Surat Penawaran Barang

Diposting pada

Pengertian Surat Permintaan Penawaran

Surat permintaan penawaran adalah surat dari calon pembeli kepada penjual yang isinya meminta penawaran. Maksudnya, calon pembeli meminta melalui surat agar penjual mengajukan penawaran secara resmi kepadanya. Dengan adanya penawaran dari penjual nantinya calon pembeli akan mengetahui harga, syrata jual beli, dan keterangan tentang barang atau jasa yang akan dibeli. Inilah yang menjadi tujuan calon pembeli menulis surat permintaan penawaran kepada penjual. Bila calon pembeli telah mengetahui kondisi suatu barang/jasa berikut harga dan syarat jual belinya, tentu ia tidak perlu lagi meminta penawaran dari penjual.

surat-penawaran-barang

Surat permintaan penawaran diperlukan dalam perdagangan formal yang menuntut prosedur resmi secara resmi secara tertulis. Sebuah perusahaan besar sebagao penjual, misalnya tidaklah dengan begitu saja melayani permintaan penawaran melalui telepon.

Surat permintaan penawaran sering merupakan tahap awal proses terjadinya transaksi bisnis. Melalui surat permintaan penawaran calon pembeli bertanya atau meminta keterangan tentang barang atau jasa yang akan dibelinya. Sebagai reaksinya, penjual menerangkan hal-hal yang ingin pembeli melakukan pesanan dan akhirnya terjadinya transaksi bisnis sebagai puncak proses jual beli.


Contoh Surat Penawaran Barang

KOP SURAT

No.: 183SM/VII/08                                                                                      15 Februari 2008

Yth. Manajer Pemasaran PT Jaya Raya Elektronik

Jalan Beringin Janggut II No. 34 Palembang

Hal: Permintaan Penawaran Lemari Es dan AC Panasonic

Dengan hormat,

Kami akan memperluas usaha dagang karena semakin banyak konsumen yang berbelanja di toko kami. Sayang sekali sampai saat ini kami belum dapat melayani permintaan calon pembeli untuk lemari es dan AC Panasonic.

Baca Juga :  Visi Dan Misi

Berkenaan dengan hal tersebut, dengan ini kami minta sudilah Saudara mengirimkan daftar harga lemari es dan AC Panasonic beserta keterangan tentang

  1. syarat-syarat pembayaran;
  2. potongan harga;
  3. cara penyerahan barang; dan
  4. layanan

Disamping itu, kami minta dikirim leaflet, katalog, dan brosur barang tersebut. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

AD/nms

Asmara Dewi Direktris


Contoh Surat Penawaran Barang

Surat Penawaran Barang

Jakarta 15 April 2014

Kepada Yth,

Sejahtera

Di – Jakarta

No       : 012/PNWRN/2014

Hal      :  Penawaran Barang

Lampr :  1 Berkas

Dengan Hormat

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Atmajaya Sentosa yang beralamat di Jl. Thamrin No. 10 Jakarta Pusat. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang aksesoris dan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di jakarta dan kota – kota besar lainnya di Indonesia

Sesuai informasi yang kami peroleh, PT. Sejahtera adalah perusahaan yang menjual berbagai produk aksesoris yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan aksesoris dengan harga bersaing

Sehubungan dengan hal itu kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang aksesoris di perusahaan yang Bapak kelola. Harapan kami penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua elah pihak. Sebagai bahan perbandingan silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk aksesoris yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terimakasih

Hormat Kami

Atmajaya Sentosa

Demikianlah artikel mengenai Surat Penawaran Barang : Pengertian, dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Baca Juga :  Proses Terjadinya Pelangi