Cara Sukes Membuat Usaha Sampingan

Diposting pada

Definisi Kewirausahaan

Definisi Kewirausahaan memang banyak dibuat oleh para ahli, tetapi mereka melihat dari perspektifnya masing-masing. Agar pengertian kewirausahaan dapat diterapkan sesuai dengan lingkungan negara kita, maka telah disepakati definisi sebagai berikut ini.
Kewirausahaan adalah kesatuasn terpadu dari semangat, nilai-nilai dan prinsip serta sikap, kuat, seni, dan tindakan nyata yang sangat perlu, tepat dan unggul dalam menangani dan mengembangkan perusahaan atau kegiatan lain yang mengarah pada pelayanan terbaik kepada langganan dan piahak-pihak lain yang berkepentingan termasuk masyarakat, bangsa dan negara.


Sifat – Sifat Yang Harus Dimiliki Wirausaha

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, diperlukan sifat – sifat sebagai berikut :
1. Terbuka pada pengalaman
2. Melihat sesuatu dengan cara pandang yang berbeda
3. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
4. Memiliki rasa tepo seliro (toleransi yang tinggi)
5. Mampu menerima perbedaan
6. Independen dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan
7. Membutuhkan dan menerima otonomi
8. Percaya pada diri sendiri
9. Berani mengambil resiko
10. Tekun dan ulet


Syarat – Syarat Wirausaha

Setiap wirausahawan pasti ingin sukses dalam menjalankan usahanya. Untuk itu seorang wirausahawan harus membekali dirinya dengan hal – hal sebagai berkut :
1. Memiliki sikap mental yang positif
2. Mampu berpikir kreatif
3. Rajin mencoba hal – hal yang baru ( inovatif )
4. Memiliki motivasi dan semangat juang yang tinggi
5. Mampu berkomunikasi


Tips-Tips Memulai Usaha

Sebagi bahan pertimbangan Inilah tips-tips untuk memulai sebuah usaha

  1. Start With A Dream

Mulailah dengan sebuah mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan yakinkan akan produk yang akan kita tawarkan. A dream is where it all started : Pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun ide yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan keterikatan, tak mengenal kata “tidak bisa” ataupun “tidak mungkin”.


  1. Love The Products Or Services

Cintailah Produk Anda. Kecintaan akan produk kita akan memberikan sebuah keyakinan pada pelanggan kita dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat kita mampu melewati masa-masa sulit. Enthusiastism and Persistence : Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru.


  1. Learn The Basics Of Business

Pelajarilah fundamental business. BEYOND THE “BUY LOW, SELL HIGH, PAY LATE, COLLECT EARLY”: Tidak akan ada sukses tanpa ada sebuah pengetahuan dasar untuk business yang baik, belajar sambil bekerja, turut kerja dahulu selama 1-2 tahun untuk dapat mempelajari dasar-dasar usaha akan membantu kita untuk maju dengan lebih baik. Carilah Guru yang baik.


  1. Willing To Take Calculated Risks

Ambillah resiko. The Gaint that u will be able to achieve is directly proportional to the risk taken : Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap resiko yang akan diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik-baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan “entrepreneur” dengan “manager”. Entrepreneur akan lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, dan manager dibutuhkan akan mengatur perusahaan yang telah maju.

Baca Juga :  Bisnis Sampingan Guru

  1. Seek Advice, But Follow Your Belief

Carilah nasehat dari pakarnya, tapi ikuti kata-kata kita. Consult Consultants, ask the experts, but follow your hearts. Entrepreneur selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan indera ke enam-nya. Komunikasi yang baik dan kepiawaian menjual. Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci suksesnya. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangkan usaha pada fase itu.


  1. Work Hard, 7 Day A Week, 18 Hours A Day

Kerja keras. Etos kerja keras sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti, tapi hard-work and smart-work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua successful start-up butuh workaholics. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan bussinessnya. Melamunkan dan memimpikan kerjanya.


Tipe-Tipe Bisnis

Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.

