Somasi Adalah

Diposting pada

Pengertian Somasi

Somasi adalah sebuah teguran terhadap pihak calon tergugat pada proses hukum. Tujuan dari pemberian somasi ini adalah pemberian kesempatan kepada pihak calon tergugat untuk berbuat sesuatu atau menghentikan suatu perbuatan sebagaimana tuntutan pihak penggugat.[1] Cara ini efektif untuk menyelesaikan sengketa sebelum perkara diajukan ke pengadilan.[1] Somasi bisa dilakukan individual atau kolektif baik oleh kuasa hukum maupun pihak yang dirugikan (calon penggugat).

somasi


Definisi Somasi

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kegiatan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) telah menciptakan sejumlah hubungan perikatan yang berkaitan erat satu dengan yang lain sehingga apabila terjadi wanprestasi dalam salah satu perikatan yang ada, maka akan berpengaruh pada perikatan yang lain.

Melihat kondisi tersebut, maka adalah penting perikatan yang dilakukan terjamin pelaksanaannya dan salah satu caranya adalah dengan melakukan somasi sebagai langkah awal untuk menyelesaikannya secara hukum.

Untuk lebih jelas mengenai apa dan bagaimana somasi, mari kita bahas bersama-sama.


Apa Yang Dimaksud Dengan Somasi?

Somasi bersifat memberikan peringatan. Hal ini dilakukan terhitung sejak saat jatuh tempo atau saat dimana si pihak yang menerima seharusnya telah melakukan pemenuhan kewajiban berdasarkan perjanjian atau menurut undang-undang.

Karena bersifat peringatan, maka somasi harus melalui surat tertulis. Waktu yang diberikan kepada pihak yang mempunyai kewajiban untuk memenuhi hutangnya itu, haruslah waktu yang sepantasnya menurut keadaan tertentu. Yaitu, dengan melihat kepentingan pihak yang mempunyai kewajiban dengan kepentingan pihak yang mempunyai hak secara seimbang.

Baca Juga :  Sejarah Sumpah Pemuda Indonesia

Oleh karena itu, fungsi utama dari suatu somasi bagi yang mempunyai hak adalah untuk menyatakan lalainya pihak yang mempunyai kewajiban.

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa somasi merupakan upaya dari seseorang yang terikat perjanjian untuk mengingatkan pihak lainnya agar memenuhi kewajiban yang telah disepakati karena terjadi kelalaian yang dilakukan oleh pihak yang berkewajiban untuk bersikap tindak sesuai perjanjian yang telah dibuat.


Perbedaan Hak Cipta dengan Desain Industri

Hak cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan.

Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas. Hak cipta berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta atau “ciptaan”. Ciptaan tersebut dapat mencakup puisi, drama, serta karya tulis lainnya, film, karya-karya koreografis (tari, balet, dan sebagainya), komposisi musik, rekaman suara, lukisan, gambar, patung, foto, perangkat lunak komputer, siaran radio dan televisi

Desain industri adalah seni terapan di mana estetika dan usability (kemudahan dalam menggunakan suatu barang) suatu barang disempurnakan. Desain industri menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna atau garis dan warna atau gabungannya, yang berbentuk 3 atau 2 dimensi, yang memberi kesan estetis, dapat dipakai untuk menghasilkan produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri. Kriteria desain industri adalah baru dan tidak melanggar agama, peraturan perundangan, susila, dan ketertiban umum.

Baca Juga :  Gerak Brown

Pengertian Konfigurasi

Konfigurasi menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) Pengertian konfigurasi adalah suatu pembentukan susunan, settingan atau proses pembuatan wujud dari sebuah benda.


  • Batik kontemporer

Batik kontemporer adalah seni batik yang telah melalui proses moderenisasi. Batik kontemporer, sebuah tulisan tentang batik, seni yang banyak dijadikan sebagai bahan pakaian, namun saat ini sudah berkembang diberbagai macam jenis desain. Mulai dari bed cover, korden, taplak meja, dll.


  • Budaya lisan dan non bendawi

Budaya lisan adalah pesan atau kesaksian yang disampaikan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pesan atau kesaksian itu disampaikan melalui ucapan, pidato, nyanyian, dan dapat berbentuk pantun, cerita rakyat, nasihat, balada, atau lagu.

Non bendawi adalah kumpulan dari kebudayaan yang di sahkan oleh pemerintah daerah kebudayaan itu berasal


  1. Perjanjian lisensi dan kerjasama lisensi

PERJANJIAN LISENSI adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Paten kepada pihak lain berdasarkan perjanjianpemberian hak untuk menikmati manfaat ekonomi dari suatu Paten yang diberikan perlindungan dalam jangka waktu dan syarat tertentu.


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Somasi Adalah : Pengertian, Perbedaan, Konfigurasi, Hak Cipta, Desain Industri, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.