Pengertian Narrative Text

Diposting pada

Pengertian Narrative Text

Narrative Text adalah satu dari 13 jenis teks bahasa inggris (genre) yang lahir dari kalangan Narration (lihat Types Of Text) sepertihalnya Recount Text dan News Items Text yang mana berfungsi untuk menceritakan kisah masa lampau dan untuk hiburan.

Pengertian-Narrative-Text


Tujuan Komunikatif Narrative Text

Tujuan Komunikatif Narrative Text seperti yang dijelaskan di atas adalah untuk menghibur pendengar atau pembaca tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian.


Jenis Narrative Text

Generic Structure Narrative Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) memiliki struktur teksnya sendiri- sendiri. Struktur dari Narrative Text terdiri dari tiga bagian yaitu :


  • Orientation

Pada bagian Orientation atau pengenalan berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya.


  • Complication

Pada bagian Complication berisi tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.


  • Resolution

Pada baigan Resolution berisi tentang bagaiman tokoh dari cerita tersebut memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication.

Pada beberapa referensi tentang Narrative Text, terdapat tambahan generic structure pada Narrative Text, yaitu penambahan Coda setelah Resoultion. Jadi susunan Narrative text adalah Orientiation, Complication, Resolution dan Coda.

Coda adalah bagian terakhir dari structure Narrative Text yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

Baca Juga :  Indonesia

Ciri Kebahasan Narrative Text

Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri antara lain sebagai berikut :

  • Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
  • Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam Misalnya : the king, the queen, dsb.
  • Menggunakan Adjectives yang membentuk noun Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
  • Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after,

Contoh Narrative Text

Banyak sudah contoh mengenai Narrative Text yang telah dibuat , anda bisa melihatnya di Cerita Rakyat Bahasa Inggris Se-Dunia. Tapi untuk lebih afdolnya, penulis hadirkan contoh Narrative Text sebagai berikut.

Snow White

Orientation

Once upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead.

Complication 1

One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.

Resolution 1

Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.

Complication 2

Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep.

Resolution 2

Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.”

Baca Juga :  Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Doc, one of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us.” Snow White said, “Oh could I? Thank you.” Then Snow White told the dwarfs the whole story and Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after.


salju Putih

orientasi

Sekali waktu hiduplah seorang gadis kecil bernama Snow White. Dia tinggal bersama Bibi dan Paman karena orangtuanya sudah meninggal.

komplikasi 1

Suatu hari ia mendengar Paman dan Bibi berbicara tentang meninggalkan Snow White di benteng karena mereka berdua ingin pergi ke Amerika dan mereka tidak punya cukup uang untuk mengambil Snow White.

resolusi 1

Salju Putih tidak ingin Paman dan Bibi untuk melakukan hal ini sehingga ia memutuskan akan lebih baik jika dia lari. Keesokan harinya ia kabur dari rumah ketika Bibi dan Paman sedang sarapan. Dia melarikan diri ke hutan.

komplikasi 2

Lalu ia melihat pondok kecil ini. Dia mengetuk tapi tidak ada yang menjawab jadi dia masuk ke dalam dan jatuh tertidur.

resolusi 2

Sementara itu, tujuh kurcaci datang pulang dari kerja. Mereka masuk ke dalam. Di sana mereka menemukan Salju tidur Putih. Kemudian Putri Salju terbangun. Dia melihat kurcaci. Para kurcaci berkata, “siapa namamu?” Kata Snow White, “Nama saya Snow White.”

Doc, salah satu kurcaci, mengatakan, “Jika Anda ingin, Anda dapat tinggal di sini bersama kami.” Snow White mengatakan, “Oh aku bisa? Terima kasih “Lalu. Salju Putih mengatakan kepada kerdil seluruh cerita dan Snow White dan 7 kurcaci hidup bahagia selamanya.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pengertian Narrative Text : Tujuan, Jenis, Ciri Kebahasaan, Beserta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.