  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

Macam Cara Sukses Membuat Usaha Sendiri


Menyediakan jasa

√Cara Sukes Membuat Usaha Sampingan Sendiri

  1. Laundry kiloan

Dijaman sekarang yang seba praktis ini masih banyak orang yang berfikrir pragmatis.” Dari pada waktu habis untuk mencuci pakaian, mending laundry saja”. Oleh sebab itu, ide untuk membukan laundry kiloan yang menjadi sangat poluler. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah menjamur dimana-mana, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus dan juga tempat kerja. Banyak nya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi lebih ketat sehingga tarifnya juga ikut bersaing.

  1. Cuci motor atau mobil
Baca Juga :  Ciri Pasar Oligopoli

Bisni seorah tak pernah sepi. Bahkan orang rela mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan juga tenaga yang dileuarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri.

  1. Desain grafis

Usaha sampinga ini sangat cocok bagi karyawan yang berja di perusahaan desain grafis. Disela-sela pekerjaan urama, anda juga bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau pun elalui beberapa maeketplace.  Jasa desain yang banyak dicari ialah kartu nama, bau, makot, logo,dan masih banyak lagi


Menawarkan Barang

  1. Jual pula elektrik

Jual pulsa eletrik ini justru paling tepat dilakukan oleh seorang karyawan sebagi usaha sampingan. Pasalnya, temat kost,kantor dan sebagainya ialah pasar yang tepat dan menggiurkan. Menurut kabat seorang pebisnis pulsa skala besar di jakarta mempunyai omzat rp20 triliun setahun, usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, dan anda bisa juga memilih elektrik sebagi tahap awal.

  1. Menjual pakaian murah

Apabila ingin menjalankan usaha sampingan yang dapat dikelola secara sederhana, sebaiknya jualan produk yang tahan lama. Salah satu contohnya ialah pakaian, pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok. Modal yang digunakan sebenarnya tergolong kecil, ergantung stok yang ingin diambil, misalnya ialah dengan mengambil modal 1 juta, anda bisa membeli sejumlah pakaian barudari toko grosir.

  1. Menjual produk berdasarkan hobi

Banyak bisnis sukses berawal dari hobi. Contohnya ialah hobi memancing. Hobi ini termasuk irrasional/dengan kata lain tidak setimpal. Pasanya harga alat pancing dan juga perlengkapannya bisa sampai berjuta-juta sedangkan yang dibuat hanyalah kepuasan.


Menyajikan Santapan

  1. Makanan pagi (sarapan)

Bagi anda yang termasuk karyawan denggan jadwal masuk siang, menjual makanan untuk sarapan ialah ide yang bagus dan menarik. Saat ini banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapan nya khususnya mereka yang masih tinggal sendiri.

  1. Membuak warung kopi

Warung kopi merupakan sebuah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah café. Mengapa malam hari? Jika memang anggaran dan tenaganya terbatas, makan paling baik buka di malam hari, mengingat kebanyakan orang memeiliki jam kerja dari pagi sampai sore. Dengan demikian, malam hari ialah waktu yang tepat karena anda bisa memantau usaha sampingan tersebut.

  1. Menjual kue

Bagi anda yang menyukai kue atau memiliki hobi memasak kue, ide berikut ialah ide yang sempurna. Pasalnya, anda bisa mengasilkan uang dari kegiatan yang anda gemari tersebut. Setelah seharian berkja, kemudian sorenya setelah pulang kerja anda bisa menyalurkan hobi membuat kue itu.


Transaksi Oneline

  1. Membuat blog

Menjadi seorang bloger merupakan sbuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci sukses dari sebauh website ialah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukan lah pekerjaan yang mudah. Banyak orang yang berfikir instan dengan membeli traffik ke penyedia layanan pengunjung yang datang dari jasa ini bukan lah manusia melainkan fake traffic yang tidak memberikan keuntungn bagi pemiliki web tersebut.

  1. Membuak toko online

Di era internet sekarang ini. Masyarakat sudah mulai ramai mamakai transaksi oneline. Pelaung membuka toko online pun semakin menarik untuk dicoba. Beberapa produksi yang paling banyak dijual belikan ditoko online ialah pakaian, obatobatan, tas, kaos ataupun produk baran gdigital dan lain sebagainya.

