Teks Prosedur

Diposting pada

Definisi Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah salah satu dari jenis teks yang berbentuk eksposisi yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. terdapat banyak kegiatan disekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur. jika kalian tidak mengikuti prosedur itu,tujuan yang diharapkan tida ktercapai dan kalian dapat dikatakan sebagai orang yang tidak mengetahui aturan.

contoh prosedur yang baru-baru ini kalian tempuh adalah proses pada saat kalian mendaftar ke sma, ma, atau smk tempat kalian belajar ini. apakah kalian ingat apa yang harus dilakukan pada saat itu? persyaratan tertentu apa yang harus kalian penuhi dan langkah-langkah apa yang harus kalian tempuh? apabila pada saat itu syarat-syarat tidak kalian penuhi dan langkah–langkah yang diminta tidak kalian tempuh, tujuan kalian untuk masuk ke sekolah ini tidak akan tercapai. hal yang kalian lakukan pada saat mendaftar itu tidak lain adalah prosedur. apabila semuanya kalian tulis atau ceritakan secara lisan, teks yang tercipta tergolong kedalam teks prosedur kompleks.


Pengertian Teks Prosedur

Tekt Prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah secara panjang dan berjenjang untuk mencapai tujuan dengan menggunakan penjelasan atau keterangan. Langkah-langkah yang terdapat dalam teks tersebut bahkan sering disertai dengan sub langkah sehingga terlihat sangat kompleks.

Teks-Prosedur

Tujuan Teks Prosedur

Dalam teks prosedur “Apa yang harus Anda lakukan jika terkena tilang?” diatas bertujuan untuk:

Dengan memperhatikan setiap langkah-langkah jika terkena tilang kita bisamengetahui bagaimana menghadapi petugas agar kita tidak di rugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.


Langkah-Langkah dalam Teks Prosedur

Dalam teks prosedur “Apa yang harus Anda lakukan jika terkena tilang?” ada beberapa langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, kenali petugas
  • Kedua, pahami kesalahan
  • Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran
  • Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja
  • Kelima, terima atau tolak tuduhan

Menerapkan Kalimat Perintah dalam Teks Prosedur

1.kalimat imperative berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. berikut ini adalah contoh-contoh kalimat imperatif yang diambil dari teks prosedur “apa yang harus anda lakukan jika terkena tilang?”

  • kenali si petugas
  • pahami kesalahan anda
  • pastikan tuduhan pelanggaran
  • jangan serahkan kendaraan atau stnk begitu saja
  • terima atau tolak tuduhan
Baca Juga :  Ancaman Bidang Politik

2.kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan. berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu. apabila contoh-contoh kalimat imperatif di atas diubah menjadi kalimat deklaratif, kalimat-kalimat itu dapat di sajikan sebagai berikut.

  • pengendara yang terkena tilang mengenali petugas yang memberikan tilang.
  • pengendara memahami kesalahannya.
  • pengendara memastikan tuduhan pelanggaran.
  • pengendara tidak menyerahkan kendaraan atau stnk begitu saja kepada petugas.

3.kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. kalmiat interogatif berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu. contoh-cotoh kalmiat interogatif ini diubah dari kalimat-kalimat sebelumnya. kalimat interogatif dapat dibagi menjadi kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya atau tidak dan kalimat interogatif yang menuntut jawaban berupa informasi. contoh kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya atau tidak yaitu:

  • apakah anda mengenali petugas?
  • apakah anda memahami kesalahan anda?
  • dapatkah anda memastikan tuduhan pelanggaran?

Ciri- ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan pola kalimat perintah atau kalimat imperatif
  • Menggunakan Konjungsi atau kata penghubung untuk mengurutkan suatu kegiatan
  • Menggunakan kata kerja aktif
  • Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan cara, tempat dan waktu yang akurat.

Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur


  • Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif merupakan kalimat berisi perintah dan berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu


  • Kalimat Deklaratif

Kalimat Deklaratif ini merupakan kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita sesuatu.


  • Kalimat Interogatif

Kalimat ini adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu yang ingin diketahui.


