Pengertian Predasi

Diposting pada

Pengertian Predasi


  • Interaksi Predasi

Predasi adalah interaksi antarindividu ataupun populasi, dimana populasi yang satu memangsa populasi yang lainnya. Pemangsa disebut predator, sedangkan yang dimakan atau dimangsa disebut mangsa. Contohnya adalah rusa dimangsa cheetah. Interaksi predasi antarpopulasi ini menyebabkan terjadinya fluktuasi populasi predator dan mangsa. Misalnya, populasi kelinci hutan dengan pemangsanya yaitu kucing hutan. Mula-mula kelinci hutan berkembang biak karena kondisi hutan sangat menunjang untuk perkembangannya.

predasi

Saat itu, populasi hewan pemangsanya, yaitu kucing masih amat sedikit. Memungkinkan pertumbuhan kelinci menigkat. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya daya dukung terhadap kehidupan kucing. Karena daya dukung terhadap kehidupan kucing meningkat maka populasinya meningkat. Dampaknya, produktifitas kelinci terganggu sehingga pertumbuhan populasinya negatif. Dengan demikian, ketersediaan makanan kucing berkurang. Berkurangnya makanan menyebabkan populasi kucing menurun juga. Hal ini memungkinkan populasi kelinci menigkat lagi. Demikian seterusnya, sehingga terjadilah fluktuasi pertumbuhan kedua populasi yang berinteraksi predasi tersebut.


Contoh Predasi

Merupakan hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator), hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa perdator tidak bisa hidup.

Proses interaksi yang terjadi bisa berupa antar hewan, hewan dengan tumbuhan dan tumbuha predator dengan mangsanya. Jumlah populasi predator dengan mangsa berbanding lurus.

Contoh: Singa memangsa rusa, kuda memangsa rumput, bunga Dionaea muscipulayang memangsa serangga yang hinggap dijebakannya.


 Simbiosis

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti “dengan” dan biosis yang berarti “kehidupan”. Jadi, simbiosis diartikan “hidup bersama”. Simbiosis merupakan istilah untuk menunjukkan adanya interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Ada beberapa bentuk simbiosis, yakni simbiosis mutualisme, komensalisme, amensalisme, dan parasitisme.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Peredaran Darah

  • Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang bersifat saling menguntungkan. Simbiosis ini disebut juga simbiosis obligat. Contohnya interaksi antara serangga dengan tanaman berbunga. Serangga membantu tanaman dalam penyerbukan. Adapun tanaman menyediakan nektar yang terkandung dalam bunga bagi serangga sebagai sumber makanannya.


  • Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua organisme yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lainnya. Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang melekatkan tubuhnya pada tubuh ikan hiu menggunakan sucker (alat pelekat) menjadi aman dan terhindar dari ancaman pemangsanya. Ia juga mendapatkan sisa-sisa makanan yang tercecer dari mulut ikan hiu. Adapun ikan hiu tidak terpengaruh dengan adanya ikan remora. Ikan hiu tidak dirugikan ataupun diuntungkan.


  • Simbiosis Amensalisme dan Antagonisme

Simbiosis amensalisme dan antagonisme adalah interaksi antara dua organisme yang merugikan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak terpengaruh atau bisa juga diuntungkan. Simbiosis ini merupakan cara untuk melindungi diri dari ancaman organisme atau populasi lain. Misalnya dengan menghasilkan senyawa asam, racun, atau antibiotik. Contohnya adalah bakteri amonifikasi yang menghasilkan amonia untuk menghambat pertumbuhan bakteri Nitrobacter sp.. Dalam interaksi ini, bakteri Nitrobacter sp. dirugikan, sedangkan bakteri amonifikasi diuntungkan karena pertumbuhan populasinya menjadi maksimal.


  • Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara dua organisme yang memberikan keuntungan salah satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Pihak yang diuntungkan disebut parasit, sedangkan pihak yang dirugikan disebut inang (hospes). Contohnya adalah interaksi antara pohon dengan benalu. Benalu mendapatkan makanan dari pohon, sedangkan pohon dirugikan karena makanannya diambil oleh benalu.


 Kompetisi

Kompetisi adalah bentuk interaksi antara dua organisme yang dapat merugikan kedua belah pihak. Kompetisi terjadi pada individu-individu yang berada dalam satu komunitas. Kompetisi terutama terjadi dalam hal perebutan sumber makanan, habitat, atau pasangan. Ketika sumber makanan tidak sebanding dengan jumlah individu yang menempati wilayah tersebut, maka kompetisi akan semakin besar.

Baca Juga :  Apa itu Pramuka

Begitu pula dengan wilayah yang sempit juga akan memperbesar tingkat kompetisi antarindividu dalam mempertahankan habitatnya. Tidak imbangnya perbandingan antara individu jantan dan betina juga dapat memicu terjadinya kompetisi, mengingat kepentingan biologis setiap organisme dan pentingnya mempertahankan jenis (perkembangbiakan).


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pengertian Predasi : Contoh, Simbiosis, Kompetisi, Interaksi, semoga artikel ini bermanfaat  bagi anda semuanya.