anda bisa anda tangani oleh anda sendiri.


  1. Mencari Pekerjaan

Salah satu hal mutlak dari mandiri adalah anda tidak bergantung pada orang lain. Nah untuk bisa melakukannya maka anda harus mencari pekerjaan anda sendiri sehingga anda bisa memenuhi kebutuhan anda sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Meskipun penghasilan anda kecil, namun itu sudah cukup untuk bisa membuat anda mandiri.


  1. Berperilaku Dewasa

Bersikaplah dewasa jika anda ingin mandiri. Jadi ketika anda sedang ada masalah atau menginginkan benda tertentu jangan pernah meminta bahkan merengek-rengek pada orang lain untuk bisa mendapatkannya. Dewasa ini harus dilatih sejak dini.


  1. Belajar Mengatasi Masalah Sendiri

Cobalah untuk mampu mengatasi masalah anda sendiri dan mencari jalan pemecahan yang paling mudah. Jika masalah yang anda alami ini cukup sulit maka anda bisa berkonsultasi dengan orang lain namun pilihlah orang lain ini yang bisa menyimpan rahasia ya.


Contoh Belajar Mandiri

Belajar mandiri adalah belajar yang dilakukan oleh siswa secara bebas menentukan tujuan belajarnya, strategi belajarnya, merencanakan proses belajar, menggunakan sumber-sumber belajar yang dipilihnya, membuat keputusan dan melakukan kegiatan-kegiatan untuk tercapainya tujuan belajar.

Belajar mandiri adalah cara belajar aktif dan partisipatif untuk mengembangkan diri masing-masing individu yang tidak terikat dengan kehadiran guru, pertemuan/ tatap muka di kelas, atau dengan kehadiran teman sekolah. Belajar mandiri merupakan belajar dalam pengembangan diri, ketrampilan dengan cara tersendiri. Peran guru sebagai fasilitator dan konsultan, guru bukan satu-satunya sumber ilmu, dan dapat menggunakan apa saja sebagai sumber dan media untuk belajar.

Baca Juga :  Contoh Kalimat Kompleks

Belajar mandiri membutuhkan motivasi, keuletan, keseriusan, kedisiplinan, tanggungjawab, kemauan, dan keingintahuan untuk berkembang dan maju dalam pengetahuan. Alvin Tovler, mengatakan”Siapa yang banyak menguasai informasi, maka dialah yang menguasai dunia.” Belajar mandiri artinya belajar yang bebas menentukan arah, rencana, sumber, dan keputusan untuk mencapai tujuan, bukan bebas dari aturan-aturan, baik aturan agama, Negara, adat atau masyarakat.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pengertian Mandiri : Manfaat, Ciri, Cara Hidup, Beserta Contoh Belajar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Posting pada SD