Permintaan Potensial dan Riil

Diposting pada

Permintaan Potensial dan Riil

Permintaan pasar merupakan langkah pertama yang harus dijalani dalam peluang pasar adalah memperkirakan jumlah seluruh permintaan pasar.

Menurut Kotler (1996:343) permintaan pasar atas suatu produk adalah jumlah volume yang akan dibeli oleh suatu kelompok konsumen tertentu dlam suatu wilayah geografis tertentu. Dalam suatu waktu tertentu yang berada dalam lingkungan pemasaran tertentu dengan suatu program pemasaran tertentu.


Permintaan Potensial

Permintaan potensial merupakan permintaan yang tidak selalu didukung dengan daya beli masyarakat. Bidikan dari permintaan potensial tersebut adalah para pegawai instansi seperti TELKOM, BRI, Bank Jatim, pondok-pondok pesantren sekitar dan masyarakat Jombang dengan asumsi sebagai bahan oleh-oleh para tamu dari instansi terkait atau masyarakat serta sebagai oleh-oleh wisatawan lokal.

Asumsi :

Dengan adanya peningkatan dari angkatan kerja, serta pertumbuhan ekonomi daerah Jombang, maka UD Jenang Kelapa Muda mentargetkan permintaan potensial untuk tahun berikutnya berdasar dari tahun 2004-2008 dengan asumsi pendapatan masyarakat adalah RP 750.000,- berdasar upah minimum regional adalah sebagai berikut :

Permintaan Potensial dan Riil


Permintaan riil

Permintaan riil adalah permintaan yang didukung dengan adanya daya beli dari konsumen yang mempunyai uang untuk membeli produk UD Jenang Kelapa Muda.

Asumsi :

Dengan adanya permintaan dari konsumen berdasar permintaan yang telah terjadi dari tahun 2004 – 2008 adalah sebagai berikut :

Permintaan Potensial dan Riil

Perkiraan Jumlah Penjualan

Peramalan (Forecasting) permintaan akan akan produk diwaktu mendatang dan bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi. Peramalan yang baik adalah esensial untuk efisiensi operasi-operasi manufacturung dan produksi. Peramalan atau prediksi merupakan kegiatan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang pada saat sekarang.

Baca Juga :  Tujuan Norma

Jenis Pemintaan

Ditinjau dari daya beli konsumen, permintaan dapat dibagi menjadi 3, yaitu :


  1. Permintaan Absolut

Permintaan yang tidak diikuti oleh daya beli. Permintaan absolute lebih merupakan angan-angan.


  1. Permintaan Potensial

Permintaan yang memiliki daya beli, tetapi belum dilaksanakan.


  1. Permintaan Efektif

Permintaan yang disertai daya beli dan dilaksanakan.


Ditinjau dari jumlah yang melakukan permintaan, permintaan dapat dibagi menjadi 2, yaitu :


  1. Permintaan Individu

Permintaan individu adalah permintaan seorang individu terhadap produk tertentu.

  1. Permintaan Pasar

Permintaan pasar adalah penjumlahan permintaan individu.

  1. Hukum Permintaan

Hukum permintaan menyatakan bahwa harga sebuah barang meningkat, kuantitas yang diminta akan turun. Sebaliknya, kuantitas yang diminta akan naik jika harga sebuah barang mengalami penurunan. Dalam hal ini kuantitas yang diminta berhubungan negative dengan harga barang.

Latar belakang hokum permintaan :

  • Efek Pendapatan dari Perubahan Harga (Income Effect)

Perubahan harga bisa menyebabkan efek pendapatan. Artinya, dengan naik-turunnya harga barang, pendapatan rill konsumen bisa berubah. Individu yang rasional bereaksi terhadap insentif, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan. Jika menguntungkan, yaitu bila terjadi penurunan harga, individu akan bereaksi memperbanyak kuantitas yang diminta, sedangkan bila terjadi kenikan harga, individu akan bereaksi mengurangi kuantitas yang diminta.

  • Efek Subtitusi dari Perubahan Harga (Substitution Effect)

Efek subtitusi menerangkan bahwa perubahan harga suatu barang berpengaruh terhadap barang yang menjadi subtitusinya. Barang subtitusi adalah barang yang bisa menggantikan peran barang yang digantikannya.

Jika suatu barang mengalami kenaikan harga, orang akan beralih ke barang yang menjadi subtitusinya yang tidak mengalami kenaikan harga.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Permintaan Potensial dan Riil : Pengertian, Asumsi, Jenis, Perkiraan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.