Apa Yang Dimaksud Skripsi

Diposting pada
apa yang Dimaksud Skripsi

Pengertian Skripsi

Skripsi adalah istilah yang dipakai di Indonesia untuk mengilustrasikan karya tulis imiah berupa hasil penelitian mahasiswa S1. Di dalamnya, ada pembahasan lengkap terkait adanya permasalahan atau fenomena tertentu dengan mengikuti tata cara penulisan skripsi yang benar sesuai yang berlaku.


Tujuan Skripsi

Mahasiswa dituntut untuk membuat skripsi sebab ada tujuannya tersendiri. Mahasiswa diharapkan dapat berpikir secara logis dalam menguraikan serta menyelesaikan suatu permasalahan, dan bisa menuliskan hasil pikirannya ke dalam bentuk laporan skripsi yang tersusun dan sistematis. Karena bukanlah hal yang mudah untuk memahami sebuah permasalahan, melakukan penelitian, menganalisis, mendapatkan hasil penelitian dan menyusunnya ke dalam bentuk laporan.

Tak hanya itu, tujuan dalam penulisan skripsi ialah sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana di setiap Perguruan Tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta yang ada di negara Indonesia


Kegunaan Skripsi

Tujuan dan kegunaan skripsi yaitu menyajikan hasil-hasil temuan penelitian secara ilmiah yang berguna bagi pengembangan ilmu dan atu kepentingan praktis administrasi negara dan komunikasi.


Unsur-Unsur Skripsi


Bagian Awal Skripsi

  • Sampul Luar

Sampul luar adalah sampul skripsi yang terletak pada bagian depan. Sampul berisi judul, tulisan skripsi, nama dan NIK mahasiswa, logo universitas, nama jurusan, nama universitas, bulan dan tahun kelulusan. Semua tulisan yang ada pada sampul luar wajib tersusun simetris dan ditulis dalam bentuk huruf besar.

  • Sampul Dalam

Sesuai namanya, sampul dalam adalah sampul skripsi yang terletak pada bagian dalam. Sampul tersebut berisi judul, tulisan skripsi, maksud penulisan skripsi, nama dan nomor induk mahasiswa, nama jurusan, nama universitas, bulan dan tahun kelulusan.

  • Persetujuan Pembimbing

Persetujuan pembimbing adalah tanda persetujuan dosen pembimbing pada isi naskah skripsi yang dibuat mahasiswa. Halaman tersebut menyatakan kalau naskah skripsi sudah diperiksa serta disetujui oleh dosen pembimbing dan memenuhi syarat untuk sidang pengujian.

  • Pengesahan Tim Penguji

Sesudah Mahasiswa dinyatakan lulus sebagai Seorang Sarjana kemudian tim penguji akan memberikan tanda tangan sebagai bentuk pengesahan pada skripsi yang dibuat. Tanda tangan tersebut diberikan pada halaman pengesahan tim penguji.

  • Kata Pengantar

Pada halaman ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, dosen pembimbing, orang tua, sahabat serta pihak-pihak lain yang selama ini sudah membantu dalam membuat dan menyelesaikan Skripsi.

  • Daftar Isi

Daftar isi dibuat sebagai gambaran apapun isi yang ada dalam sebuah skripsi. Di dalamnya ada judul bab, judul subbab, judul anak subbab, dan nomor halaman lokasinya.

  • Daftar Tabel

Daftar tabel berisi informasi mengenai nomor tabel, judul tabel dan juga nomor halamannya. Judul tabel tidak boleh disingkat serta wajib ditulis apa adanya sesuai dengan judul tabel yang ada dalam naskah skripsi. Jarak antara judul tabel ialah spasi1/2.

  • Daftar Gambar

Daftar gambar berisi informasi mengenai nomor gambar, judul gambar serta nomor halamannya. Judul gambar tidak boleh disingkat dan wajib sama sesuai judul gambar yang ada dalam naskah skripsi. Jarak antar judul gambar adalah spasi1/2.

  • Daftar Lampiran

Daftar lampiran berisi informasi mengenai nomor lampiran, judul lampiran serta nomor halamannya. Jarak antara judul lampiran adalah spasi 1/2.

Baca Juga :  Antibodi

Bagian Inti Skripsi

Biasanya bagian inti skripsi terdiri dari 6 bab berisi bab 1 pendahuluan, bab 2 kajian pustaka, bab 3 metode penelitian, bab 4 hasil penelitian, bab 5 pembahasan serta bab 6 penutup.

