Ragam Hewan Omnivora

Diposting pada

Pengertian Omnivora (Hewan Pemakan Hewan dan Tumbuhan)

Contoh hewan omnivora adalah musang. Hewan ini biasanya makan buah-buahan, seperti buah enau dan kopi, tetapi juga pemburu ayam. Apakah yang kamu makan? Manusia juga merupakan pemakan tumbuhan dan daging. Mengapa manusia termasuk omnivora? Hewan dan tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia. Jika tumbuhan dan hewan berkurang atau punah, sumber makanan akan berkurang atau tidak ada, lama-kelamaan akan timbul kelaparan. Oleh karena itu, hewan dan tumbuhan yang ada di alam ini perlu dilestarikan agar selalu tersedia.


Ciri Hewan Omnivora

Hewan omnivora tidak memiliki ciri khusus yang menunjang untuk jenis makanannya. Hewan omnivora adalah hewan yang dapat di cirikan dalam makanan nya memiliki 2 jenis makanan yaitu tumbuhan (kayu/batang, daun, biji, kulit, akar, serabut, ampas) dan hewan (daging, darah, telur). Dalam memakan makanan nya hewan omnivora berganti-ganti dalam memakan jenis makanan nya, dalam artian tidak satu jenis makanan saja.

  1. Memakan tumbuhan dan daging.
  2. Memiliki pencernaan yang kompleks
  3. Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan
  4. Memiliki gigi yang datar pada bagian belakang

Gambar Hewan Omnivora

burung gagak

Cara Adaptasi Hewan Omnivora

Adaptasi merupakan suatu penyesuaian dari makhluk hidup dengan lingkungannya. Tujuan adaptasi agar dapat mempertahankan hidup dan berkembangbiak.

Adaptasi terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Adaptasi Morfologi
  2. Adaptasi Fisiologi
  3. Adaptasi Tingkah Laku

Macam Jenis Hewan Omnivora

  • Ayam

ayam

  • Bebek

bebek

  • Tikus

tikus

  • Gorila

gorila

  • Moyet

monyet

  • Orang Utan

orang utan


Perbedaan Hewan Omnivora, Herbivora dan Karnivora


  • Herbivora

Herbivora dalam istilah Latin yaitu “Herba” yang berarti “tumbuhan rerumputan” dan “Vorare” yang berarti “memakan”. Herbivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan saja. Jikalau kita lihat pengertian herbivore dari semua buku pasti jawabannya hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Jadi sudah jelas bahwa herbivore termasuk hewan yang hanya bisa memakan tumbuh-tumbuhan saja. Contohnya seperti gajah, kelinci, kuda, sapi, kambing. Kebanyakan hewan herbivore hidup di daerah subur terutama di Indonesia.

Baca Juga :  Hewan Pemakan Segala

  • Karnivora

Karnivora adalah suatu golongan hewan pemakan daging yang merupakan suatu ordo atau bangsa Mamalia dan bagian dari komponen konsumen ekosistem. Hewan pemakan daging (karnivor) merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain. Hewan karnivor biasanya memiliki senjata, senjata itu dapat berupa gigi-gigi yang tajam, selain itu hewan karnivor biasanya memiliki cakar yang tajam.

Hewan yang termasuk kedalam jenis karnivor diantaranya yaitu : singa, macan, kucing, anjing, burung gagak, burung hantu, hiu. Jadi sudah jelas bahwa hewan karnivora hanya bisa memakan daging. Atau bias kita sebut juga hewan yang bias memakan hewan lain, seperti sudah di jelaskan diatas. Hewan karnivora sangat suka dengan hewan herbivore karna tanpa herbivore hewan karnivora akan cepat mengalami kepunahan. Hewan karnivora juga sangat di takuti oleh manusia karna karnivora termasuk hewan yang buas.


  • Omnivora

Omnivora dalam bahasa Latin “Omnis” yang berarti “segala” dan “Vorare” yang berarti “segala”. Jadi omnivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan dan hewan atau disebut juga hewan pemakan segalanya. Namun bias disebut juga gabungan antara hewan herbivore dan hewan karnivora. Meskipun omnivora adalah istilah Latin secara harfiah berarti “pemakan segalanya”, omnivora tidak bisa makan segala sesuatu yang hewan lain makan. Omnivora hanya bisa makan hal-hal yang cukup mudah untuk didapat dengan gizi yang cukup. Sebagai contoh, sebagian besar omnivora tidak bisa hidup dengan penggembalaan, mereka juga tidak bisa makan beberapa hewan yang sulit-dikupas atau hewan besar hasil berburu atau mangsa cepat.


Susunan Gigi Hewan Omnivora

Hewan pemakan daging dan tumbuhan (pemakan segala)disebut omnivora. Omnivora artinya pemakan segala jenis makanan. Jenis hewan ini misalnya babi, kera, musang, dan tikus. Contoh omnivora lainnya adalah burung kutilang, prenjak, itik, ayam, kalkun, nuri, betet, dan burung onta. Omnivora jenis ikan, misalnya ikan lele, mujair, tawes, dan kakap. Bagaimana dengan manusia? Manusia juga termasuk golongan omnivora, karena manusia memakan tumbuhan dan daging.

Baca Juga :  Cara Mengemukakan Pendapat

Bentuk gigi omnivora merupakan gabungan dari bentuk gigi hewan herbivora dan karnivora. Susunan gigi omnivora terdiri atas gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. Gigi serinya untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengerat makanan, dan gigi geraham untuk melumatkan makanan.

hewan omnivora

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai hewan omnivora, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.