Penginderaan Jarak Jauh

Diposting pada

Pengertian Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh ( Remote Sensing ) adalah ilmu dan seni memperoleh informasi tentang objek, daerah atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah atau gejala yang dikaji.

Beberapa definisi penginderaan jauh menurut para ahli antara lain :


  • Lillesand dan Kiefer

Penginderaan jauh adalah ilmu atau seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena dengan jalan analisis data yang diperoleh melalui alat perekam atau sensor yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai alat perantaranya tanpa menyentuh objek tersebut.


  • Cuiran

Pengideraan jauh adalah penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat di interpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.


  • Lindgren

Penginderaan jauh adalah merupakan teknik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut berbentuk radiasi elektromanegtik yang dipantulkan atau dipancarkan dari permukaan bumi.


  • Colwell

Penginderaan jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek dipermukaan bumi dari satelit atau instrumen lain diatas atau jauh dari objek yang di indera.


  • Avery

Penginderaan jauh merupakan untuk memperoleh menunjukan dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian.


Unsur – unsur Citra Penginderaan Jauh


  • Sumber Tenaga

Tenaga yang digunakan dalam pengindraan jauh yaitu sinar matahari sinar bulan dan tenaga buatan jika pemotretan malam hari. Penginderaan jauh dengan tenaga buatan disebut sistem pasif .

Baca Juga :  Arti Analogi

  • Atmosfer

Bagian radiasi matahari yang mampu menembus atmosfer dan mencapai bumi dinamakan jendela atmosfer


  • Sensor

Alat untuk merekam objek

Macam  sensor berdasar proses perekaman :

  1. Sensor foto grafik
  2. Sensor elektromagnetik

Pemanfaatan Penginderaan Jauh 

Kegunaan citra penginderaan jauh dalam bidang


Bidang Pendidikan

    1. Sebagai pendukung dalam penyusunan teori
    2. Alat untuk menentukan fakta
    3. Sangat membantu dalam analisis spasial, kologi, dan komplek kewilayahan.
    4. Alat untuk studi kelayakan perencanaan.

Bidang Oceanografi

    1. Pengamatan fisis laut
    2. Pengamatan pasang surut dan gelombang laut
    3. Mencari adrah up welling

Bidang Meteorologi

    1. Pengamatan iklim suatu daerah
    2. Mengamati sistem dan pola angin permukaan
    3. Membatu analisis cuaca dan peramalan

Bidang Hidrologi

    1. Pengamata DAS dan koservasi sungai
    2. Pemetaan sungai dan studi sedimentasi sungai

Bidang Geologi

    1. Pengamatan daerah patahan dan lipatan
    2. Menentukan struktur geologi

Hasil Penginderaan Jauh

Proses penginderaan jauh memberikan keluaran atau hasil yang disebut Citra, yaitu gambaran yang tampak dari suatu objek yang sedang diamati sebagai hasil liputan atau rekaman oleh suatu alat pemantau. Sebagai contoh, memotret bunga di taman. Foto bunga yang berhasil dibuat itu merupakan citra bunga tersebut.

Menurut Hornby, citra adalah gambaran yang terekam oleh kamera atau alat sensor lain. Adapun menurut Simonett, citra adalah gambar rekaman suatu objek (biasanya berupa gambaran pada foto) yang didapat dengan cara optik, elektrooptik, optik-mekanik, atau elektromekanik.

Citra dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah image atau imagery. Secara umum, citra dapat dibedakan atas Citra Foto (Photographic Image) atau Foto Udara dan Citra Non-Foto (Non-Photograpic Image).


  • Citra Foto

Citra foto adalah gambar yang dihasilkan dengan menggunakan sensor kamera yang dipasang pada pesawat udara. Hasilnya disebut juga foto udara.

Baca Juga :  Annelida

penginderaan-jarak-jauh


  • Citra Non-Foto

Citra non-foto adalah gambaran suatu objek yang dihasilkan oleh sensor bukan kamera yang dipasang pada satelit. Hasilnya disebut juga foto satelit.


Interpretasi Citra Penginderaan Jauh

Menurut Este dan Simonett, interpretasi citra merupakan perbuatan mengkaji foto udara atau citra dengan maksud untuk mengidentifikasi objek dan menilai arti pentingnya objek tersebut.


Fungsi Citra Penginderaan Jauh

Setelah melalui tahapan interpretasi, citra dapat diterjemahkan dan digunakan ke dalam berbagai kepentingan, seperti dalam bidang geografi, geologi, lingkungan hidup, dan bidang-bidang lainnya.

Adapun manfaat suatu citra, antara lain sebagai berikut.

  1. Citra dapat memberikan informasi mengenai keadaan dan perubahan lahan sehingga dapat membantu dalam perencanaan
  2. Citra dapat membantu dalam menganalisis perairan darat maupun
  3. Citra dapat membantu dalam menganalisis keadaan cuaca dan iklim beserta
  4. Citra dapat menyajikan model, relief, dan kemiringan lereng suatu
  5. Citra dapat memberikan gambaran atau pemetaan daerah bencana alam, seperti banjir, gempa Bumi, tsunami, dan daerah letusan gunungapi sehingga dapat dimanfaatkan untuk proses pencegahan dan

Demikianlah artikel dari dunapendidikan.co.id mengenai Penginderaan Jauh : Manfaat, Interpretasi Citra, Hasil, Fungsi, Pengertian, Unsur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.