  • Pendahuluan

Bab pertama dalam skripsi ini berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian dan sistematika penulisan.

  • Kajian Pustaka

Kajian pustaka memuat gagasan teori tentang objek yang diteliti. Sebaiknya, teori yang dijadikan kajian pustaka tersebut relevan dan mutakhir. Relevan maksudnya sesuai dengan permasalahan yang diangkat,

Sementara mutakhir maksudnya terbaru atau dianggap paling mewakili perkembangan ilmu pengetahuan yang bersangkutan.

  • Metode Penelitian

Metode penelitian memuat terkait pola penelitian, sumber dan jenis data, populasi dan sampel penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, disertai teknik analisis data.

  • Hasil Penelitian

Hasil penelitian menjelaskan mengenai deskripsi data dan pengujian hipotesis. Biasanya deskripsi data ini disajikan dalam bentuk grafik atau tabel, serta di bawahnya diberikan sedikit fakta untuk memperjelas isi grafik atau tabel yang disajikan. Sementara pengujian hipotesis memuat penjelasan terkait hasil pengujian pada masing-masing hipotesis secara ringkas dan padat.

  • Pembahasan

Pada dasarnya, bab kelima dalam skripsi ini bertujuan guna menjawab masalah penelitian yang dirumuskan pada bab pendahuluan. Isinya tidak boleh sembarangan, penulis skripsi wajib melakukan analisis hasil penelitian serasional mungkin.

  • Penutup

Penutup berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan wajib menjelaskan masalah dan apasaja solusi yang ditawarkan penulis. Sementara saran wajib sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas.


Bagian Akhir Skripsi

Bagian akhir skripsi berisi daftar pustaka dan daftar lampiran. Penulis wajib mencamtumkan semua sumber dan lampiran-lampiran yang dipakai sebagai acuan dalam menyusun skripsi.


Format Penulisan Skripsi


  • Kertas

Kertas yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah HVS ukuran A4 dan berat 80 mg. Penggandaan skripsi dilakukan dengan foto copy yang bersih danjelas.


  • Jenis Huruf

Naskah skripsi diketik dengan komputer dengan huruf jenis Times New Roman 12 cpi (12 huruf/characterper inchi).


  • Margin

Batas pengetikan 4 (empat) cm dari sisi kiri kertas, 3 (tiga) cm dari batas sisi kanan. Sisi bawah dan sisi atas kertas, masing-masing 3 (tiga) cm.


  • Format

Setiap memulai alinea baru, kata pertama diketik ke kanan masuk 5 (lima) ketukan. Setelah tanda koma dan titik diberi jarak satu ketukan (sebelum titik tidak diberi spasi), kecuali setelah tanda titik untuk kalimat baru diberi jarak dua ketukan. Setiap bab dan nama bab dimulai pada halaman baru, diketik dengan huruf kapital diletakkan ditengah atas halaman. Anak bab dan sub anak bab diketik di pinggir sisi kiri halaman.

Penulisan anak bab didahului dengan angka yang disesuaikan dengan nomor bab, tanda titik, dan nomor urut anak bab. Judul anak bab ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama pada setiap kata diketik dengan huruf kapital, pemutusan kata dalam satu baris kalimat harus mengikuti kaedah bahasa Indonesia yang baku dan benar.


  • Spasi

Jarak antara baris dalam teks adalah 2 (dua) spasi. Jarak antara baris dalam  kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, kalimat judul, sub judul, sub bab diketik dengan 2 (dua) spasi, sedangkan untuk nomor dan judul table nomor dan  judul gambar, serta ringkasan diketik dengan jarak  l (satu) spasi.


  • Nomor Halaman

Bagian awal skripsi dalam urutan tertentu (kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, dan ringkasan) diberi nomor halaman dengan menggunakan angka kecil romawi (i, ii, iii, iv dan seterusnya), ditempatkan pada sisi tengah bawah dari halaman. Pemberian nomor halaman di mulai dari Bab I (Pendahuluan). Pemberian nomor halaman pada halaman Bab diletakkan pada sisi bawah bagian tengah kertas. Pemberian nomor halaman selanjutnya diletakkan pada sisi kanan sebelah bawah kertas. Pemberian nomor halaman berlanjut secara berurutan sampai daftar pustaka dan larnpiran.

