Teluk Adalah

Diposting pada

Pengertian Teluk

Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Teluk-teluk terkenal di dunia di antaranya adalah Teluk San Francisco di Amerika Serikat, Teluk Guantanamo di Kuba, dan Teluk Persia di Jazirah Arab.


Contoh Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan potensi wisata bahari, dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Karena setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia. Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung dan dapat dicapai selama 3 jam menggunakan mobil.

Sepanjang jalan sebelum memasuki pintu gerbang Teluk Kiluan masih banyak dijumpai warung-warung dan toko kecil yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Karena saat sudah memasuki area Teluk Kiluan, sangat sulit ditemukan warung dan toko penjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman secukupnya untuk bekal. Sedangkan menu makanan harian disediakan oleh pemilik penginapan.


Manfaat Teluk

  • penghubung antara laut dan pulau
  • tempat berlabuh kapal laut
  • sebagai tempat mencari ikan bagi nelayan
  • sebagai tempat wisata alam

Perbedaan Teluk dan Tanjung


  • Tanjung

tanjunga adalah suatu daratan yang menjorok ke laut, atau dengan kata lain tanjung ialah daratan yang di kelilingi oleh laut di ketiga sisinya. beberapa pulau di indonesia banyak memiliki tanjung, hal lini terjadi disebabka oleh letak geografis pantai di kepulauan indonesia taidak rata.

Baca Juga :  Peran KAA

adapun istila semenanjung ilaah suat tanjung yang memiliki area wilayah yang cukup luas, sehingga dapat di huni oleh penduduk dalam jumlah banyak. sebaiknya ada istilah ujung yang memiliki pengertian tanjung yang sangat sempit areanya, seperti contohnya di provinsi banten ada tempat wisata bernama ujung kulon


  • Teluk

pengertian teluk ialah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. oleh karena letak teluk yang sangat strategis dan memiliki ombak yang cukup kecil, sehingga teluk banyak di manfaatkan sebagai pelabuhan.

eberapa teluk yang tekenal di dunia diantaranya ialah teluk san fransisco yang berada di amerika serikat, teluk guantanamo di kuba, dan teluk persia di jaziarah arab. beberapa teluk besar di dindonesia adalah teluk cenderawasih yang berada di papua, teluk tomin di sulawesi.


Gambar Teluk

teluk


Demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Teluk Adalah : Contoh, Manfaat, Pengertian, Ciri, Perbedaan, Gambar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.