  1. Bisnis MLM oneline
Baca Juga :  Kerajaan Kalingga

Mlm atau multi level marketing merupakan metode pemasaran terkini yang diharapkan dapat mengehemat biaya memasaran. Banyak sekali usaha yang dijalankan dengan model mlm ini, dan sering dengan perkembanganteknologi , model mlm ini dapat dijalankan secara oneline juga. Karena dijalankan secara online, makan bisnis ini tidak menyita waktu dan tenaga yang banyak.


6 Contoh Bisnis Paling Kreatif & Terbudah Untuk Di Jalankan


  • Bisnis Fotografi.

Dengan berkembangnya dunia model dizaman modern ini, berkesempatan pula pemuda-pemuda untuk kembangkan bisnis fotografinya didunia fotografer. Seorang fotografer yang kreatif tak hanya menunggu pekerjaan yang hanya melayani pas foto tetapi juga bisa memberi pelayanan poto pre-wedding.

Bila Anda mempunyai passion grade dibidang fotografer, mengapa Anda tidak jalankan bisnis ini ? Dibidang bisnis fotografi, Anda bis memulai perancangan studio sekreatif mungkin karena pelanggan membutuhkan seorang fotografer yang kreatifnya tinggi.


  • Bisnis Otomotif Kreatif.

Didalam berbisnis dbidang otomotif tak selalu berkaitan dengan service kendaraan saja tetapi asahlah kekreatifan Anda, agar didalam bisnis memunculkan ide kreatif baru untuk dijalankan. Seperti halnya, ada layanan untuk modif kendaraan, cutting stiker dan lainnya. Bisnis ini cocoknya bagi Anda yang paham betul dunia otomotif.


  • Bisnis Distro.

Mengenai dunianya fashion berbagai model tidak ada kata habis. Sehingga Anda dapat mendirikan distro sebagai penyedia fashion berbagai jenis bidang fashion dari yang paling jadul hingga paling populer. Berbisnis distro tidak harus jadi penyedia busana saja tetapi juga dikaitkan dengan ide kreatif Anda. Misalnya menyediakan layanan piercing, tato bahkan properti remaja lainnya.


  • Bisnis Design Grafis.

Anda yang sangat suka dengan seni terutama gambar, bisa menjalani bisnis design grafis ini. Bisnis design grafis ini membutuhkan ide kekreatifan yang bagus karena namanya mendesain sebuah gambar harus selalu punya imajianasi kreatif yang memadai agar pelanggan terasa puas hasil kinerja Anda.

Desain grafis bisa berupa percetakan undangan, mendesain logo perusahaan bahkan mendesain banner. Modal bisnis design grafis ini memerlukan komputer dan perlengkapan pendukung yang lain, seperti print banner, tinta dan sebagainya. Banyak pebisnis muda yang terjun dibisnis design grafis untuk menyalurkan bakatnya dibidang design.


  • Bisnis Blogger.

Bisnis paling terkreatif ya bisnis blogger karena jika halaman web Anda ada perubahan ide-ide yang kreatif mulai dari kreatif dalam mendesain web, kreatif dalam isi artikelnya bahkan kreatif didalam mencari keyword digoogle maka website Anda akan selalu ramai pengunjung. Bisnis ini tak perlu toko atau semacam kios tetapi cukup dikerjakan dikamar Anda.


  • E-commerce Online.

Penikmat internet yang sekarang sudah mencapai titik teratas ini, sebaiknya dimanfaatkan sepenuhnya. Anda dapat menjalani E-commerce online. Dibisnis e-commerce, Anda bisa menjual macam produk apa saja. Sebaiknya Anda pilih produk penjualan yang bermutu agar para pembeli selalu berlangganan dengan produk Anda. Untuk menarik simpati pelanggan, sebaiknya sistem free ongkos bisa diterapkan dan sistem pembayarannya bisa cash atau sistem transfer bank.


demikianlah artikel dari dunia.pendidikan.co.id mengenai Cara Sukes Membuat Usaha Sampingan : Definisi, Syarat, Tips Memulai, Tipe, Macam, Sifat Yang Harus Dimiliki, Beserta Contoh Bisnisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.