Sistem Peredaran Darah Pada hewan

Diposting pada

Pengertian Sistem Perdaran Darah

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup(kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan olehjaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haima yang berarti darah.


Sistem Peredaran Darah Pada hewan

Fungsi Darah

Darah mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma
    darah
  2. Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang
    dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paruparu, urea dikeluarkan melalui ginjal
  3. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin)
    yang dilakukan oleh plasma darah.
  4. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah
    merah
  5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel
    darah putih
  6. Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah
  7. Menjaga kestabilan suhu tubuh

Sistem Peredaran Darah Pada Avertebrata

Avertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang. Ada hewan yang belum mempunyai peredaran darah, ada yang berpa peredaran darah terbuka, dan ada ayang berpa peredaran darah tertutup.


  • Sistem Peredaran Darah Tidak Melalui Perredaran Darah

Hewan bersel satu (protozoa) tidak mempunyai sistem peredaran darah. Gas yang dibutuhkan dan zat makanan yang akan diserap dilakukan secara difusi, karena tubuh hanya terdiri atas satu sel sehingga seluruh aktivias metabolismenya dilakukan oleh sel itu sendiri.

Baca Juga :  Pendiri Kerajaan Pajang

  • Sistem Peredaran Darah Terbuka

Dinamakan sistem peredaran darah terbuka karena darah ataupun homolimfa dialirkan tidak melalui pembuluh, teapi langsung dialirkan kedalam rongga tubuh. Sistem ini eijumpai semua hampir di semua jenis mollusca dan arthropoda.


  • Sistem Peredaran Darah Tertutup

Dinamakan sistem peredaran darah tertutup ini karena darah beredar di dalam pembuluh-pembuluh yang saling berhubungan. Peredaran darah tertutup sederhana, contohnya pada cacing tanah.


Sistem Peredaran Darah Pada Vertebrata

Sistem peredaran darah yang lebih kompleks erdapat pada bertebrata. Pusat peredaran darah vertebrata adalah jantung.


  • Sistem Peredarah Darah Ikan

Sistem peredaran darah ikan paus disebut dengan peredarah darah tunggal, karena darah hanya satu kali melewati jantung.

Jantung ikan terdiri dari 2 ruang, yaitu satu atrium dan satu berntrikel. Dindidng atrium tipis, sehingga warna darah di dalamnya tampai memerah dengan jelas, sedangkan dinding baliknya cukup tebal, sehingga tampak lebih pucat.


  • Sistem Perredarah Darah Amfibia

Sistem peredaran darah katak disebut peredaran darah ganda karena dalam satu kali peredarannya, darah melewati jantung duakali. Pada masa larva sistem peredaran darahnya menyerupai ikan. Setelah metamorfosis menjadi katak, sistem pteredaran darah mengalami perubahan yang sesuai untuk kehidupan di lingkungan darat. Atap peredaran darah terditi dari jantung,  pembuluh nadi, kapiler, dan pembuluh balik. Jantung katak terdiri dari 3 ruang, yaitu 2 atrium ( kakan= atrium dexter dan kiri = atrium sinister )


  • Sispem Peredaran Darah Reptilia

Sistem peredaran darah peptilia ialah peredaran darah ganda, jantung reptilia terdiri dari 4 ruang, 2 ruang atrium (kanan dan kiri). Sekat antara ventrikel kanan dan juga ventrikel kiri umumnya belum sempurna. Pada buaya sekat venttrikel hampir sempurna dan hanya terdapat satu lubang yang disebut foramen panizzae.

Baca Juga :  Eritrosit

  • Sistem Peredaran Darah Burung

Sestem peredaran darah burung ialah peredaran darah ganda. Jantung burung terbagi menjadi 4 ruang, yaitu 2 atrium (kanan dan kiri) serta 2 ventrikel (kanan dan kiri). Sekat antara ventrikel kiri dan ventrikel kanan sempurna sehinga tidak terjadi percampuran antara darah yang kaya dan miskin oksigen. Dibandingkan dengan vetebrata lainya, darah I aorta burung mengandung lebih banyak oksigen. Busur aorta pada burung hanya ada satu, yaitu arcus aorta yang menunju ke sebelah kanan.


Gambar Sistem Peredaran Darah Hewan

sistem peredarah darah pada hewan

demikianlah artikel dari dunia pendidikan.co.id mengenai Sistem Peredaran Darah Pada Hewan : Pengertian, Fungsi, Pada Evetebrata, Avetebrata, Beserta Gambarnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.