Baca Juga :  Sejarah Pembentukan BPUPKI

  • Tabel

Tabel harus dimuat dalam satu halaman dan tidak boleh dipotong (dilanjutkun) di halaman berikutnya. Tabel yang disajikan bersama dengan teks (bukan angka), disesuaikan dengan kapasitas halaman. Dalam keadaan tertentu, huruf dapat diperkecil atau disesuaikan dengan penampilan tabel. Apabila tidak memungkinkan tabel untuk dimuat dalam satu halaman, table tersebut dapat dilanjutkan pada halaman berikutnya dengan kepala table tetap ditulis dan di bagian atas halaman ditulis kata Lanjutan Tabel. … TabeI yang disajikan harus tabel yang diperlukan dalam penjelasan isi skripsi. Untuk tabel yang berhubungan dengan data-data pendukung dicantumkan pada lampiran.


  • Lambang/Simbol/Notasi

Lambang untuk variabel penelitian dipakai untuk memudahkan penulisan variabel tersebut dalam rumus dan pernyataan aljabar lainnya. Penulisan lambang atau simbol sebaiknya menggunakan simbol dalam fasilitas program perangkat lunak komputer seperti Microsoft Word. Pilihlah lambang yang biasa digunakan dalam suatu disiplin ilmu tertentu. Contoh: Rp (rupiah), g(gram), mg, kg, ton


  • Cetak Miring

Huruf yang dicetak miring untuk menyatakan kalirnat, kata, dan istilah asing, misalnya:

“Selain melalui perhitungan biaya, kualitas juga dapat diukur melalui penelitian konsumen mengenai persepsi pelanggan terhadap kualitas suatu produk atau perusahaan. Penelitian konsumen tersebut menggunakan berbagai macam metode, misalnya sistem keluhan dan saran, ghost, shopping, lost customer analysis, maupun dengan survey pelanggan.”


  • Penulisan Rumus

Penulisan rumus diletakkan disisi kiri. Keterangan rumus diletakkan dibawahnya dimulai dari sebelah kiri masuk lima ketukan,


  • Gambar

Gambar meliputi grafik, diagram, monogram, foto, dan peta. Pembuatan grafik, monogram disarankan menggunakan computer, dengan menggunakan simbol yang jelas maksudnya diusahakan grafik yang ditampilkan sudah mampu menjelaskan data atau informasi maksud dicantumkannya grafik tersebut, tanpa harus melihat dalam teks lain. Penulisan nomor dan judul gambar diketik dengan huruf kecil  kecuali pnda awal kata ditulis dengan huruf kapital. Nomor urut dan judul gambar diketik di atas gambar, jarak antara baris dalam judul gambar diketik satu spasi, diletakkan ditengah atas, sumber Gambar diletakkan dibawah Gambar, diketik dengan menggunakan font 10.


Aturan Bagian Depan Skripsi

Yang dimaksud bagian depan skripsi adalah hal-hal yang berkaitan dengan:


  1. Halaman Sampul

Sampul Skripsi berwama kuning, dan tulisan menggunakan warna hitam, sampul skripsi menggunakan karton (hard cover). Keharusan dalam halaman sampul skripsi adalah Judul Skripsi, Tujuan Skripsi (persyaratan untuk meraih derajat sarjana ekonomi), Nama dan Nomor lnduk Penyusun, Lambang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Nama Konsentrasi, Nama Program Studi/Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Nama Kota tempat Universitas, dan tahun penyusunan Skripsi. Halaman Sampul hanya terdiri dari satu halaman.


  1. Halaman Judul

Halaman Judul merupakan duplikat dari halaman sampul. Hanya saja halaman judul ini dicetak diatas kertas HVS putih. Halaman Judul hanya terdiri dari satu halaman.


  1. Halaman Pengesahan

Halaman pengesahan mencantumkan Judul Skripsi, Nama dan Nomor lnduk Mahasiswa, Fakultas, Jurusan, Bidang Konsentrasi, dan kata-kata pengesahan/persetujuan, Nama dan Tanda Tangan Dosen Pembimbing, Penguji dan Pengesahan dari Ketua Jurusan. Untuk bisa mengikuti ujian komprehensif, pengesahan cukup hanya dengan tanda tangan dosen pembimbing dan Ketua Jurusan. Seteleh ujian selesai dan mahasiswa dinyatakan lulus, penjilidan dilakukan setelah disetujui oleh pernbimbing, penguji dan Ketua Jurusan.