Macam-macam Teks Prosedur dan Contohnya

Adapun macam teks prosedur diantaranya:


  • Text Prosedur Sederhana

Teks prosedur sedrhana merupakan teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya ditempuh dengan du atau tiga langkah saja. contoh teks prosedur sederhana seperti cara mengoperasikan setrika listrik, cara mematikan televisi, cara mengirim pesan melalui handphone dan lain sebagainya.


  • Teks Prosedur Protokol

Teks protokol ialah jenis teks yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat atau dengan kata lain langkah kerjanya dapat diubah. Langkah tersebut tidak harus dilakukan secara berurutan karena tidak saling berhubungan , meski urutan langkah diubah tujuan yang diharapkan tetap terpenuhi.

Contoh prosedur protokol yaitu :

Cara memasak mie instan. Pertama, masukkan air dan didihkan kemudian masukkan mie instan kedalam wadah yang sudah terisi air yang mendidih. Setelah itu, silahkan masukan bumbu racik bersama mie lalu aduk hingga rata dan matang, terakhir mie siap dihidangkan.


  • Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur Kompleks merupakan teks prosedur berupa banyak langkah-langkah dan langkah berjenjang dengan sub langkah pada setiap langkahnya. Berikut contoh teks prosedur

kompleks: Cara mematikan komputer yang benar

Baca Juga :  Contoh Teks Anekdot

Dibawah ini akan cara mematikan komputer akan dibagi menjadi dua bagian pada bagian yang pertama dibahas tentang mematikan komputer Windows 7 Setelah itu kita akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer pada windows 8. Untuk cara mematikan komputer pada Windows 7 yang benar adalah sebagai

berikut:

  1. Klik menu”Start” yang berada di posisi pojok kiri layar
  2. kemudian klik “shutdown”
  3. kemudian pilih “OK”
  4. Tunggu hingga komputer mati
  5. Setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan menekan tombol power dan cabut kabel listrik untuk memutuskan arus listrik.

adapun cara mematikan pada windows 8 adalah sebagai berikut:

  1. Arahkan pointer mouse pada bagian bawah kanan
  2. Pilih kemudian klik setting
  3. Klik power, setelah itu klik shutdown4. Tunggu komputer hingga benar-benar mati.
  4. Setelah itu matikan stabilizer dan cabut kabel agar tidak ada arus listrik.

Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai tiga struktur diantaranya yaitu tujuan, material serta langkah-langkah.


  • Bagian Tujuan

prosedur bisa berupa judul serta juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.


  • Bagian Material

Pada bagian ini teks prosedur dapat berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan, tetapi tidak semua teks prosedur terdapat bagian yang satu ini. Pada umumnya bagian mengenai material digunakan pada teks prosedur tentang pembuatan sesuatu seperti makanan dan yang lainnya.


  • Bagian langkah-langkah

Bagian ini berisi tentang langkah-langkah dimana yang harus dilewati demi mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan teks prosedur. pada bagian ini harus dilakukan dengan urut tidak boleh secara acak.


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Ciri-ciri yang paling menonjol adalah penggunaan:

1.Partisipan manusia secara umum, seperti pengendara dan Anda pada kalimatPengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan dan berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika di tilang.

2.Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik, sepertimelakukan dan menilang pada kalimat jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.verba tingkah laku adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak) , seperti menerima atau menolak pada kalimat setiap pengemudi mempunyai dua alternative terhadap tuduhan pelanggaran yang di ajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut.

3.Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu dan sekaligus menjadi sarana kohesi teks, seperti pertama, kedua, ketiga, dan setelah, seperti pada kalimat :…ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja.


Contoh Teks Prosedur

Apa yang harus Anda lakukan jika terkena tilang?

1.Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan ha lini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.

Baca Juga :  Proses Sosial

2.Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat petugas polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)

3.Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbingmasyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.

4.Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.

5,Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecual ikendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas.

6.Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternative terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu.

Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari siding memerlukan waktu 5-12 hari. Barang sitaan baru dapat di kembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Teks Prosedur : Pengertian, Definisi, Tujuan, Ciri, Macam, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Langkah, Menerapkan, dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.