Pengertian Ringkasan

Diposting pada

Pengertian Ringkasan

Ringkasan merupakan sebuah penyajian peristiwa atau kejadian yang panjang di sajikan secara singkat. atau juga, cara yang baik guna memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan juga di sajikan dalam bentuk sajian yang singkat.

pengertian ringkasan

Ikhtisar merupakan kebalikannya, ikhtisar tidak memerlukan susunan atau sistematika atau tidak perlu sesuai dengan karangan aslinya dan juga tidak perlu secara proposional atau tidak memerlukan sajian isi dari semua hasil karangan itu.


Bentuk – Bentuk Ringkasan.

Ada beberapa macam bentuk  ringkasan, seperti yang dinyatakan Olivia (2009: 29) bahwa bentuk-bentuk ringkasan di antaranya bisa berupa abstrak, sinopsis dan kesimpulan yang dijelaskan di bawah ini:

Ringkasan dalam bentuk abstrakAbstrak atau ringkasan dimaksudkan untuk uraian yang sesingkat-singkatnya tentang segala pokok yang akan dibahas.


  • Ringkasan dalam bentuk sinopsis.

Ringkasan dalam bentuk sinopsis dapat dilakukan pada buku seperti karya fiksi atau non fiksi. Bentuk synopsis adalah salah satu bentuk ringkasan suatu karya yang kiranya dapat memberikan dorongan kepada orang lain untuk membaca secara utuh.


  • Ringkasan dalam bentuk simpulan.

Bentuk ringkasan yang lain ialah simpulan, merupakan bentuk ringkasan yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan memberikan penekanan pada ide sentral juga penyelasaian dari permasalahan yang diungkapkan.


Tujuan Ringkasan

Tujuan ringkasan merupakan membantu seseorang memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, seseorang dibimbing dan juga dituntun untuk membaca karangan asil dengan cermat dan menuliskan kembali dengan tepat.


Ciri – Ciri Ringkasan.

  • Harus mepunyai kerangka dasar yang jelas
  • Harus mempunyai inti yang tidak menghilangkan hasil karangan asli
  • Dalam memangkas gagasan harus terperinci
  • Memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagsan.

Baca Juga :  Pengertian Kebudayaan

Cara Membuat Ringkasan.

Ada dua bentuk dalam membuat ringkasan, diantaranya yaitu bentuk uraian atau paragraf (verba) dan bentuk berupa bagan atau skema (non-verba). Ringkasan dalam bentuk sekema atau bagan harus mempunyai mencerminkan gagasan yang ada di dalam teks sumbernya.

Sebelum membuat sekema atau bagan, harus dicatat terlebih dahulu inti-inti dari sumber informsi sebelum membentuk unsur-nsur bagan / skema. Dalam  membuat ringkasan ada beberapa cara yang dapat dijadikan sebuah pegangan  atau panduan yang baik dan juga teratur, yaitu:

  • Membaca naskah asli
  • Mencatat gagasan utama
  • Mengadakan reproduksi
  • Membaca naskah asli

Yang  harus dilakukan sebelum membuat ringkasan ialah dengan melakukan pembacaan naskah asli setidaknya satu sampai dua kali untuk mendapatkan atau mengetahui kesan umum dan juga sudut pandang dari pengarang aslinya.

Mencatat gagasan utama.

Setelah membaca naskah asli, msenulis / menagkap masud, kesan umum, dan juga sudut pandang pengarang asli, lalu langkah selanjutnya adalah memcatat gagasan utama atau mencatat gagasan yang penting.


Mengadakan reproduksi.

Setelah melakukan catatan yang dilakukan dalam langkah ke dua dan mendapatkan kesan umum yang didapatkan pada langkah pertama, maka seorang penulis telah siap untuk membuat sebuah ringkasan. Dan yang harus diperhatikan oleh seorang penulis ringkasan ialah seseorang penulis harus membuat sebuah kalimat yang baru, dan juga merangkai semua gagasan menjadi sebuah wacana yang teratur atau jelas dan yang penting harus dapat di terima oleh akal sehat.


Manfaat Ringkasan

Sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi sebuah buku atau suatu uraian yang begitu panjang. Rangkuman memuat ide- ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya. Dengan membaca rangkuman, kita seakan- akan memahami keseluruhan buku secara utuh.


Contoh Ringkasan


  • Akuntansi

Tetaplah Sederhana

Sebagai Akuntan bersertifikat dengan pengalaman 5 tahun bekerja guna perusahaan multinasional, misi saya sederhana: mengenalkan sistem dan proses baru yang menyederhanakan alur kerja setiap hari untuk efisiensi dan juga akurasi yang lebih tinggi. Intinya ialah meminimalkan (bukan menghilangkan) kesalahan-kesalahan akuntansi terkecil dapat mempunyai efek pada keseluruhan buku organisasi.