Baca Juga :  Rumusan Masalah

  1. Halaman Riwayat Hidup

Halaman ini diberi judul “RIWAYAT HIDUP” dan dibawahnya menyebutkan nama, tempat tanggal lahir penyusun, alamat, riwayat pendidikan, riwayat atau pengalaman organisasi (bila ada), riwayat atau pengalarnan pekerjaan (bila ada), dan Prestasi akademik dan non akademik yang telah dicapai.


  1. Halaman Kata Pengantar

Halaman ini diberi judul “KATA PENGANTAR” dan diletakkan di bagian tengah atas kertas. Dalam Kata Pengantar tidak ada penjelasan yang bersifat ilmiah. Isinya lebih diarahkan pada uraian singkat mengenai tujuan penulisan Skripsi dan ucapan terima kasih.


  1. Halaman Daftar Isi

Halaman ini diberi judul “DAFTAR ISI” dan ditulis dengan huruf besar serta diletakkan di bagian tengah atas kertas. Setiap tulisan yang ada di halaman ini tidak diakhiri dengan titik. Yang dimasukkan dalam daftar isi adalah mulai halaman kata pengantar sampai dengan larnpiran. Bab, Nomor Bab, Judul Bab ditulis dengan huruf besar. Sub bab dan sub-sub bab ( dan seterusnya) ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama ditulis dengan huruf besar. Nomor bab menggunakan huruf romawi besar (1, II, lll. Dan seterusnya) dan nomor sub bab ditulis dengan angka ( 1,2,3, dan seterusnya), yang diawali dengan angka yang bersesuaian dengan nomor bab. Jarak penulisan antara Bab baru dengan lainnya 2 spasi.


  1. Halaman Daftar Lampiran

Halamam daftar lampiran diawali dengan judul “DAFTAR LAMPIRAN” ditulis dengan huruf besar dan tebal dan diletakkan di bagian tengah atas kertas. Daftar atau Lampiran memuat semua lampiran yang ada di skripsi. Yang harus ada didalam daftar lampiran adalah nomor lampiran, judul lampiran, dan nomor halaman dimana lampiran itu diletakkan.


  1. Halaman Daftar Singkatan

Halaman daftar singkatan memuat singkatan, istilah simbol dan sebagainya. Cara penulisannya memakai dua lajur. Lajur pertama mencantumkan singkatan (yang ditulis dengan huruf besar), dan lajur kedua memuat keterangan dari lajur pertama (yang ditulis dengan huruf kecil kecuali kata pertama). Penulisan daftar singkatan atau lainnya diurut

menaik berdasarkan abjad huruf pertama.


  1. Halaman Ringkasan

Halaman ini diberi judul “RINGKASAN” dan diletakkan di bagian tengah atas kertas. Isi ringkasan meliputi pokok permasalahan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan yang paling pokok. Ringkasan merupakan uraian murni penyusun, tidak ada kutipan dari pustaka dan diketik dengan menggunakan 1 spasi. Dibawah ringkasan harus disertai keywords (kata kunci).


Bagian Pokok Skripsi

Bagian pokok skripsi adalah bagian inti dari skripsi yang merupakan hasil karya tulis ilmiah yang dihasilkan mahasiswa. Bagian pokok skripsi: terdiri dari 5 (lima) bab. Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metode Penelitian, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Kesimpulan dan Saran. Masalah yang diangkat untuk skripsi dalam bidang Manajemen Bisnis dapat bersumber dari penerapan suatu aspek teori atau dari kebutuhan dalam proses pengambilan keputusan praktis.

Beberapa pokok pikiran yang ada di setiap bab tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Bab I Pendahuluan
  • Bab II Tinjauan Pustaka
  • Bab III Metode Penelitian
  • Bab IV Hasil dan Pembahasan
  • Bab V kesimpulan dan Saran
  • Daftar Pustaka dan Kutipan

Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id semoga Apa Yang Dimaksud Skripsi : Pengertian, Tujuan, Kegunaan, Unsur, Format Penulisan, Aturan Bagian Depan dan Pokoknya, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya terima kasih