Baca Juga :  Apa Itu Gelombang Laut

  • Keuangan

Gambaran besar

Pengalaman 10 tahun saya sebagai Perencana Keuangan telah mengajarkan saya bahwa kunci pengelolaan keuangan yang efektif terletak pada satu prinsip sederhana: memperhatikan pada gambaran besarnya. Akan mudah dipahami guna fokus pada pemotongan biaya selama kemerosotan ekonomi, daripada mempertahankan, mungkin lebih bijaksana untuk melakukan diversifikasi dan juga ekspansi pada area yang baru. Itulah yang saya percaya: mengambil risiko yang diperhitungkan sangat penting untuk kemajuan.


  • Teknologi Informasi

Memberdayakan Hidup dengan Teknologi

Pengalaman saya yang beragam di bidang TI (misalnya pemrograman, arsitektur perangkat lunak, perancang pengalaman pengguna, pengembang web, dan lainnya) berasal dari keinginan sederhana untuk memberdayakan kehidupan manusia dengan teknologi komputasi. Dunia menjadi kecil dan juga semakin kecil dari hari ke hari. Batas geografis menghilang; Perbedaan budaya memudar. Umat manusia akan datang bersama. Itulah yang mendorong saya: membantu membuka jalan menuju masyarakat global yang diberdayakan.


  • Teknik

Membentuk Dunia yang Lebih Hijau

Setelah bekerja di bidang rekayasa selama dekade terakhir ini , saya telah menemukan bahwa gairah saya terletak pada menciptakan produk dan juga solusi yang berkontribusi pada dunia yang lebih hijau dan lebih bersih. Ini merupakan tantangan berguna yang menawarkan kesempatan untuk membuat perbedaan. Saya percaya pekerjaan sangat berarti bila memungkinkan kita guna membentuk perubahan positif. Itu sebabnya saya melakukan apa yang saya lakukan.


Langkah Membuat Ringkasan

  • Baca sumber bacaan yang akan diringkas. Dengan membaca dan memahami isi bacaan tersebut, Anda akan merasa lebih mudah dalam membuat ringkasan. Anda akan lebih mudah membuat ringkasan tersebt dengan bahasa Anda sendiri karena Anda sudah memahami konsep dasarnya.
  • Buat kerangka pikir. Catat poin-poin penting. Catatlah poin-poin penting yang berupa ide pokok dari tiap paragraf. Susunlah poin-poin penting tersebut sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan isi bacaan.
  • Buatlah konsep pertama dari ringkasan tersebut tanpa melihat bacaan aslinya.
  • Selalu gunakan teknik paraphrase. Menuliskan kembali suatu kalimat dengan makna yang sama namun dengan kata kata yang berbeda dari naskah aslinya. Jika Anda ingin mengutip kalimat persis seperti dalam naska asli, Anda dapat menggunakan tanda kutip dua.
  • Targetkan bahwa konsep dari ringkasan Anda tidak lenih dari ¼ naskah aslinya.
  • Jangan lupa menuliskan identitas tulisan. Awali penulisan ringkasan Anda dengan menuliskan tipe ringkasan, judul dan penulis bacaan yang akan diringkas.
  • Periksa kembali apakah poin-poin yang Anda tuliskan tersebut penting dan sudah tepat mewakili ide pokok dari naskah asli.
  • Jangan menambahkan opinin, ide atau interpretasi Anda dalam ringkasan. Dengan kata lain, Anda perlu untuk berhati-hati dengan kata-kata yang Anda gunakan dalam meringkas.

Baca Juga :  Ringkasan

Perbedaan Rangkuman, Ikhtisar dan Sinopsis


  • Rangkuman

Rangkuman Adalah ekstrak dari suatu tulisan, berita atau sesuatu pembahasan, sehingga bisa menyimpulkan dengan singkat suatu tulisan, berita atau pembahasan tersebut.

Rangkuman menurut Djuharni, 2001 Rangkuman merupakan hasil kegiatan merangkum. Rangkuman dapat di artikan sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas suatu tulisan atau pembicaraan menjadi suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya. Rangkuman dapat pula diartikan sebagai hasil merangkai atau menyatukan pokok – pokok penbicaraan atau tulisan yang terpencar dalam bentuk pokok – pokoknya saja.


  • Ikhtisar

Pada dasarnya sama dengan ringkasan dilihat dari tujuannya, keduanya mengambil betuk kecil dari suatu karangan panjang. Perbedaannya ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar. Untuk mengambil inti dia bebas mengambil kata-kata, asal tetap menunjukan inti dari bacaan tersebut


  • Sinopsis

Pengertian pertama: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Sinopsis adalah ikhtisar yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar synopsis itu.

demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Pengertian Ringkasan : Bentuk, Ciri, Manfaat, Contoh, Langkah Membuat, Perbedaan, Ikhtisar, Sinopsis, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.